Review Xiaomi Mi 4i Spesifikasi, Kelebihan, dan Kekurangan

Di artikel kali ini saya akan mencoba mereview sedikit tentang smartphone baru keluaran brand Tiongkok yang saat ini sedang naik daun, Xiaomi, yaitu smartphone Xiaomi Mi 4i. Walaupun bisa dikatakan sudah sangat terlambat untuk mereview, mengingat Mi 4i sudah dijual secara resmi di Indonesia pada Mei 2015 lalu, tapi tak apalah mumpung saya sempat megang sendiri Mi 4i ini. Waktu itu sempat mau beli nih smartphone, tapi waktu itu ada kebutuhan lain yang lebih perlu daripada membeli ponsel Mi 4i, maka baru bulan Agustus 2015 ini bisa mendapatkan Xiaomi Mi 4i.

Review Xiaomi Mi 4i

Oke, itu sedikit curhat dari saya yang “memalukan” 😀 . Oh ya, penjualan ponsel Xiaomi Mi 4i ini bisa anda dapatkan secara online langsung dari website resmi Mi.com/id atau di toko online yang sudah populer seperti Blanja.com, Lazada.co.id, Elevenia.co.id dan beberapa toko online terpercaya lainnya. Untuk offline mungkin ada beberapa konter HP yang sudah menyediakan Mi 4i ini, namun mungkin harga nya berbeda dengan pembelian online.

Sedangkan untuk garansi Xiaomi Mi 4i ini ada dua, garansi TAM/ Erajaya dan garansi Trikomsel. Jika anda beli Mi 4i langsung dari website mi.com maka anda akan mendapatkan garansi TAM/ Erajaya. Sedangkan jika anda beli Mi 4i dari toko online seperti Lazada.co.id dan Blanja.com biasanya akan mendapatkan garansi Trikomsel. Dua garansi ini sebenarnya pada dasarnya sama saja. Untuk anda yang pembelian Mi 4i nya ini tidak ada kartu garansi di dalamnya, jika suatu saat ada kerusakan pada Mi 4i anda, anda masih bisa klaim garansi di Service Center Xiaomi dengan menunjukkan stiker IMEI yang ada di belakang ponsel. Jadi usahakan stiker di belakang ponsel jangan sampai hilang atau rusak. Mungkin lebih baik stiker yang di belakang ponsel itu lepas saja dan masukkan ke dalam box.

Mulai dari unboxing Mi 4i, dalam paket penjualan Mi 4i ini sama seperti pada smartphone smartphone terdahulunya, Redmi 1S, Redmi Note, Redmi 2, dan lainnya. Karena ponsel Xiaomi ini tergolong ponsel murah, maka dalam pembelian (isi box) Mi 4i ini hanya disediakan 1 buah handset Mi 4i, satu buah charger, satu buah kabel USB, simcard try (pembuka simcard), buku petunjuk dan garansi. Seperti biasa tidak ada headset dalam box nya karena Xiaomi sendiri menyediakan headset terpisah untuk dibeli sendiri (Mi Piston).

Unboxing Xiaomi Mi 4i

Jika dilihat dari namanya, Xiaomi Mi 4i ini adalah versi irit dari Xiaomi Mi 4, tambahan huruf “i” ini bisa berarti “irit” hahaha, becanda 😀 . Tapi memang dilihat dari harga dan spek nya, Xiaomi Mi 4i masih di bawah Mi 4. Xiaomi Mi 4i dijual dengan harga 2,79 jutaan sedangkan Mi 4 sendiri dibendrol dengan harga 4 jutaan ke atas, hampir dua kalinya. Okelah, tapi kita tidak membahas tentang Xiaomi Mi 4, melainkan Xiaomi Mi 4i.

Untuk spesifikasi Xiaomi Mi 4i secara keseluruhan ini termasuk spek gahar dengan harga 2,7 jutaan. Dengan spesifikasi yang mumpuni dan harga yang cukup murah itu tak heran banyak yang kepincut ingin membeli Mi 4i ini.

Dilihat dari segi prosesornya, Mi 4i ini didukung oleh prosesor octa core 64bit Snapdragon, dengan rincian spek CPU quad core 1.7 GHz Cortex-A53 dan quad core 1.0 GHz Cortex-A53 Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 dengan menggunakan GPU Adreno 405. Dengan spek prosesor yang cukup gahar ini sangat cocok bagi para gamer untuk membeli smartphone ini.

Dari sisi penyimpanan, Xiaomi Mi 4i ini memiliki kekurangan yaitu tidak disediakannya slot external memory (Micro SD). Namun demikian, untuk masalah penyimpanan Mi 4i sudah disediakan kapasitas internal memory sebesar 16GB. Dari kapasitas sebesar 16GB ini hanya menyisakan sekitar 10GB yang bisa digunakan, sisanya dipakai untuk sistem. Cukup besar untuk pengguna biasa, namun terasa kurang bagi penggemar game game HD. Salah satu alternatif untuk menggantikan Micro SD ini dengan memasang eksternal flashdisk karena Mi 4i sudah support USB OTG. Sedangkan dari sisi RAM Mi 4i didukung dengan kapasitas RAM 2GB.

Dari sisi jaringan, seperti pada ponsel Xiaomi pada umumnya, Mi 4i juga menyediakan dua slot sim card (micro sim card). Slot sim card berada di samping kiri, bisa dibuka menggunakan simcard try yang sudah disediakan dalam paket pembelian. Jaringan yang dipakai sudah mendukung 4G LTE. Namun untuk koneksi internet hanya bisa digunakan bergantian, pilih antara slot satu atau slot dua, tidak bisa internetan bersamaan.

Layar Xiaomi Mi 4i memiliki bentang selebar 5 inci, sangat jernih dilihat karena beresolusi full HD 1080 x 1920 pixels dengan kerapatan pixel sampai 441 ppi. Layar IPS LCD capacitive touchscreen ini sudah dilindungi dengan Corning scratch resistant glass atau kaca layar dengan Corning OGS fully Laminated. Teknologi terbaru pelindung LCD ini sama seperti pada Gorilla Glass. Yang jelas layarnya anti gores walau tanpa pelindung tambahan sekalipun. Tapi biasanya untuk berjaga jaga lebih baik anda lapisi lagi dengan anti gores atau tempared glass. Layar Mi 4i mendukung multi touch hingga 10 titik sentuhan.

Sebagai salah satu smartphone terbaru keluaran Xiaomi, tentunya banyak fitur baru yang disematkan pada Mi 4i ini, termasuk sistem operasi yang dipakai. Mi 4i sudah menggunakan OS Android Lollipop 5.0, versi android terbaru saat ini, dan juga sudah menggunakan MIUI 6.

Spesifikasi Xiaomi Mi 4i

Fitur istimewa yang dimasukkan dalam Mi 4i lainnya yaitu dari sisi kamera nya. Mi 4i sudah dibekali kamera belakang dengan fitur stacked CMOS sensor 13MP generasi kedua dari Sony. Dengan dukungan lampu flash two tone yang mampu menghasilkan hasil jepretan foto yang lebih jelas walau dalam kondisi gelap sekalipun. Bagi anda yang suka foto selfie, Mi 4i sudah dibekali dengan kamera depan 5MP dengan wide angle hingga 80 derajat. Beberapa fitur terbaru juga sudah disematkan pada kamera Mi 4i ini, salah satunya adalah fitur face detection yang mampu mengenali jenis kelamin dan juga umur objek foto.

Untuk letak speaker Mi 4i ini berada di belakang bawah. Suara yang dihasilkan menurut saya lebih jernih dan cukup nyaring daripada ponsel ponsel Xiaomi pendahulunya.

Dengan spesifikasi yang cukup mumpuni dari segi hardware tersebut, Xiaomi Mi 4i didukung dengan baterai Lithium ion dengan teknologi Polymer Cell dengan kapasitas 3120 mAh. Charger yang disediakan sendiri adalah charger 2A yang notabene mampu melakukan pengisian lebih cepat. Baterai pada Mi 4i tidak removable, artinya anda tidak bisa sembarangan membongkar pasang baterai tanpa peralatan khusus. Karena desain Mi 4i sendiri adalah unibody di mana tidak bisa bongkar pasang sembarangan kecuali ahlinya (Service Center).

Untuk pengujian menggunakan Antutu Benchmark, Xiaomi Mi 4i mendapatkan skor 40 ribuan (40228) pada mode Performance. Untuk hasil uji maksimal sebaiknya ponsel dalam keadaan fresh (restart), tidak panas, dan pada mode Performance.

Hasil Antutu Benchmark Xiaomi Mi 4i

Mungkin itu sedikit review poin poin penting saja dari ponsel Xiaomi Mi 4i. Dari review di atas bisa diambil kesimpulan kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 4i.

Kelebihan Mi 4i

  • Desain elegan, tipis, dan cukup ringan
  • Sudah menggunakan versi Android terbaru Lollipop
  • Kamera dengan sensor Sony
  • Prosesor octa core 64bit
  • Kapasitas baterai besar
  • Mendukung jaringan 4G
  • Support USB OTG
  • Layar dilapisi Corning OGS sehingga tahan goresan
  • Harga bersahabat

Kekurangan Mi 4i

  • Tanpa slot Micro SD

Itulah review singkat dari saya mengenai smartphone Xiaomi Mi 4i. Mulai dari spesifikasi hingga kelebihan dan kekurangan Mi 4i sudah saya ulas menurut pendapat saya pribadi. Bagi anda yang ingin membeli Xiaomi Mi 4i mudah mudahan informasi di atas bisa sedikit mencerahkan anda tentang Mi 4i yang akan anda beli nantinya.

Tags: Cara Membeli Mi 4i Fitur Baru Xiaomi Mi 4i Garansi Xiaomi Mi 4i Harga Xiaomi Mi 4i Kamera Xiaomi Mi 4i Kekurangan Xiaomi Mi 4i Kelebihan Xiaomi Mi 4i Skor Antutu Benchmark Xiaomi Mi 4i Spesifikasi Xiaomi Mi 4i Toko Yang Jual Mi 4i Xiaomi Mi 4i Tidak Ada Kartu Garansi

Share artikel ini jika bermanfaat...

Artikel bermanfaat lainnya...

Related Post "Review Xiaomi Mi 4i Spesifikasi, Kelebihan, dan Kekurangan"

  1. author

    Budi Lesma1 year agoReply

    LTE nya masih terbatas, katanya sih cuma dukung XL doank 🙁

  2. Review Singkat Xiaomi Redmi Note 2 Helio X10 Garansi Distributor1 year agoReply

    […] ada 2 minggu pegang smartphone Xiaomi Mi 4i, eh kini sudah tersebar lagi kabar munculnya smartphone baru Xiaomi yang lain yaitu Xiaomi Redmi […]

  3. Cara Install/ Update ROM MIUI 7 Pada Xiaomi Redmi Note 21 year agoReply

    […] Juga bukan sebatas untuk device Xiaomi Redmi Note 2 saja, smartphone Xiaomi yang lain pun seperti Xiaomi Mi 4i juga bisa menggunakan tutorial berikut untuk mengupdate ROM atau menginstall MIUI […]

  4. Cara Mengatasi Redmi Note 2 Bootloop, Hardbrick, Softbrick1 year agoReply

    […] ponsel Xiaomi Redmi Note 2 atau ponsel Xiaomi lain (Redmi 1S, Redmi 2, Redmi Note, Redmi Note 2, Mi4i, dan Xiaomi lainnya), yang terkena bootloop, hardbrick, softbrick, atau apalah namanya, yang tidak […]

  5. Cara Mudah Update MIUI 7 Stable Global Xiaomi Mi 4i1 year agoReply

    […] ke tampilan MIUI 7 silahkan anda lakukan pengaturan yang diperlukan, seperti saat anda beli baru Xiaomi Mi 4i. Untuk MIUI 7 ini biasanya ada 5 theme gratis yang bisa anda […]

  6. Tukar Kartu Lama Indosat Dengan Kartu 4G Dapat Bonus Kuota 10GB1 year agoReply

    […] mendukung 4G. Baik modem maupun ponsel pastikan sudah mendukung 4G/ LTE. Untungnya HP saya sendiri Mi 4i sudah mendukung jaringan 4G Indosat, jadi tinggal tukar kartu saja. Jika anda menggunakan modem […]

  7. Cara Backup Restore Data Aplikasi Ponsel Xiaomi (All Xiaomi)7 months agoReply

    […] Bisa dilakukan pada ponsel Xiaomi jenis apapun, mau Xiaomi Redmi 1s, Redmi Note, Redmi Note 2, Xiaomi Mi 4i, Xiaomi Redmi 3, dan ponsel Xiaomi yang lain. Tapi yang jelas backup dan restore ini bisa dilakukan […]

  8. Mencoba Install ROM MIUI 8 Global Pada Xiaomi Redmi 34 months agoReply

    […] MIUI 8 Global ini di antaranya Redmi 1S, Redmi 2, Redmi 2 Prime, Mi 3, Mi 4, Redmi Note 3 Qualcomm, Mi 4i, Redmi Note 2, Redmi Note 4G, Redmi Note Prime, Mi Max 32GB, Mi 2/2S, Mi 5, Mi Note, Redmi 3. Dan […]

  9. Review Xiaomi Redmi Pro Dua Kamera Belakang Kelebihan dan Kekurangan3 months agoReply

    […] Layar Redmi Pro ini terlihat sangat jernih dan terang. Bahkan jika dibandingkan dengan layar Xiaomi Mi4i masih lebih jernih Redmi Pro. Sedangkan bentang layarnya sama dengan seri Note Xiaomi yaitu 5,5 […]

  10. ROM Distributor Xiaomi Kelebihan dan Kekurangannya Serta Cara Mengetahuinya3 days agoReply

    […] dengan, misal pada ponsel Xiaomi Mi4i, kalau Mi4i di sana sudah ada ROM […]

Komentar di "Review Xiaomi Mi 4i Spesifikasi, Kelebihan, dan Kekurangan" Baca dan pahami artikelnya baru kalau ada yang kurang jelas ditanyakan