Pengalaman Downgrade Paket IndiHome ke 1P (Internet Only) Sangat Mudah

Berlanjut dengan curhat saya seputar Indihome, kali ini saya akan sedikit curhat bagaimana mudahnya downgrade paket IndiHome dari Netizen 1 ke Internet Only. Sebelumnya pada bulan Juli 2018 kemarin saya pasang internet Indihome dengan berlangganan paket Netizen 1. Kenapa pakai paket Netizen 1? Karena alasan yang utama saya cuma ingin mencoba dulu bagaimana kualitas internet Indihome itu, seberapa banyak gangguan yang terjadi ketika menggunakan Indihome, maka dari itu saya coba paket yang paling murah dulu, ya ketemunya paket Netizen 1 ini. Paket Netizen 1 itu sebenarnya paket bundling internet dan telepon, internet dapat speed 10 Mbps dan telepon gratis 100 menit lokal dan interlokal.

Oke, yang jadi masalah di sini, sebenarnya saya cuma cari internet saja, telepon gak begitu penting lah, bahkan selama 3 bulan berlangganan Indihome ini telepon gak pernah terpakai. Di samping karena jarang nelepon, juga males untuk  harus beli pesawat telepon lagi. Sebenarnya Indihome sendiri ada paket Internet only atau banyak yang nyebut 1P. Namun pemasangan baru Indihome tidak diperbolehkan langsung berlangganan Internet only, melainkan harus berlangganan minimal paket 2P (bundling), baru setelah pemakaian/ berlangganan selama 3 bulan bisa didowngrade ke 1P.

Oke, karena berlangganan Internet only gak bisa langsung, maka dari itu saya pilih paket Netizen 1, di samping paling murah juga rencana ke depan akan saya downgrade ke Internet only.

Selama 3 bulan berlangganan dan sudah 3x bayar tagihan sebenarnya ada beberapa masalah yang terjadi di internet Indihome ini, lebih jelasnya bisa baca artikel saya DI SINI. Dan karena permasalahan Indihome inipun sudah selesai, Alhamdulillah gak ada lagi gangguan internet Indihome, tiba waktunya saya untuk downgrade paket ke 1P. Untuk melakukan downgrade paket ke Internet only ini harus datang langsung ke Plasa Telkom.

Di Plasa Telkom sendiri suasana sangat bersahabat, mbak mbak cs (customer service) melayani dengan baik. Ketika tiba giliran saya pun mereka langsung melayani dengan ramah. Setelah saya jelaskan maksud dan tujuan saya ke mbak cs nya yaitu mau downgrade ke internet only (1P) mbaknya langsung paham dan terlebih dahulu mengecek nomor internet saya. Mungkin untuk memastikan bahwa nomor saya  sudah memnuhi syarat untuk bisa downgrade (minimal berlangganan 3 bulan paket 2P).

Oke setelah dicek dan lulus, segera mbaknya mengambil formulir untuk downgrade. Jadi syarat untuk bisa downgrade dari 2P ke 1P ini sangat mudah. Kalau di tempat saya kota Balikpapan cukup menyerahkan KTP asli saja, mungkin juga untuk memastikan KTP sesuai dengan data Indihome. Namun demikian saya juga gak bisa memastikan syarat downgrade ke 1P ini sama tiap tiap kota, soalnya pernah baca juga ada yang harus menyerahkan foto kopi Kartu Keluarga juga, ataupun ada syarat yang lain selain KTP. Namun di Balikpapan cuma KTP saja syaratnya.

Jadi proses downgrade ini gak terlalu lama lah, intinya cuma tanda tangan saja, dan gak pakai biaya alias gratis. Jadi yang semula saya berlangganan paket internet dan telepon, sekarang telepon dicabut dan hanya meninggalkan internet saja. Kata mbaknya kalau suatu saat mau pasang  telepon lagi harus lapor ke Plasa Telkom lagi dan itupun akan dikenai biaya pasang lagi. Jadi pastikan kalau anda berniat ingin downgrade ya diniatkan dulu dengan matang.

Jadi riwayat berlangganan Indihome hingga ke 1P ini, saya berlangganan paket Indihome 2P (internet + telepon) pada Juli 2018. Berlanggan paket 1P/ internet only tidak bisa dilakukan secara langsung, melainkan harus berlangganan dulu paket 2P selama 3 bulan baru bisa didowngrade ke 1P. Dan seharusnya pada Oktober 2018 nanti sudah bisa dilakukan downgrade paket ke 1P. Kemudian pada pertengahan Oktober 2018 saya mengajukan downgrade paket ke 1P, walaupun waktu pengajuan downgrade ini saya belum bayar tagihan bulan ketiga, saya bayar tagihan setelah proses downgrade selesai. Artinya mungkin untuk bisa downgrade ini gak harus sudah bayar 3x ya, tapi memasuki bulan ketiga berlangganan Indihome sudah bisa dilakukan downgrade paket. Proses downgrade berjalan lancar dan syaratnya pun mudah cukup bawa KTP asli saja, gratis tanpa biaya. Tagihan bulanan akan menjadi sekitar 279 ribu jika sudah downgrade ke 1P. Tagihan bulan November 2018 akan dihitung proporsional, sedangkan untuk Desember 2018 nanti baru bisa fix 279 ribu. Jika misalkan pada Desember 2018 tagihan masih sebesar 316 ribu maka saya disuruh lapor ke Plasa lagi, karena kemungkinan sistem belum terinput.

Jadi selama berlangganan paket 2P (internet + telepon) biaya bulanan yang harus dibayar adalah fix Rp 316.500, ya sekitar segitulah tergantung biaya admin tiap tiap loket pembayaran. Sampai bulan ketiga Oktober 2018 tagihan tetap 316 ribuan. Nah pada bulan keempat November 2018 ternyata tagihan sudah berkurang dan harus bayar cuma Rp 279.000 saja. 279 ribu ini memang tagihan untuk paket internet only 1P. Padahal bilangnya mbak cs kemarin untuk tagihan bulan November 2018 akan dihitung proporsional, disesuaikan penggunaan soalnya saya melakukan downgrade pada pertengahan bulan. Jadi hitungannya separuh bulan saya berlangganan 2P dan separuh lagi 1P. Namun November 2018 tagihan malah cuma 1P saja, ya Alhamdulillah lah.

Tagihan Indihome Paket 1P 2P

Alhamdulillah selama 3 bulan berlangganan Indihome ini sudah gak pernah lagi ada gangguan. Di awal awal berlangganan memang saya dibuat jengkel dengan gangguan yang mungkin belum pernah ada yang mengalami, yaitu nomor pelanggan Indihome yang tertukar. Namun setelah  saya komplain langsung ke Plasa Telkom akhirnya sampai sekarang tidak ada lagi gangguan  yang terjadi masalah internet Indihome ini, mudah mudahan sampai seterusnya lah gak pernah terjadi gangguan.

Oke deh, sekian dulu curhat saya pengalaman berlangganan Indihome hingga downgrade paket ke 1P yang prosesnya sangat cepat dan syarat yang sangat mudah gak perlu ba bi bu langsung terdowngrade. Mudah mudahan memberi penjelasan bagi anda yang juga saat ini mau downgrade paket Indihome ke 1P.

Artikel bermanfaat lainnya...

2 Comments

  1. Fani

Leave a Reply