Pengalaman Upgrade Speed Indihome Lewat Aplikasi MyIndihome Hati-hati Kena Jebakan Betmen

Di sini saya cuma mau share pengalaman saya kemarin ketika melakukan upgrade speed Indihome melalui aplikasi MyIndihome. Tapi sebelumnya saya mau cerita dulu bahwasanya saya merupakan pelanggan lama Indihome yang sudah berlangganan selama kurang lebih 5 tahun per Mei 2023 ini. Selama 5 tahun ini memang tingkat kepuasan saya sebagai pengguna Indihome bisa dikatakan sangat puas, di lokasi saya ya. Kebetulan saya tinggal di Kota Balikpapan dan selama berlangganan Indihome minim sekali terjadi gangguan, hampir gak pernah. Pokoknya kalau bisa dinilai kualitas internet dan pelayanan Indihome di sini saya kasih nilai 8.5.

Dulu saya daftar paket Indihome dimulai dari speed 10 Mbps. Kemudian saya tertarik untuk upgrade speed dari 10 Mbps ke speed 20 Mbps. Waktu itu saya tertarik upgrade karena tagihan antara speed 10 Mbps dengan speed 20 Mbps kalau dihitung-hitung sama saja, jatuhnya sekitar 280 ribuan sudah termasuk PPN dan lainnya. Ya mending sekalian up ke speed 20 Mbps kan ya? Pada waktu itu proses upgrade ke speed 20 Mbps lancar-lancar saja, dan saya puas dengan hasil speed yang saya terima, termasuk tagihan yang dikeluarkan bulan depannya setelah upgrade speed juga normal.

Dan di akhir tahun 2022 kemarin saya melakukan upgrade speed Indihome dari 20 Mbps ke 30 Mbps lewat aplikasi MyIndihome, ya sekitar tanggal 30 Desember 2022 saya resmi mendaftarkan upgrade speed ke 30 Mbps. Saya tertarik untuk upgrade speed karena akhir-akhir ini saya merasa speed 20 Mbps serasa kurang, apalagi sekarang anak-anak sudah mulai nonton Youtube di TV menggunakan STB yang membutuhkan koneksi internet, ditambah saya juga suka download, istri suka nonton drakor, alhasil dengan speed yang cuma 20 Mbps kadang membuat buffer Youtube, dan anak-anak muali berisik kalau sudah buffer gini. Intinya penggunaan internet di rumah semakin bertambah hingga butuh up speed yang lebih dari 20 Mbps.

Kebetulan yang membuat saya tertarik lagi untuk segera upgrade speed karena harga yang ditawarkan di aplikasi MyIndihome cukup murah. Jadi di situ tertera kalau tagihan setelah upgrade speed dari 20 Mbps ke 30 Mbps adalah sebesar Rp 299.700,-/bulan sudah termasuk PPN 11%. Menurut saya lumayan lah dari tagihan sebelumnya Rp 280.000,-/bulan menjadi, ya anggap saja 300 ribu, cuma nambah 20 ribu dapat speed 30 Mbps.

Harga Tagihan Indihome Upgrade Speed 30 Mbps

Sebelum saya memantapkan diri untuk upgrade ke speed 30 Mbps, juga saya sudah menanyakan kebenaran tagihan ini ke akun sosmed Indihome di Instagram. Tapi jawaban dari CS Indihome gak memuaskan, gak bisa to the point, terkesan tertutup. Saya cuma mau tanya total tagihan jika saya upgrade speed dari 20 Mbps ke 30 Mbps, apakah benar 299.700 per bulan. Jawaban dari CS Indihome sendiri intinya mereka gak tahu tagihannya karena saya belum mendaftar upgrade speed dan atau karena tagihan belum muncul, akan muncul bulan depan secara prorata.

CS Indihome Upgrade Speed 30 Mbps

Maksudnya gini, kalau saya harus nunggu bulan depan untuk melihat tagihan setelah saya upgrade speed, ya saya gak perlu tanya lagi ke CS donk berapa tagihannya, kan sudah muncul, saya sendiri pun bisa melihat total tagihan di aplikasi MyIndihome, lha ngapain saya tanya. Saya sebenarnya mau tanya tagihannya akan fix Rp 299.700 segitu apa akan ada tambahan lagi, tapi mereka gak bisa menjawab dengan pasti.

Ya sudahlah, karena saya memang butuh upgrade speed langsung saja saya mengajukan lewat aplikasi MyIndihome. Klik klak klik kluk selesai melakukan upgrade. Untuk detail paket berlangganan Indihome speed 30 Mbps adalah seperti foto di bawah.

Detail Paket Berlangganan Indihome 30 Mbps

Nah setelah proses upgrade speed selesai di aplikasi saya melihat detail berlangganan, di situ tertulis Rp 297.000,-/bulan, kok beda ya tadinya Rp 299.700,-/bulan, mulai agak gak enak sih, tapi ya sudahlah kita tunggu sampai bulan depan.

Untuk tagihan bulan depan atau bulan Januari 2023 kurang lebih sama sih ya masih di bawah 300 ribuan lupa, karena kan masih dihitung pro rata. Nah, untuk tagihan bulan Februari 2023 ini yang membuat saya kaget, benar saja apa yang saya khawatirkan kemarin, ternyata tagihannya menjadi Rp 344.100,- jauh dari janji manis di aplikasi MyIndihome yang cuma Rp 299.700,-

Sebelum saya bayar tagihan ini, saya sempet datang ke kantor Indihome untuk komplain masalah ini. Di kantor Indihome ini saya berbicara dengan mbak CS lewat telepon, bukan face to face, menanyakan masalah perbedaan tagihan ini. Tapi ujung-ujungnya mereka gak bisa memberikan penjelasan yang tepat kenapa tagihan yang ditawarkan saat upgrade speed bisa beda dengan tagihan sebenarnya. Sampai saya mencoba menebak-nebak sendiri, dan bertanya ke CS, apa tagihan Rp 299.700,- di aplikasi kemarin belum termasuk tambahan sewa ONT? Mungkin karena CS Indihome sudah gak punya jawaban lain, dengan pertanyaan yang saya ajukan ini mereka mengiyakan saja, daripada harus mikir lagi kan? Setahu saya sewa ONT itu 40 ribu, kalau ditambahkan 299 ribu tadi ya benar saja sih jatuhnya 344 ribuan. ONT 40 ribu juga belum dihitung PPN 11% pasti.

Akhirnya juga gak ada solusi masalah tagihan ini, maksudnya saya tetap harus membayar total tagihan Rp 344.100,- ini, dan juga untuk tagihan bulan-bulan berikutnya akan sebesar itu. Sempat saya mau minta downgrade speed lagi ke 20 Mbps karena saya merasa kecewa sekali dengan tagihan yang gak sesuai ini, walau sebenarnya saya sangat butuh internet speed 30 Mbps. Tapi saya mencoba tanya lagi, apa gak ada promo untuk pelanggan lama, yang saya lihat selama ini promo cuma buat pelanggan baru saja, bagaimana dengan pelanggan lama, masa gak pernah dikasih penghargaan?

Akhirnya mbak CS nya mencoba mencari solusi promo untuk pelanggan lama, dan katanya memang sebenarnya buat pelanggan lama memang ada promo yang ditawarkan. Di sini saya ditawarkan untuk pindah paket berlangganan, yang intinya ada paket internet speed 30 Mbps dengan harga Rp 290.000,- belum termasuk PPN. Saya tanyakan sekalian lah ya total tagihan setelah PPN berapa, daripada masalah kayak ini, intinya total tagihan saya nantinya berapa. Di sini mbaknya bisa menjawab gak kayak CS di akun sosmed. Setelah dihitung-hitung total tagihan nanti sebesar 320 ribuan sudah dengan PPN dan biaya lain. Saya pikir lagi lumayan lah kurang 20 ribu dari tagihan yang sekarang 340 ribu. Ya sudah deal lah saya berlangganan paket ini daripada gak ada jalan lain dan kelamaan di kantor Indihome.

Dan pada akhirnya sampai sekarang bulan Mei 2023 ini tagihan Indihome speed 30 Mbps saya masih sebesar Rp 321.900,-/bulan seperti ditunjukan foto di bawah ini. Dan perlu diketahui juga untuk tagihan per bulan Indihome di saya ini fix, tidak pernah ada yang namanya semakin lama semakin tambah besar, ya kecuali kalau kalian melakukan upgrade speed atau tambah add on lain, ya pasti tagihan akan bertambah.

Tagihan Indihome Speed 30 Mbps

Oh ya, untuk FUP paket Indihome 30 Mbps ini sepertinya sekitar 1000GB lebih, gak tau postinya soalnya penggunaan internet di rumah gak penah nyampai 1000GB bahkan 500GB saja jarang-jarang. Tapi kalau dilihat di aplikasi MyIndihome di bawah kemungkinan besar FUP nya 1000GB lebih ya kan?

FUP Indihome Paket 30 Mbps

Jadi di sini walau saya sangat kecewa dengan kejadian upgrade speed kemarin tapi jujur untuk masalah kualitas internet Indihome di tempat saya memang bisa saya acungi jempol, jarang-jarang terjadi gangguan internet, bahkan selama setahun ini saya gak pernah mengalami gangguan internet. Dan kalaupun ada gangguan internet, pelayanan teknisi Indihome juga bisa cepat. Jadi di sini saya memilih provider internet bukan hanya sekedar nyari yang murah tapi juga yang bisa cepat mengatasi gangguan internet. Percuma sajakan internet murah tapi begitu ada gangguan internet penyelesaiannya lama bahkan bisa berhari-hari?

Oke sekian dulu share dari saya, mudah-mudahan bermanfaat buat kalian para pembaca khususnya yang mau upgrade speed Indihome, jangan sampai terkena jebakan betmen seperti saya ini.

Artikel Bermanfaat Lainnya...

Silahkan Berkomentar

One Response to “Pengalaman Upgrade Speed Indihome Lewat Aplikasi MyIndihome Hati-hati Kena Jebakan Betmen”

Leave a Reply

9  +    =  17