Internet Indosat Lemot Speed Dibatasi 1Mbps Gangguan atau Pemeliharaan Jaringan?

Kurang lebih sudah 2 mingguan ini terhitung mulai 13 Desember 2016 yang lalu hingga sekarang, internet menggunakan Indosat Ooredoo di lokasi saya Balikpapan terasa sangat lemot. Ini tidak seperti biasanya. Bahkan ketika saya memindahkan modem ke tempat tempat yang mungkin terdapat banyak sinyal 4G Indosat hasilnya tetap saja nihil. Internet 4G menggunakan Indosat serasa menggunakan jaringan EDGE saja. Speed internet mentok di 1Mbps, tidak bisa lebih, kalau kurang malah bisa. Helllooooo, ini jaringan 4G loh ya, masa speed cuma 1Mbps???

Bahkan kemarin kemarin saya sempet menanyakan ke Twiter Indosat kenapa bisa lemot begini, dan sudah kuduga pasti jawabannya cuma membuat lega para pelanggannya saja tapi tidak ada perubahan dan mungkin tidak ada yang dilakukan atas keluhan para pelanggan. Katanya nomor saya sudah direfresh, atau diapain lah, tapi kenyataannya tidak ada perubahan di speed internet.

Selama 2 minggu ini sebenarnya saya masih bisa sabar dengan gangguan Indosat ini yang mungkin bisa saja terjadi di akhir tahun, karena mungkin jaringan terlalu padat. Bahkan saya sempat berpikir mungkin pengguna Indosat di lokasi saya Balikpapan sudah semakin bertambah sehingga mengakibatkan akses internet menjadi berkurang/ lemot karena rebutan dengan pengguna lain.

Internet Indosat Lemot Gangguan

Tapi kenapa selalu begitu, kenapa dengan bertambahnya pengguna tidak dibarengi dengan peningkatan kualitas jaringan, kenapa mesti harus konsumen yang dikorbankan dengan menurunkan kualitas jaringan? Ini tidak terjadi pada satu operator saja, semua operator seluler di Indonesia biasanya begitu. Semakin banyak pengguna biasanya kualitas semakin turun, kalaupun ada perbaikan kualitas, biasanya dibutuhkan waktu agak lama.

Akhirnya hari inipun saya sudah tidak ada kesabaran lagi, dan langsung saya cari informasi di internet. Ternyata gangguan internet Indosat ini tidak saya saja yang mengalaminya, hampir semua pengguna Indosat juga mengalami gangguan internet. Beberapa pengguna juga menyimpulkan bahwa banyak yang speed internetnya dibatasi di 1Mbps saja, seperti saya, tidak bisa lebih namun kalau di bawah itu malah bisa.

Speedtest Indosat Ooredoo Lemot Banget

Kecepatan 4G Indosat Ooredoo

Saya sudah mencoba menggunakan 2 Paket Freedom Combo Indosat, paket XL dan paket XXL, dan semua sama saja, sama lemotnya dan speed internet tetap saja seolah olah dibatasi di 1Mbps. Kalau speed seperti itu, mau kuota 1juta GB pun Indosat mungkin berani memberikan, toh yang kepakai selama 1 bulan paling cuma berapa puluh GB saja. Ini saja saya beli paket Freedom Combo XL dengan kuota total 38GB pun masih ragu apakah sebulan bisa menghabiskan separuhnya. Sebab kecepatan internet yang lemot pasti tidak akan habis itu kuota. Mubazir saja kuota segitu banyaknya.

Menurut informasi yang saya dapat sih katanya sedang ada pemeliharaan jaringan Indosat, makanya ada penurunan kualitas jaringan. Dugaan yang lain, kemungkinan pengguna internet Indosat semakin banyak, sedangkan Indosat sendiri tidak mungkin langsung upgrade jaringan, pasti sempat down dulu jaringa. Nah untuk menghindari down tersebut diperlukan pemerataan kecepatan internet agar user lain bisa menikmati internet dengan nyaman. Jadi pembatasan speed di 1Mbps mungkin jadi alternatif agar semua pengguna internet Indosat bisa tetap nyaman berinternet (tidak ada yang down di satu lokasi).

Kenapa pengguna Indosat semakin bertambah? Dugaan saya ini yang bertambah hanya pengguna internetnya saja. Ini kemungkinan disebabkan karena harga paket internet Indosat yang ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan operator lainnya. Ini juga kenapa saya berselancar internet menggunakan kartu Indosat, karena setelah saya membandingkan dengan operator lain, Indosat lah yang menawarkan harga paket internet paling murah dengan kuota melimpah, khususnya pada paket Freedom Combo.

Sebagai gambarannya, paket Freedom Combo paling murah adalah paket M dengan harga 60 ribu anda mendapatkan total kuota 12GB (2GB di jaringan 3G/4G dan 10GB di jaringan 4G). Paket yang paling besar kuotanya yaitu paket XXL dengan harga 199 ribu mendapatkan total kuota 82GB (12GB di jaringan 3G/ 4G dan 70 GB di jaringan 4G). Dan paket Freedom Combo Indosat ini sangat cocok bagi anda yang lokasinya sudah terjangkau jaringan 4g Indosat, yang belum jangan coba coba deh, mubazir nanti. Coba anda bandingkan saja sendiri paket Internet 4G Indosat dengan operator lain.

Jadi ini baru dugaan saya, kenapa internet Indosat lemot, mungkin karena semakin banyak pengguna, sedangkan infrastruktur jaringan Indosat sendiri tidak mengalami perbaikan atau peningkatan kualitas. Jadi konsumen yang dikorbankan dengan mengurangi kecepatan internet.

Berbicara masalah harga yang murah, sebenarnya tidak cuma Indosat saja yang memberikan harga murah untuk paket internetnya. Setahu saya ada juga XL yang memberikan kuota besar juga khusus kuota 4G, namun sayang sekali, di kota saya Balikpapan sinyal 4G XL belum masuk, jadi belum bisa menikmati paket murah XL. Semoga saja XL cepat melebarkan sayapnya menuju Balikpapan untuk menyediakan jaringan 4G nya di sini.

Okelah, untuk saat ini saya bisa memaklumi kenapa internet Indosat sangat lemot, internet menggunakan 4G serasa EDGE, tidak ada bedanya lah 4G atau EDGE, cuma penamaan saja. Yah, mungkin karena akhir tahun. Tapi saya tetap membatasi, kalau nanti sampai awal tahun atau bulan Januari 2017 internet Indosat tidak mengalami perubahan, masih tetap lemot, kemungkinan saya akan say goodbye buat Indosat Ooredoo, mungkin akan saya coba lagi menggunakan Smartfren yang dulu sempet menemani saya berselancar internet waktu EVDO Rev B masih berjaya. Ingat Indosat!!! Cuma sampai Januari saja saya bisa bertahan dengan kelemotanmu.

Update!!!

Per hari ini 29 Desember 2016, speed internet Indosat Ooredoo 4G di lokasi saya sudah mulai membaik, sudah tidak dilimit lagi di 1Mbps. Walau masih jauh dari biasanya atau masih jauh dari expektasi speed 4G, setidaknya kutukan 1Mbps sudah tidak terjadi lagi, untuk sementara ini.

Speed Internet Indosat Mulai Membaik

Speed Internet Indosat 4G

Speed Internet Indosat Mulai Membaik Lagi

Speed Internet Indosat 4G Normal

Namun… ada namun nya nih, saya punya 3 nomor Indosat, lokasi sama, nomor beda (jelas), paket beda, speed yang didapat beda. Dugaan saya ini sudah diatur dari pusat Indosat. Khusus nomor ini dikasih speed segini, atau khusus paket ini dikasih speed segini, sepertinya begitu. Sekarang semboyan “Lokasi menentukan prestasi” sudah tidak berlaku lagi. Lokasi yang sama di titik yang sama pun speed internet bisa beda? Semuanya sudah dikendalikan dari pusat sana.

Ya mudah mudahan ke depannya bisa meningkat lagi. Akan saya update lagi jika terjadi gangguan/ lemot lagi.

Saran buat yang masih mengalami gangguan, masih dibatasi di 1Mbps, terus hubungi pihak Indosat melalui telepon, email, atau sosial media mereka, terus dipush, siapa tahu mereka sampei bosan mendengar keluhan anda terus nomor anda diupgrade speednya. Itu kalau dugaan saya benar bahwa speed tiap tiap nomor atau tiap paket Indosat bisa dikendalikan loh ya. Yang jelas terus saja dipush pihak Indosat nya, OKE.

Artikel Bermanfaat Lainnya...

Silahkan Berkomentar

30 Responses to “Internet Indosat Lemot Speed Dibatasi 1Mbps Gangguan atau Pemeliharaan Jaringan?”
  1. Fiex
  2. Mutiara joseph
  3. Ika
  4. keiss
  5. Dorry

Leave a Reply