Upgrade Speed IndiHome Cuma Lewat Aplikasi MyIndiHome Cepat Saja Kurang Dari 24 Jam

Jadi ceritanya kan saya sebelumnya sudah berlangganan internet IndiHome yang 10 Mbps. Sudah berjalan hampir 2 tahun per Mei 2020 ini dan Alhamdulillah sudah saya downgrade yang semula paket 2P (Internet + Telepon) kini cuma 1P aja (Internet). Proses downgrade speed IndiHome ini pun sangat lancar dan mudah tanpa kendala ataupun tanpa harus dipersulit pihak IndiHome. Tagihan bulanan yang semula 320 ribu di paket 2P sudah turun menjadi 278 ribu per bulan, flat terus itu sebenarnya 278 ribu terus tiap bulan. Cuma kemarin memang sempat ada masalah, entah kenapa tiba tiba saya berlangganan add-on Melon yang dikenakan biaya 10ribu per bulan, jadi tagihan IndiHome naik jadi 288 per bulan. Namun penambahan add-on tersebut sudah saya komplain langsung ke Plasa Telkom (IndiHome), dan lagi lagi proses komplainan saya untuk menghilangkan add-on Melon berjalan lancar, gak dipersulit. Bulan berikutnya tagihan kembali di 278 ribu.

Nah ceritanya, waktu awal pemasangan Indihome itu kalau gak salah speed Upload yang saya dapatkan di 2Mbps, speed upload ya, kalau speed download ya sesuai paket 10 Mbps, biasanya malah dapatnya 11 Mbps atau 12 Mbps. Bisa kalian cek di artikel Akhirnya Berlangganan Juga Internet IndiHome Paket Netizen 1 10Mbps untuk bukti speed download dan upload pertama kali berlangganan IndiHome. Tapi ya itu, IndiHome yang pelit itu di speed upload cuma 2Mbps aja. Bahkan, di bulan ketujuh, kalau gak salah ya, speed upload diturunkan menjadi 1,5 Mbps aja. Dan sampai sekarang udah pakai IndiHome hampir 2 tahun speed upload masih sama di 1,5 Mbps. Bagi orang yang suka upload video seperti saya ini mungkin akan terasa terganggu dengan speed upload yang cuma segitu. Upload file ukuran 500MB saja bisa hampir 1 jam. Kalau masalah download sih aman aja, bahkan “hampir” gak pernah mengalami penurunan speed download gara gara kehabisan FUP.

Oke, kemarin tepatnya tanggal 13 Mei 2020, saya iseng iseng buka aplikasi MyIndiHome, dan saya menemukan menu Upgrade speed. Sebelumnya saya buka aplikasi itu cuma buat ngecek tagihan aja sudah keluar apa belum. Nah, yang membuat saya tertarik di menu Upgrade ini, di situ ada pilihan upgrade ke speed 20 Mbps dengan biaya Rp 210.000, ada lagi upgrade ke 30 Mbps cuma kena biaya Rp 60.000. Nah lucu kan, upgrade speed ke yang lebih tinggi malah dapat harga murah? Masalahnya gini, sebenarnya dari dulu Telkom maupun IndiHome itu gak terlalu transparan masalah biaya/ harga. Harga di menu upgrade itu sebenarnya harga tambahan atau harga bulanan gak jelas. Misal, kalau harga bulanan ya, jadi kalau kita upgrade ke 20 Mbps, maka tagihan bulanan harusnya 210 ribu kan? Oke saya tahu itu belum termasuk Ppn dan biaya sewa modem. Anggaplah tagihan bulanan jadi 290 ribuan sudah termasuk Ppn dan biaya lainnya. Berarti lumayan kan, semula paket 10 Mbps bayar 278 ribu, upgrade ke 20 Mbps bayar bulanan cuma 290 ribu.

Oke itu kalau 210 ribu itu biaya bulanan, nah kalau yang upgrade 30 Mbps cuma 60 ribu itu apa? Kalau saya pikir, yang 30 Mbps itu tambahan biaya bulanan, misal semula kita berlangganan 10 Mbps kena 278 ribu per bulan, kemudian kita upgrade speed jadi 30 Mbps berarti tinggal ditambahkan 60 ribu, berarti tagihan per bulan menjadi 338 ribuan per bulan, entah ada tambahan biaya lagi apa gak. Masalahnya kenapa harga yang tercantum di Upgrade Speed aplikasi kok ya gak disamakan aja, misal harga yang tertera adalah harga bulanan belum termasuk Ppn dan lainnya, kenapa ada yang harga bulanan ada yang harga tambahan, kurang transparan dan bikin bingung yang mau upgrade. Ujung ujungnya pasti akan menanyakan ke customer service langsung buat penjelasan harga upgrade.

Jadi setelah saya cari info ke grup Facebook, ternyata banyak juga yang bertanya masalah upgrade speed ini, dan beberapa juga sudah menanyakan ke CS IndiHome langsung, yang intinya bahwa untuk upgrade speed 20Mbps itu memang harga 210 ribu, tapi belum termasuk Ppn dan biaya modem dan biaya lain gak tau biaya apa, tapi kalau perhitungan saya sih kurang dari 300 ribu kalau ditotal. Dan intinya 210 ribu itu bukan merupakan add-on, dimana nanti tagihannya menjadi 278 + 210 = 488, waw, kalau tagihan ditambahkan gitu masa iya upgrade speed ke 20 Mbps tagihan bulanan menjadi Rp 488.000? Ya mending pilih yang 30 Mbps lah cuma nambah 60 ribu jadinya 338 ribu.

Dan berikut adalah daftar paket Upgrade Speed Indihome dari 10 Mbps ke 20 Mbps 30 Mbps 40 Mbps. Sebenarnya masih ada beberapa paket upgrade sih tapi sengaja gak saya tampilkan semuanya. Ini yang internet only atau 1P, harganya seperti ini. Kalau yang paket bundling beda lagi lebih mahal untuk harga upgrade nya.

Daftar Paket Upgrade Speed IndiHome 210000

Silahkan kalian bisa cek sendiri di aplikasi MyIndihome di menu Upgrade Speed. Yang akan saya tekankan di sini adalah yang upgrade ke 20 Mbps seharga 210.000, karena upgrade speed ke 20Mbps (New Internet Fair Usage) ini kadang nongol kadang hilang. Kalau di saya nongolnya pas malam aja, giliran Subuh ke Siang udah gak ada lagi paket yang 210 ribu itu. Jadi, setelah saya memantapkan diri untuk upgrade speed ke 20Mbps (New Internet Fair Usage Speed), hitung menghitung antara biaya tagihan 10 Mbps dengan 20 Mbps yang cuma beda sedikit saja, malam harinya saya langsung coba upgrade speed lewat aplikasi langsung. Proses upgrade ini sempat ada kendala karena menurut aplikasi saya belum verifikasi KTP. Dan memang benar, di bagian menu Akun Saya masih belum menyelesaikan proses verifikasi, jadi harus memasukkan nomor KTP. Dan permasalahan belum selesai sampai situ, karena setelah saya memasukkan nomor KTP gak langsung terverifikasi, jadi harus nunggu. Bahkan sampai 24jam pun akun saya masih belum terverifikasi KTP, yang akhirnya saya tanyakan ke CS IndiHome lewat akun Twitter. Dan setelah saya komplain ke Twitter untuk mempercepat proses verifikasi, besoknya akun MyIndihome saya sudah verifikasi KTP. Jadi, kalau di saya ini proses verifikasi nomor KTP aja sampai butuh waktu 2 harian.

Verifikasi Akun MyIndihome 2

Setelah akun terverifikasi langsung saja malamnya saya coba upgrade speed IndiHome lagi untuk kedua kalinya, untungnya yang paket 20 Mbps (New Internet Fair Usage Speed) masih nongol, karena seperti yang saya katakan tadi paket ini kadang nongol kadang hilang. Dan proses upgrade pun sukses, dan saya disuruh menunggu. Sampai di sini internet gak langsung terupgrade ke 20 Mbps loh ya, tapi masih proses dan suruh nunggu. Dan kata orang orang yang sudah pernah upgrade, nanti akan ditelepon oleh pihak IndiHome buat konfirmasi saja. Dan benar saja, besoknya, tepatnya sore, nomor HP saya dihubungi oleh pihak IndiHome, mungkin mau konfirmasi kan. Tapi sialnya waktu itu pas saya lagi keluar rumah, jadi yang angkat telepon istri. Karena istri saya gak tau apa apa, ya ketika ditelepon ditanya CS IndiHome cuma bilang iya iya aja. Padahal saya juga sebenarnya pengen sekalian menanyakan besar tagihan yang bakal dikenakan setelah upgrade ke 20 Mbps, apa seperti di aplikasi Rp 210.000 plus Ppn plus lainnya, atau perhitungannya beda. Ya udah, pada intinya pihak IndiHome menyetujui untuk upgrade speed ke 20 Mbps. Saya sendiri mau balik telepon ke 147 hanya sekedar untuk menanyakan tagihan sepertinya akan sia sia, toh speed sudah diupgrade. Jadi ya dipakai saja lah sementara ini sampai tagihan bulan depan muncul.

Dan setelah saya pulang ke rumah, dikasih tau istri kalau baru saja ditelepon IndiHome, intinya sudah dilakukan upgrade speed IndiHome saya, langsung saya cek speed internet, dan bener saja speed langsung naik menjadi 20 Mbps. Jadi setelah telepon ditutup itu mereka langsung mengaktifkan 20 Mbps. Dalam hati, wah cepet juga ya proses upgradenya, gak sampai 24 jam, saya kira bisa berhari hari. Jadi di paket 20 Mbps IndiHome ini saya mendapatkan speed upload 4 Mbps, lumayan lah daripada cuma 1,5 Mbps di paket 10 Mbps.

Hasil Speedtest Indihome 10 Mbps 20 Mbps

Jadi per 16 Mei 2020 ini saya resmi menggunakan paket 20 Mbps IndiHome. Masih berjalan beberapa hari setelah saya upgrade paket Indihome ke speed 20 Mbps, masih belum mengalami kendala apapun. Oh ya, setelah saya upgrade ini otomatis FUP kembali direset menjadi 0GB walau belum tanggal 1 (awal bulan), jadi gak melanjutkan FUP sebelumnya, wah enak nih.

Tapi, yang masih jadi kekhawatiran deg deg ser di saya ini adalah tagihan bulan depan apakah sesuai ekspektasi saya, gak nyampai 300 ribu, ya kalau bener harganya 210 ribu loh, plus Ppn plus sewa modem saya rasa gak nyampai 300 ribuan. Kalau tagihan segitu ya oke aja lah lanjut pakai yang 20 Mbps. Tapi misalkan, kalau tagihan bulan depan lebih mahal daripada yang saya perkirakan ya, mungkin, akan saya downgrade lagi balik ke 10 Mbps, atau mungkin cari jasa Indihome yang bisa menurunkan tagihan, itu sih rencana saya. Pokoknya untuk saat ini dinikmati dulu speed 20 Mbps ini. Lumayan ngacir lah buat download game ukuran puluhan Giga.

Oke, jadi buat kalian yang saat ini berlangganan IndiHome di 10 Mbps, berniat mau upgrade speed, silahkan cek saja lewat aplikasi MyIndihome. Kalau kalian belum punya atau belum install aplikasi MyIndihome, ya download saja lewat Google Playstore. Belum punya akun IndiHome silahkan bikin baru, gunakan email dan nomor telepon yang didaftarkan saat kalian mendaftar IndiHome. Nanti akan ada panduan untuk menautkan akun MyIndihome dengan nomor IndiHome kalian. Oh ya, bagi yang belum daftar internet IndiHome kalian jua bisa bikin akun di aplikasi ini kok. Malah di aplikasi MyIndihome ini ada menu untuk daftar menjadi pelanggan baru IndiHome. Yang baru bikin akun silahkan langsung verifikasi nomor KTP.

Sekian dulu curhat saya seputar Upgrade Speed Indihome yang bisa dilakukan langsung lewat aplikasi MyIndihome. Proses sangat cepat gak nyampai 24jam proses upgrade langsung dikerjakan. Ya ini tergantung juga sih masing masing lokasi, soalnya saya pernah dengar ada yang sampai berhari hari belum terupgrade juga internet IndiHome nya. Dan juga untuk harga Upgrade Speed IndiHome di atas bisa saja berbeda beda masing masing pengguna, sesuai kebijakan masing masing regional IndiHome, ada yang cuma nambah Rp 5000, Rp 3000, Rp 10.000, pokoknya bisa saja beda beda harga upgrade masing masing pengguna. Oke, kita jumpa lagi di artikel selanjutnya, bulan depan, ketika tagihan IndiHome setelah upgrade ini sudah muncul.

UPDATE!!!!

Tagihan IndiHome setelah upgrade speed ke 20 Mbps CEK DI SINI.

Artikel bermanfaat lainnya...

Silahkan Berkomentar di Bawah...

Silahkan Berkomentar di Bawah...