Paypal, Steam, Epic Games, DOTA, DKK Resmi Diblokir Pemerintah, Bagaimana Solusinya?

Jadi per 30 Juli 2022 ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) resmi mengumumkan beberapa situs dan platform game yang diblokir karena mereka tidak mematuhi untuk mendaftar PSE (Penyelenggara Sistem Elektronik). Ada 7 situs dan platform game yang saat ini sudah diblokir dan tidak bisa diakses oleh pengguna internet di Indonesia, diantaranya adalah:

  • Yahoo
  • Steam
  • Epic Games
  • DOTA
  • Paypal
  • Counter Strike
  • Origin (EA)
Akses Situs Yang Diblokir Pemerintah

Pemblokiran ini hanya bersifat sementara. Jadi nantinya masih ada kesempatan untuk dibuka lagi aksesnya jika ketujuh platform tersebut sudah mengajukan pendaftaran atau untuk saat ini bisa disebut normalisasi untuk dibuka blokirnya.

Jadi untuk saat ini, sementara situs-situs tersebut masih diblokir, pengguna internet di Indonesia masih bisa membuka situs tersebut dengan cara menggunakan DNS atau bisa juga pakai VPN. Baik pengguna komputer maupun smartphone, kalian bisa menggunakan aplikasi/software VPN yang bisa kalian download secara gratis.

Ada banyak penyedia aplikasi VPN yang bisa kalian dapatkan dari Google Playstore untuk pengguna Android. Sedangkan penyedia VPN tersebut pastinya sudah menyediakan aplikasi mereka dalam platform mobile maupun PC.

Untuk cara yang gampang, tanpa harus download aplikasi, kalian bisa menggunakan DNS semisal DNS Adguard ataupun DNS Cloudflare.

Buat pengguna smartphone, kalau kalian pengen menggunakan DNS, kalian bisa masuk ke Setelan >> Koneksi & Berbagi >> DNS Pribadi, lalu kalian bisa pilih Nama host. Untuk nama host bisa kalian masukkan DNS dari Adguard atau Cloudflare, kemudian Simpan. Atau kalau tidak ketemu setelan DNS bisa kalian ketik di pencarian saja, masuk ke Setelan, paling atas biasanya ada kolom pencarian, ketik DNS maka akan muncul setelan DNS. Oh ya, fitur DNS hanya ada di Android 11 ke atas, untuk Android 10 ke bawah belum ada.

  • DNS Adguard: dns.adguard.com
  • DNS Cloudflare: 1dot1dot1dot1.cloudflare-dns.com

Setelah menggunakan salah satu DNS di atas seharusnya sekarang kalian bisa mengakses situs-situs yang sudah diblokir tadi.

Dengan catatan, penggunaan DNS mungkin akan menyebabkan koneksi bisa saja jadi agak lemot, atau malah tidak bisa buka aplikasi tertentu, atau bisa juga malah tidak bisa akses situs tertentu. Nah itu resikonya, tapi ini kan untuk sementara, jadi kalau kalian mau mengakses situs-situs yang diblokir di atas kalian bisa menggunakan DNS. Jika sudah selesai kalian bisa mengembalikan setingan DNS ke awal (Otomatis).

Selain DNS, untuk bisa membuka situs yang diblokir bisa juga menggunakan VPN, bisa pakai aplikasi VPN ataupun software VPN buat Komputer. Untuk saya sendiri biasanya saya menggunakan aplikasi Seed4me VPN, yang bisa didownload lewat link berikut.

Download Seed4me Google Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=me.seed4.app.android

Download Seed4me Desktop: https://seed4.me/pages/download

Saya menggunakan aplikasi Seed4me VPN ini karena biasanya dapat gratis seminggu. Setelah trial seminggu berakhir kalian bisa lanjut dengan berlangganan, tentunya bayar. Atau kalau kalian tidak mau berlangganan bisa coba install aplikasi VPN yang lain, banyak di Google Playstore.

Oke sekian dulu share dari saya ini buat para pengguna internet di Indonesia yang saat ini tidak bisa mengakses situs tertentu atau platform game tertentu seperti yang sudah saya sebutkan di atas karena diblokir, sementara ini bisa menggunakan DNS atau VPN sambil menunggu situs tersebut dibuka blokirnya. Mudah-mudahan saja cepat dibuka blokirnya agar kita semua tidak direpotkan dengan pemblokiran ini. Terimakasih dan mudah-mudahan bermanfaat.

Artikel Bermanfaat Lainnya...

Silahkan Berkomentar

Leave a Reply

34  −    =  29