Pengalaman Downgrade Speed Indihome dari 30 Mbps ke 20 Mbps Sukses Tagihan pun Turun

Di artikel sebelumnya saya pernah share tentang upgrade Speed Indihome dari 20 Mbps ke 30 Mbps. Dan memang saat proses upgrade tersebut ada sedikit miss komunikasi antara saya dengan pihak Indihome yang berujung seolah-olah saya telah dijebak oleh pihak Indihome, bisa kalian cek artikelnya DI SINI. Okelah masalah sudah kelar dan saya sudah bisa menikmati kecepatan internet Indihome di rumah dengan speed 30 Mbps, yang artinya proses upgrade speed Indihome sukses.

Dan setelah kurang lebih setahun merasakan speed Indihome 30 Mbps ini, akhirnya saya berniat untuk downgrade lagi ke speed 20 Mbps. Kenapa saya berniat downgrade Indihome? Ada beberapa alasan, salah satunya ya saya ingin menurunkan tagihan bulanan Indihome, karena memang biaya hidup semakin bertambah untuk keperluan ini itu, maka dari itu harus ada kebutuhan sekunder yang harus dikurangi. Dan saya putuskan untuk downgrade speed Indihome saja.

Sebelum melakukan downgrade memang saya sudah cek dan ricek ketentuan dari Indihome, ya seputar downgrade tersebut, berapa biaya tagihan setelah downgrade, berapa FUP yang didapat setelah downgrade, dan setelah sudah yakin baru saya downgrade.

Memang saat berlangganan Indihome speed 30 Mbps, FUP yang didapat cukup besar, kalau saya amati sih bisa dapat 1000 GB sebulan bahkan lebih. Tapi dari pantauan penggunaan kuota selama ini tidak pernah menyentuh angka 1000 GB, paling tinggi per bulan cuma habis di kisaran 700 GB, karena memang keluarga kami jarang-jarang download file-file gede. Ini juga yang menjadi pertimbangan saya untuk downgrade Indihome karena kuota yang mubazir ini.

Dan setelah saya cek lagi untuk speed 20 Mbps ini FUP yang didapat cukup lumayan, ya cukuplah kalau misalkan dipakai di rumah karena speed 20 Mbps Indihome ini bisa dapat FUP hingga 750 GB. Seperti biasa, perhitungannya jika sudah melewati FUP maka speed internet akan diturunkan. Untuk lebih jelasnya berikut adalah daftar FUP Indihome yang terbaru.

Jadi dengan mempertimbangkan pemakaian kuota bulanan saya yang paling banter adalah 700 GB, maka saya setuju untuk downgrade ke speed 20 Mbps, dan langsung hubungi CS Indihome di Instagram.

Akan tetepi ada kendala nih, ternyata sekarang gak bisa downgrade speed dari 30 Mbps ke 20 Mbps karena di database mereka speed paling rendah adalah 30 Mbps. Iya memang saat ini ada yang langganan Indihome 20 Mbps tapi ya biasanya dia pelanggan lama, yang dulu masih ada paketan speed 20 Mbps, sedangkan sekarang sudah dihapuskan untuk speed 20 Mbps ini, paling kecil 30 Mbps. Dan memang satelah saya cek coba-coba untuk daftar baru Indihome tidak ada paket yang 20 Mbps.

Gak kurang akal nih, saya coba cek-cek di olshop macem Tokopedia atau Shopee, ternyata ada jasa downgrade speed Indihome, termasuk downgrade dari 30 Mbps ke 20 Mbps. Gak cuma jasa downgrade sih, ternyata di olshop juga banyak yang menawarkan jasa seputar Indihome, termasuk berlangganan baru, migrasi paket, downgrade/ upgrade paket, berhenti berlangganan, dan lainnya. Cuma ya pastinya ada biayanya.

Cuma di sini saya menyarankan, kalau kalian ingin migrasi paket, upgrade/downgrade, berhenti langganan, dan lainnya, usahakan lewat jalur resmi saja dulu, lewat aplikasi Indihome kek, lewat sosmed resmi Indihome, atau bahkan datang langsung ke Grapari. Kenapa? Ya kalau lewat jalur resmi kan gratis, sedangkan kalau pakai jasa kan bayar. Usahakan lewat jalur resmi dulu, misalakan jalur resmi gak bisa atau malah dipersulit, baru deh pakai jasa orang.

Oke, di sini saya memutuskan untuk pakai jasa saja lewat Shopee, dan saya cari seller yang sudah punya reputasi, dan juga cari yang harganya murah tapi sudah punya reputasi, karena harga jasa tiap seller bisa beda-beda, ada yang murah ada yang mahal. Kemarin saya dapat seller yang biaya jasanya 70 ribuan, ada juga yang 100 ribuan ke atas, pokoknya macem-macem harga jasanya. Oke dan ketemu sellernya dilanjut transaksi.

Setelah transaksi berhasil, proses downgradenya tidak langsung instan, kemarin prosesnya, malam transaksi besoknya baru speed beneran turun dari 30 Mbps jadi 20 Mbps, saya cek lewat speedtest.net. Oke berarti downgrade speed sukses, tinggal nunggu tagihan bulan depan saja. Untuk tagihan biasanya kan diitung prorata di bulan setelah proses downgrade, baru di bulan berikutnya tagihan akan normal sesuai speed berlangganan. Dan beneran, tagihan bulan berikutnya sudah turun sesuai harga paket 20 Mbps. Untuk lebih jelasnya berikut adalah tagihan saya setelah downgrade speed jadi 20 Mbps, sudah berjalan 3 bulanan.

Sebelumnya, tagihan bulanan Indihome saya di speed 30 Mbps adalah Rp 321.900,- dan setelah downgrade ke 20 Mbps menjadi Rp 244.200,-. Lumayan kan bisa menghemat 70 ribuan, bisa dialokasikan ke kebutauhan lainnya. Dan dari pengalaman saya sebagai pengguna Indihome yang sudah jalan kurang lebih 4 tahunan ini, tagihan Indihome selalu flat, tidak ada pengurangan tidak ada penambahan, tagihan ya sesuai paket berlangganan.

Oke, jadi sekian dulu share dari saya seputar downgrade Indihome dari speed 30 Mbps menjadi 20 Mbps menggunakan jasa di olshop. Sekali lagi saran saya, kalau kalian pengen downgrade atau keperluan lain yang berhubungan dengan Indihome lebih baik lewat jalur resmi terlebih dahulu karena gratis, kalau gak bisa baru pakai jasa. Sekian mudah-mudahan bermanfaat. Oh ya yang mau cobain downgrade pakai jasa, kemarin saya pakai jasa di Shopee, klik saja DI SINI.

Artikel Bermanfaat Lainnya...

Silahkan Berkomentar

Leave a Reply