Internet Indosat Lemot Speed Dibatasi 1Mbps Gangguan atau Pemeliharaan Jaringan?

Kurang lebih sudah 2 mingguan ini terhitung mulai 13 Desember 2016 yang lalu hingga sekarang, internet menggunakan Indosat Ooredoo di lokasi saya Balikpapan terasa sangat lemot. Ini tidak seperti biasanya. Bahkan ketika saya memindahkan modem ke tempat tempat yang mungkin terdapat banyak sinyal 4G Indosat hasilnya tetap saja nihil. Internet 4G menggunakan Indosat serasa menggunakan jaringan EDGE saja. Speed internet mentok di 1Mbps, tidak bisa lebih, kalau kurang malah bisa. Helllooooo, ini jaringan 4G loh ya, masa speed cuma 1Mbps???

Bahkan kemarin kemarin saya sempet menanyakan ke Twiter Indosat kenapa bisa lemot begini, dan sudah kuduga pasti jawabannya cuma membuat lega para pelanggannya saja tapi tidak ada perubahan dan mungkin tidak ada yang dilakukan atas keluhan para pelanggan. Katanya nomor saya sudah direfresh, atau diapain lah, tapi kenyataannya tidak ada perubahan di speed internet.

Selama 2 minggu ini sebenarnya saya masih bisa sabar dengan gangguan Indosat ini yang mungkin bisa saja terjadi di akhir tahun, karena mungkin jaringan terlalu padat. Bahkan saya sempat berpikir mungkin pengguna Indosat di lokasi saya Balikpapan sudah semakin bertambah sehingga mengakibatkan akses internet menjadi berkurang/ lemot karena rebutan dengan pengguna lain.

Internet Indosat Lemot Gangguan

Tapi kenapa selalu begitu, kenapa dengan bertambahnya pengguna tidak dibarengi dengan peningkatan kualitas jaringan, kenapa mesti harus konsumen yang dikorbankan dengan menurunkan kualitas jaringan? Ini tidak terjadi pada satu operator saja, semua operator seluler di Indonesia biasanya begitu. Semakin banyak pengguna biasanya kualitas semakin turun, kalaupun ada perbaikan kualitas, biasanya dibutuhkan waktu agak lama.

Akhirnya hari inipun saya sudah tidak ada kesabaran lagi, dan langsung saya cari informasi di internet. Ternyata gangguan internet Indosat ini tidak saya saja yang mengalaminya, hampir semua pengguna Indosat juga mengalami gangguan internet. Beberapa pengguna juga menyimpulkan bahwa banyak yang speed internetnya dibatasi di 1Mbps saja, seperti saya, tidak bisa lebih namun kalau di bawah itu malah bisa.

Speedtest Indosat Ooredoo Lemot Banget

Kecepatan 4G Indosat Ooredoo

Saya sudah mencoba menggunakan 2 Paket Freedom Combo Indosat, paket XL dan paket XXL, dan semua sama saja, sama lemotnya dan speed internet tetap saja seolah olah dibatasi di 1Mbps. Kalau speed seperti itu, mau kuota 1juta GB pun Indosat mungkin berani memberikan, toh yang kepakai selama 1 bulan paling cuma berapa puluh GB saja. Ini saja saya beli paket Freedom Combo XL dengan kuota total 38GB pun masih ragu apakah sebulan bisa menghabiskan separuhnya. Sebab kecepatan internet yang lemot pasti tidak akan habis itu kuota. Mubazir saja kuota segitu banyaknya.

Menurut informasi yang saya dapat sih katanya sedang ada pemeliharaan jaringan Indosat, makanya ada penurunan kualitas jaringan. Dugaan yang lain, kemungkinan pengguna internet Indosat semakin banyak, sedangkan Indosat sendiri tidak mungkin langsung upgrade jaringan, pasti sempat down dulu jaringa. Nah untuk menghindari down tersebut diperlukan pemerataan kecepatan internet agar user lain bisa menikmati internet dengan nyaman. Jadi pembatasan speed di 1Mbps mungkin jadi alternatif agar semua pengguna internet Indosat bisa tetap nyaman berinternet (tidak ada yang down di satu lokasi).

Kenapa pengguna Indosat semakin bertambah? Dugaan saya ini yang bertambah hanya pengguna internetnya saja. Ini kemungkinan disebabkan karena harga paket internet Indosat yang ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan operator lainnya. Ini juga kenapa saya berselancar internet menggunakan kartu Indosat, karena setelah saya membandingkan dengan operator lain, Indosat lah yang menawarkan harga paket internet paling murah dengan kuota melimpah, khususnya pada paket Freedom Combo.

Sebagai gambarannya, paket Freedom Combo paling murah adalah paket M dengan harga 60 ribu anda mendapatkan total kuota 12GB (2GB di jaringan 3G/4G dan 10GB di jaringan 4G). Paket yang paling besar kuotanya yaitu paket XXL dengan harga 199 ribu mendapatkan total kuota 82GB (12GB di jaringan 3G/ 4G dan 70 GB di jaringan 4G). Dan paket Freedom Combo Indosat ini sangat cocok bagi anda yang lokasinya sudah terjangkau jaringan 4g Indosat, yang belum jangan coba coba deh, mubazir nanti. Coba anda bandingkan saja sendiri paket Internet 4G Indosat dengan operator lain.

Jadi ini baru dugaan saya, kenapa internet Indosat lemot, mungkin karena semakin banyak pengguna, sedangkan infrastruktur jaringan Indosat sendiri tidak mengalami perbaikan atau peningkatan kualitas. Jadi konsumen yang dikorbankan dengan mengurangi kecepatan internet.

Berbicara masalah harga yang murah, sebenarnya tidak cuma Indosat saja yang memberikan harga murah untuk paket internetnya. Setahu saya ada juga XL yang memberikan kuota besar juga khusus kuota 4G, namun sayang sekali, di kota saya Balikpapan sinyal 4G XL belum masuk, jadi belum bisa menikmati paket murah XL. Semoga saja XL cepat melebarkan sayapnya menuju Balikpapan untuk menyediakan jaringan 4G nya di sini.

Okelah, untuk saat ini saya bisa memaklumi kenapa internet Indosat sangat lemot, internet menggunakan 4G serasa EDGE, tidak ada bedanya lah 4G atau EDGE, cuma penamaan saja. Yah, mungkin karena akhir tahun. Tapi saya tetap membatasi, kalau nanti sampai awal tahun atau bulan Januari 2017 internet Indosat tidak mengalami perubahan, masih tetap lemot, kemungkinan saya akan say goodbye buat Indosat Ooredoo, mungkin akan saya coba lagi menggunakan Smartfren yang dulu sempet menemani saya berselancar internet waktu EVDO Rev B masih berjaya. Ingat Indosat!!! Cuma sampai Januari saja saya bisa bertahan dengan kelemotanmu.

Update!!!

Per hari ini 29 Desember 2016, speed internet Indosat Ooredoo 4G di lokasi saya sudah mulai membaik, sudah tidak dilimit lagi di 1Mbps. Walau masih jauh dari biasanya atau masih jauh dari expektasi speed 4G, setidaknya kutukan 1Mbps sudah tidak terjadi lagi, untuk sementara ini.

Speed Internet Indosat Mulai Membaik

Speed Internet Indosat 4G

Speed Internet Indosat Mulai Membaik Lagi

Speed Internet Indosat 4G Normal

Namun… ada namun nya nih, saya punya 3 nomor Indosat, lokasi sama, nomor beda (jelas), paket beda, speed yang didapat beda. Dugaan saya ini sudah diatur dari pusat Indosat. Khusus nomor ini dikasih speed segini, atau khusus paket ini dikasih speed segini, sepertinya begitu. Sekarang semboyan “Lokasi menentukan prestasi” sudah tidak berlaku lagi. Lokasi yang sama di titik yang sama pun speed internet bisa beda? Semuanya sudah dikendalikan dari pusat sana.

Ya mudah mudahan ke depannya bisa meningkat lagi. Akan saya update lagi jika terjadi gangguan/ lemot lagi.

Saran buat yang masih mengalami gangguan, masih dibatasi di 1Mbps, terus hubungi pihak Indosat melalui telepon, email, atau sosial media mereka, terus dipush, siapa tahu mereka sampei bosan mendengar keluhan anda terus nomor anda diupgrade speednya. Itu kalau dugaan saya benar bahwa speed tiap tiap nomor atau tiap paket Indosat bisa dikendalikan loh ya. Yang jelas terus saja dipush pihak Indosat nya, OKE.

Tags: Daftar Paket Indosat lemot Indosat 4G Gangguan Indosat Gangguan Jaringan Indosat Lagi Gangguan Indosat Lemot Internet 4G Indosat Lemot Internet Indosat Dibatasi 1Mbps Internet Indosat Lemot Internet Indosat Sedang Ada Pemeliharaan Jaringan Paket Freedom Combo Indosat Lemot

Share artikel ini jika bermanfaat...

Artikel bermanfaat lainnya...

Related Post "Internet Indosat Lemot Speed Dibatasi 1Mbps Gangguan atau Pemeliharaan Jaringan?"

Syarat dan Ketentuan Bonus Kuota 10GB di Jaringan 4G Indosat
Artikel kali ini masih seputar jaringan 4G
Tukar Kartu Lama Indosat Dengan Kartu 4G Gratis Kuota 10GB
Artikel kali ini adalah pengalaman saya kemarin
Kuota Lebih Besar Paket Super Internet Kuota Indosat
Setelah kemarin dibuat tidak nyaman menggunakan kartu
  1. author

    Tendy Developer3 months agoReply

    Di daerah saya Semarang, Jateng. Speed masih mentok 1mbps Pak. sudah lama sekali, sampai saya juga membuat post serupa
    Dulu saya pengguna smartfren, sppednya bagus, tapi harga paket mulai mahal. Berlaih ke indosat, malah speednya berasa edge.
    Masih panjang perjalanan indonesia menikmati Internet Cepat, yang diurus selalu internet positif
    Sedih

    • author

      Hary3 months agoReply

      Saya sependapat dengan Anda, Mas. Pemerintah dan pihak-pihak terkait, jika sudah berurusan dengan “internet positif”, tampaknya kelihatan sekali bertaring. Gerak mereka cepat sekali, apalagi jika yang berbumbu “hate speech” dsb. Namun, mereka kurang memerhatian kecepatan dan kestabilan jaringan. Padahal, seharusnya mereka memerhatikan ketiga hal tersebut: keamanan, kecepatan, dan kestabilan.

  2. author

    Dieo3 months agoReply

    Gw curiga ada kebijakan dari pemerintah , atau pengaruh dari google play service yg terbaru pada android karena google play service yg terbaru bikin download menjadi lambat,

    • author

      Blog Teknik IT (Author)3 months agoReply

      Klo masalah Google ini saya jg mengalami lemot saat donlot di server google, entah google drive, youtube, playstore, tp klo donlot yg lain cepet aja. Solusinya klo masih bertahan pake Indosat oreo pake aja vpn, dijamin donlot di server google lbh cepat, atau bisa jg mencoba pake kartu lain.

    • author

      aa3 months agoReply

      di sini, daerah BSD serpong juga sama, mentok di 1Mbps, kadang bisa kenceng tapi kalo udah akses ke google jadi lambat, udah dari akhir januari

  3. author

    Andien3 months agoReply

    Balikpapan sekarang lemot lagiii, speed cuma 100kb/s

  4. author

    Bondan maknyus3 months agoReply

    Ini sudah bulan kedua Indosat lemot di Balikpapan..masih belum bisa tembus speed diatas 100kbps pdhl sebelumnya bisa lebih dari itu…dan itu juga dialami oleh teman2 saya jg yg memakai indosat..bulan Februari nanti saya akan coba paket 4G yg kecil dl..kalau tetap tidak ada perubahan saya akan langsung ganti ke XL atau Smartfren..atau bahkan Telkomsel sekalian yg jelas2 terjamin kualitasnya.

  5. author

    Hary3 months agoReply

    Saya tinggal di Balikpapan. Saya juga menghadapi kasus yang sama sejak bulan Desember dan sampai sekarang belum teratasi. Pertama saya kira masalah ada pada lokasi. Saya pindah lokasi, eh tidak ada perubahan. Kemudian, saya ubah pengaturan jaringan di ponsel saya. Hasilnya: tidak berubah juga. Saya factory reset ponsel saya, masih tetap sama. Saya menggunakan kartu Indosat Ooredoo baru, lagi-lagi tidak ada yang berubah kecuali nomor baru. Terakhir, adik saya membeli ponsel baru dan saya pinjam sebentar untuk mengetes. Setelah melihat hasilnya, saya tertawa. Tidak ada yang berubah. Kecepatan internetnya tetap mentok di 130 kbps. Ya ampun…. Saya coba pakai layanan internet “sebelah” yang warnanya “kemerah-merahan”, tidak ada masalah sama sekali.

  6. author

    Rifan3 months agoReply

    Udah 2 kali ane dbkin kcewa ama indozet oreo. Dulu kcewa krn sinyal yg gak stabil ( naek-turun=ilang ).
    Itu mrugikan skali bagi ane yg hobi download file ukuran besar ( game,data,cusrom,xxx).
    Download Udah 90% gagal,krn jaringan yg tiba2 ilang. Krn saking seringnya bgitu, ane ampe maki2 indozet lewat imail, callcntr, galery, pokoknya smua jalur dah. Hingga ane diUjung ksabaran, ane pindah ke Simpatik. Sinyal kuat,stabil N kenceng.
    “NAMUN, makin lama hrga paket makin mncekik. Hingga ane balik lagi ke indozet,brhrap gak nguras kantong.
    Ehhh,, paket udah terlanjur kebeli, paket jumbo lagi.
    Bukanya untung malah buntung.
    Internat super lemot, kceptan gak prnah lebih dari 144 kb/s. Itu pun gak stabil, sering juga sinyal ilang. Lokasi ane diJakarta pula. Hadehhh…
    Prcuma hp 4g mahal,klo intrnet gak jauh ama nokLa jadul.
    Hitung2 nyumbang aja lah,
    Meski mnaruh rasa (zzzxzzz)….

  7. author

    Indra3 months agoReply

    Update dr jogja, sinyal penuh 4g speed 0,30Mbps … Fix balik ke tel**msel buat internetnya

  8. author

    Ericab belinda3 months agoReply

    Ia gan bahkan sinyak hsdpa ko kaya lari di jartingan edge, kuota masih fuul gak terpakai

  9. author

    ilham3 months agoReply

    kirain ane doang yg di jaksel ngalamin ini, ternyata hampir semua daerah di Indonesia kena toh -_-
    untuk belom reset factory. moga2 diperlancar deh. ini ane baru 2 hari beli, dan emang sebelum beli udah kerasa lemotnya. nyesel karena mikir kartu paket ane yg masalah -_____-

  10. author

    paket internet murah dan cepat3 months agoReply

    Mantap, Min. Nanti ane push konsultasi ama pihak Indosat. Ane juga sama make 4G serasa make 3G. Btw, thanks infonya.

1 2 3

Komentar di "Internet Indosat Lemot Speed Dibatasi 1Mbps Gangguan atau Pemeliharaan Jaringan?" Baca dan pahami artikelnya baru kalau ada yang kurang jelas ditanyakan