Kecepatan Internet Smartfren EVDO Rev.B Sangat Tidak Memuaskan

Seperti janji saya pada artikel Review Modem Smartfren Huawei EC306-2 EVDO Rev.B, kali ini saya akan berbagi untuk anda tentang berapa kecepatan internet Smartfren di jaringan EVDO Rev.B, termasuk kecepatan download dan upload pada jaringan EVDO Rev.B. Dari judul artikel ini saja sudah bisa ditebak isi dari artikel ini, yang berarti sesuatu hal yang mengandung unsur negatif. Dan memang sesuatu yang negatif tersebut adalah sesuatu yang sedang saya alami saat ini. Ungkapan rasa lega tapi juga ada ungkapan rasa kekecewaan saya terhadap provider Smartfren.

Kenapa saya memberikan judul artikel ini ‘Kecepatan Internet Smartfren EVDO Rev.B Sangat Tidak Memuaskan’ ? Dari judulnya bisa terlihat, langsung to the point. Tanpa basa basi langsung memberikan nilai ‘Sangat Tidak Memuaskan’. Tapi memang inilah kenyataannya.

Jika anda sudah membaca artikel-artikel saya sebelumnya mungkin anda sudah tahu banyak tentang saya. Di artikel Review Modem Smartfren Huawei EC306-2 EVDO Rev.B saya sudah banyak sekali menjelaskan, apa alasan saya membeli modem Smartfren EC306-2, karena sebenarnya saya hanya ingin membuktikan kebenaran dari teknologi baru Smartfren, EVDO Rev.B, yang katanya memiliki akses internet super cepat up to 14,7 Mbps. Inilah teknologi baru Smartfren, teknologi EVDO Rev.B fase 2 yang menjanjikan kecepatan download up to 14,7 Mbps dan upload up to 5,4 Mbps.

Sedangkan saya sendiri tinggal di kota Semarang. Saya tahu dan sadar bahwa di kota Semarang belum terjangkau EVDO Rev.B fase 2 akan tetapi masih EVDO Rev.B fase 1. EVDO Rev.B fase 1 sendiri juga menjanjikan kecepatan internet yang cukup lumayan yaitu up to 9,3 Mbps. Saya rasa kecepatan segitu cukup besar lah dibandingkan EVDO Rev.A yang hanya memberikan kecepatan internet up to 3,1 Mbps. Maka dari itu saya memutuskan untuk mencoba kecepatan internet EVDO Rev.B dengan membeli modem Smartfren EC306-2.

Tapi semua itu terjadi di luar dugaan saya, tidak sesuai harapan. Ketika saya mencoba modem Smartfren EC306-2 dan konek ke internet, saya dibuat kaget akan kecepatan internet modem Smartfren EC306-2 ini. Dengan sinyal EVDO yang saya dapatkan cuma 4 bar saja, kecepatan internet yang saya dapatkan cuma di sekitar lebih dari 1 Mbps saja, tidak pernah mendapat lebih dari 2 Mbps.

Smarfren EVDO Rev B Sinyal 4 Bar

Speedtest EVDO Rev B Sinyal 4 Bar

Baik pagi, siang, sore, malam sudah saya coba akan tetapi kecepatan internet yang saya dapatkan tidak pernah mencapai 2 Mbps. Saya juga sudah membuktikan internetan di lokasi yang dekat dengan BTS Smartfren, seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa Lokasi Menentukan Prestasi. Saya pikir di lokasi yang dekat dengan BTS Smartfren saya akan mendapatkan kecepatan internet yang memuaskan, tapi nyatanya setelah saya coba juga sama saja, kecepatan yang saya dapatkan tidak pernah sampai di atas 2 Mbps. Dengan speedtest seperti itu, download menggunakan IDM pastinya tidak akan maksimal.

Download IDM Smartfren EVDO Rev B

Pernah saat pertama kali mencoba modem ini, sekali saya mendapatkan sinyal 5 bar dan kecepatan yang saya dapatkan bisa mencapai 2, 5 Mbps. Tapi itu hanya sekali saja, setelah itu saya tidak pernah mendapatkan sinyal 5 bar lagi. Mungkin sinyal 5 bar yang pernah saya dapatkan itu cuma keberuntungan saja kali ya (sinyal kaget).

Speedtest EVDO Rev B Sinyal 5 Bar

EVDO Rev.B fase 1, kecepatan internet up to 9,3 Mbps, tapi nyatanya sama saja dengan EVDO Rev.A. Eh, bukan sama saja sih. Memang akhir-akhir ini Smartfren yang EVDO Rev.A juga kenyataannya semakin lemot. Apa ini karena alasan jumlah pengguna Smartfren yang begitu banyak? Tidak juga. Saya yakin kalau pengguna Smartfren EVDO Rev. B di Semarang masih jarang. Modem yang mendukung EVDO Rev.B saja belum muncul penampakannya di Semarang. Lemot atau kecepatan yang tidak sesuai dengan yang dijanjikan di sini saya rasa dikarenakan faktor dari pihak Smartfren sendiri. Mau kecepatan up to 100 Mbps sekalipun kalo Smartren maunya ngasih cuma 300 Kbps ya mau gimana lagi? Mau protes ke pihak Smartfren? Buang-buang waktu saja, paling jawabannya cuma itu-itu mulu.

Sehubungan dengan keluhan yang Bapak sampaikan mengenai kendala akses data, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Dapat kami informasikan untuk kualitas akses data akan dipengaruhi oleh kondisi jaringan, perangkat, jumlah pengguna pada waktu dan lokasi yang sama serta jenis dan ketebalan bahan bangunan di lokasi penggunaan. Bapak dapat lakukan kembali untuk akses data internetnya secara berkala. Terima Kasih atas kepercayaan Bapak terhadap produk Smartfren.

Itulah kata-kata balasan dari pihak Smartfren yang selalu diberikan jika saja ada keluhan dari pelanggannya. Smartfren memberikan alasan akan kualitas akses internet dipengaruhi oleh 4 faktor yaitu: kondisi jaringan, perangkat, jumlah pengguna pada waktu dan lokasi yang sama serta jenis dan ketebalan bahan bangunan di lokasi penggunaan. Dan dari keempat faktor tersebut yang perlu digarisbawahi adalah faktor kondisi jaringan. Selama kondisi jaringan Smartfren masih down/maintenance atau mungkin saja down selamanya maka kecepatan internet yang anda dapatkan tidak akan pernah maksimal.

Saya juga sadar kecepatan internet yang diberikan oleh Smartfren masih ada embel-embel ‘UP TO’. Bahkan jika saja Smartfren memberikan kecepatan internet up to 1 juta Mbps, maka jangan mengeluh jika saja anda hanya mendapatkan kecepatan internet 384 Kbps. Up to 1 juta Mbps berarti antara 0,1 Kbps sampai 1 juta Mbps itu masih dalam range up to 1 juta Mbps. Tapi kok ya kelihatannya keterlaluan banget ya.

Mungkin ini saja yang bisa saya share kepada anda tentang kecepatan internet modem Smartfren EC306-2 EVDO Rev.B. Tapi yang lebih saya tekankan bukan pada modemnya tapi pada jaringan EVDO Rev.B secara umum, karena modem di sini tidak memiliki salah apa pun. Samrtfren hanya meluncurkan 2 modem yang mendukung EVDO Rev.B, modem Smartfren EC306-2 dan AC 2791. Saya kira kedua modem itu juga telah diuji coba, jadi tidak ada yang salah. Ini hanya masalah pada jaringan Smartfren yang masih belum siap dan masih kacau.

Saya lega karena sudah berhasil membuktikan ‘ketangguhan’ teknologi baru dari Smartfren, EVDO Rev.B. Tapi saya juga kecewa terhadap kenyataan sebenarnya teknologi baru Smartfren tersebut, tidak sesuai dengan janji yang ‘dimulutbesarkan’. Semoga ke depannya Smartfren bisa terus meningkatkan pelayanannya, bukan sebatas omong besar dan janji saja.

Bagi anda pengguna Smartfren, khususnya yang berada di kota Semarang yang belum membuktikan kecepatan EVDO Rev.B dari Smartfren, saran saya sebaiknya jangan dulu anda membeli modem ini, saya berkata apa adanya. Saya juga sudah membuktikan kecepatan internet di lokasi yang dekat dengan BTS Smartfren, hasilnya jauh sekali dari yang dijanjikan. Mungkin bisa menunggu EVDO Rev.B fase 2 datang di Semarang. Tapi jika anda mau membuktikan sendiri ya silahkan. Memang kadang kalau kita belum membuktikan sendiri rasanya masih penasaran. Atau jika anda tinggal di luar kota Semarang, anda boleh saja membuktikan kecepatan EVDO Rev.B, siapa tahu anda lebih beruntung daripada saya.

Klik salah satu tombol share di atas/di samping, jika ingin berkomentar scroll ke paling bawah

Artikel bermanfaat lainnya...

Klik Untuk Berkomentar

124 Komentar

  1. Chita November 20, 2014
  2. pikar February 19, 2015
  3. pikar February 19, 2015
  4. darto August 2, 2015
  5. bagas August 24, 2015
  6. choliez September 14, 2015

Tinggalkan Komentar Anda