Smartfren Semakin ‘Anti Lelet’ Dengan Meluncurkan Teknologi EVDO Rev.B Fase 2

Salah satu provider CDMA yang sedang naik daun, Smartfren, kini semakin membuktikan ketangguhannya dalam urusan kecepatan internet yang ANTI LELET dengan meluncurkan teknologi baru EVDO Rev.B. Smartfren menyebut teknologi baru ini sebagai teknologi EVDO Rev.B Fase 2. Kenapa disebut Fase 2? Karena sebelumnya Smartfren telah berhasil menghadirkan teknologi EVDO Rev.B dengan kecepatan maksimal 9,3 Mbps. Dengan meluncurkan teknologi EVDO Rev.B Fase 2 ini diklaim mampu memberikan kecepatan download yang lebih besar yaitu sampai 14,7 Mbps dan kecepatan upload sampai 5,4 Mbps. WOW!!

Teknologi EVDO Rev.B Fase 2 ini diklaim memiliki koneksi khusus untuk komunikasi data saja dan terpisah dari koneksi untuk komunikasi suara, jadi ada jalurnya sendiri-sendiri. Ini yang menjadikan teknologi ini memiliki akses internet yang Super Cepat. Dan bukan berarti dengan peluncuran teknologi EVDO Rev.B ini teknologi EVDO Rev.A jadi ditinggalkan. Masih tetap, teknologi EVDO Rev.B juga tidak akan mengganggu jaringan di teknologi EVDO Rev.A, semua sudah diatur jalurnya masing-masing.

Tidak hanya itu. Bersamaan dengan peluncuran teknologi EVDO Rev.B Fase 2 ini Smartfren juga sekaligus meluncurkan 2 modem baru yang mendukung teknologi EVDO Rev.B Fase 2 yaitu modem Smartfren AC2791 dan modem Smartfren EC306-2 yang bekerja pada frekuensi jaringan 800 Mhz/1900 Mhz. Karena kedua modem tersebut mendukung kecepatan akses internet yang SUPER CEPAT maka untuk mendapatkan kedua modem tersebut juga harus mengeluarkan modal lebih besar daripada modem yang masih support EVDO Rev.A. Smartfren telah memberikan harga untuk kedua modem tersebut masing-masing sebesar Rp 699.000,- (699 ribu rupiah) sudah termasuk PPn dan gratis internet selama 1 bulan dengan kecepatan internet up to 14,7 Mbps.

Jadi bisa disimpulkan, untuk bisa menikmati teknologi EVDO Rev.B ini anda harus memiliki modem yang sudah support EVDO Rev.B. Untuk modem-modem keluaran Smartfren sebelumnya belum ada yang support EVDO Rev.B, semuanya hanya support EVDO Rev.A. Di sini tidak ada proses upgrade software, driver atau apalah, yang pasti modem yang sebelumnya hanya support EVDO Rev.A tidak bisa digunakan untuk EVDO Rev.B. Artinya anda WAJIB membeli modem baru keluaran Smartfren yaitu modem AC2791 atau modem EC306-2 untuk bisa menikmati teknologi EVDO Rev.B Fase 2.

Smartfren juga telah menambahkan daftar baru pada Paket Internet Smartfren Connex yang mendukung kecepatan internet up to 14,7 Mbps. Anda bisa menggunakan paket Volume Based (untuk pelanggan prabayar) atau Postpaid Unlimited (untuk pelanggan pascabayar). Untuk pelanggan prabayar anda akan dikenakan tarif 150 ribu per bulan jika ingin menikmati teknologi EVDO Rev.B dengan membeli paket 12 GB. Sedangkan untuk pelanggan pascabayar lebih mahal lagi, anda akan dikenakan biaya 275 ribu per bulan dengan membeli paket Super Pro. Untuk paket True Unlimited, anda bisa menambahakan paket Premium Booster 3 untuk bisa menikmati kecepatan akses internet up to 14,7 Mbps.

Tapi jangan senang dulu, belum semua kota bisa menikmati teknologi EVDO Rev.B. Untuk masalah kota mana saja yang sudah mencakup teknologi EVDO Rev.B Fase 2 dari Smartfren, saat ini Smartfren menyediakan teknologi EVDO Rev.B Fase 2 hanya untuk daerah Jabodetabek saja. Untuk kota lain akan segera menyusul. Dan rencananya Smartfren akan segera memperluas teknologi EVDO Rev.B Fase 2 ini ke kota Yogyakarta, Surabaya, Malang dan Denpasar. Yah, Semarang belum dipikirkan deh, sabar.

Mudah-mudahan dengan peluncuran teknologi EVDO Rev.B Fase 2 ini semakin sedikit keluhan-keluhan yang muncul dari sebagian besar pelanggan Smartfren. Selama Smartfren terus konsisten untuk selalu menjawab keluhan pelanggan dengan selalu meningkatkan kualitas pelayanan, saya kira ke depannya memang Smartfren pantas dijadikan ‘Rajanya Provider CDMA’. Itu kalau konsisten loh ya. Kita lihat saja kenyataan Teknologi EVDO Rev.B Fase 2 di lapangan kayak apa.

Image credit by Smartfren.com

Artikel bermanfaat lainnya...

10 Comments

  1. idam
  2. wijiono
  3. cakyud
  4. wiro

Leave a Reply