Cara Install/ Update ROM MIUI 7 Pada Xiaomi Redmi Note 2

Berlanjut ke pembahasan tentang Xiaomi Redmi Note 2 Helio X10, kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara install ROM MIUI 7 pada Redmi Note 2. Pada initinya, tutorial kali ini tidak cuma sebatas install MIUI 7 saja, ROM MIUI 6 stable terbaru pun juga bisa dilakukan dengan cara yang akan saya berikan berikut. Juga bukan sebatas untuk device Xiaomi Redmi Note 2 saja, smartphone Xiaomi yang lain pun seperti Xiaomi Mi 4i juga bisa menggunakan tutorial berikut untuk mengupdate ROM atau menginstall MIUI 7.

Tampilan MIUI 7 Xiaomi Redmi Note 2

Seperti yang saya katakan sebelumnya, jika anda membeli smartphone Xiaomi Redmi Note 2 Helio X10 garansi distributor, maka ROM yang digunakan merupakan ROM abal abal (custom ROM) yang dapatnya entah darimana, hanya pihak distributor yang tahu. Untuk itu sangat disarankan anda untuk mengganti/ flashing ulang ROM bawaan Redmi Note 2 dengan ROM versi stable atau versi developer resmi dari MIUI. Jika anda ingin mencoba ROM stable maka anda hanya bisa menikmati sebatas MIUI 6, namun jika anda ingin merasakan MIUI 7 maka disarankan anda menggunakan ROM versi developer.

Tutorial update/ install ROM MIUI sebenarnya ada beberapa cara, ada yang lewat Mi Recovery (recovery bawaan Xiaomi), ada yang lewat custom recovery TWRP, ada yg lewat Mi Flash, dan lain lain. Namun, di antara banyaknya cara tersebut yang menurut saya paling mudah dan basic sekali adalah update/ install ROM lewat Mi Recovery. Cara paling mudah karena tanpa perlu root, tanpa perlu pasang custom recovery TWRP, bahkan tanpa PC sekalipun. Namun kasusnya kali ini adalah, Mi Recovery hanya bisa dipakai untuk update ROM MIUI saja, misal update ke versi terbaru atau update dari MIUI 6 ke MIUI 7. Sedangkan untuk ganti ROM selain MIUI (misal custom ROM) belum bisa menggunakan Mi Recovery, jadi harus pakai custom recovery seperti TWRP.

Tutorial berikut adalah install MIUI 7 pada Xiaomi Redmi Note 2 menggunakan Mi Recovery atau langsung lewat update.zip. Tidak perlu root root-an untuk flashing/ update ROM, langsung saja. Oh ya, sebelumnya diharapkan untuk backup dulu aplikasi aplikasi penting di ponsel mana tahu nanti setelah install ROM baru aplikasinya hilang semua. Cara backup ponsel Xiaomi ini sama semua, lihat link ini >> https://teknikit.com/2015/11/cara-mudah-update-miui-7-stable-global-xiaomi-mi-4i.html

1. Silahkan anda download dahulu ROM terbaru Redmi Note 2 pada link berikut >> http://en.miui.com/download-274.html. Atau langsung download dari link yang sudah saya kasih di bawah ini.

Download ROM Xiaomi Redmi Note 2

Update!!! MIUI 7 Stable Global dengan Bahasa Indonesia untuk Xiaomi Redmi Note 2 sudah tersedia. Download lewat link berikut

Download MIUI 7 Stable Global (Ada Bahasa Indonesia dan Gapps) >> http://bigota.d.miui.com/V7.1.3.0.LHMMICK/miui_HMNote2Global_V7.1.3.0.LHMMICK_8f1ce11602_5.0.zip

Tips Download:

– Bagi yang kesulitan download link ROM melalui web MIUI di atas, itu url link download kan http://bigota.d.miui.com/bla bla bla, nah pada bigota tambahin depannya o jadi obigota jadinya http://obigota.d.miui.com/bla bla bla, pokoknya kalau url downloadnya bigota ganti saja jadi obigota.

– Download ROM ukuran besar butuh koneksi internet yang stabil, dan kalau bisa jangan lewat browser bawaan atau browser UC, biasanya sering corrupt. Bisa coba pakai browser Chrome atau kalau ada PC malah lebih bagus lagi download lewat PC.

2. Setelah download selesai, simpan ROM tersebut di internal memory (phone storage) dan ubah namanya menjadi update.zip

Install MIUI 7 Redmi Note 2

3. Sekarang kita masuk ke recovery mode. Caranya, masuk ke Tools >> Updater >> klik kanan atas (options) >> Reboot to Recovery mode. Setelah ini ponsel akan mati dan masuk ke recovery mode.

Cara Masuk Recovery Mode Xiaomi Redmi Note 2

4. Setelah masuk recovery mode touch screen kali ini tidak berfungi, untuk kontrol gunakan tombol volume up dan down untuk menggeser pilihan ke atas atau ke bawah, dan tombol power untuk masuk (memilih). Pilih dulu bahasa English kemudian pilih Wipe & Reset.

Menu Recovery Redmi Note 2

5. Yang di-wipe adalah Wipe Cache dan Wipe User Data. Jangan pilih Wipe All Data, nanti data akan terhapus semua termasuk file update.zip tadi malah hilang.

Wipe Cache Xiaomi Redmi Note 2

Wipe User Data Xiaomi Redmi Note 2

6. Setelah wipe berhasil, sekarang kembali ke menu utama, pilih Install update.zip to System >> YES maka proses install update MIUI 7 akan berlangsung.

Install MIUI 7 Xiaomi Redmi Note 2

7. Tunggu sampai proses install MIUI 7 selesai, biasanya saat sampai di proses 99% maka akan berlangsung lebih lama mentok di 99%, ini normal jadi tunggu saja sampai proses update komplit.

Update MIUI 7 Redmi Note 2 Sukses

8. Setelah proses update komplit, pilih Reboot >> Reboot to system, maka ponsel akan melakukan restart. Tunggu sampai ponsel restart dan muncul logo MI, biasanya agak lama dari pada restart biasa karena ini adalah update sistem. Setelah ponsel nyala sekarang anda bisa menikmati tampilan baru Xiaomi Redmi Note 2 yang sudah menggunakan MIUI 7. Untuk deafult theme MIUI 7 ini disediakan 5 theme gratis yang bisa anda pilih.

Selamat Datang di MIUI 7

Selesai! Kini Xiaomi Redmi Note 2 anda sudah diupdate ke ROM terbaru MIUI 7. Silahkan anda nikmati fitur yang ada di dalamnya. Jika dirasa mungkin banyak bug atau kurang puas, anda bisa menggantinya dengan ROM Stable, tergantung selera juga sih. Dan sekali lagi, tutorial ini juga bisa dipakai untuk install MIUI 6 versi terbaru, tinggal download ROM nya di website resmi MIUI dan install ROM menggunakan cara di atas. Juga install MIUI 7 di atas juga bisa dipraktekkan untuk device Xiaomi yang lain. Selamat mencoba!

Default ROM MIUI China version biasanya tidak ada Google Apps (Gapps) dan tidak ada Bahasa Indonesia di dalamnya. Bagi anda yang ingin install Google Apps bisa ikuti tutorial link berikut >> https://teknikit.com/2015/09/cara-install-google-playstore-xiaomi-redmi-note-2.html

Catatan: Bagi yang masih gagal update karena signature failed, biasanya Redmi Note 2 anda sudah root sebelumnya. Pengalamaan kalau sudah root biasanya tidak bisa update lewat Mi Recovery, meskipun sudah diunroot tetap tidak bisa update lewat Mi Recovery. Cara lainnya bisa update/ flash ROM lewat custom recovery TWRP, atau mungkin update lewat fastboot mode.

Update!!

Jadi prosesnya begini, jika anda gagal update ROM MIUI 7 lewat Mi Recovery (mungkin ponsel anda sudah diroot), alternatif selanjutnya adalah flash lewat TWRP. Jika flash lewat TWRP masih juga gagal, alternatif terakhir berarti clean install ROM baru, entah itu mau clean install MIUI 6 atau MIUI 7. Yang pasti jika anda sudah melakukan clean install biasanya akan mudah update ROM lewat Mi Recovery. Tetap, syarat untuk bisa update lewat Mi Recovery ponsel anda belum pernah diroot sama sekali.

Untuk clean install bisa lewat FASTBOOT >> https://teknikit.com/2015/09/cara-mengatasi-redmi-note-2-bootloop-hardbrick-softbrick.html atau lewat SP FLASH TOOL >> https://teknikit.com/2015/10/flashing-ulang-xiaomi-redmi-note-2-menggunakan-sp-flash-tool.html. Pastikan sebelum clean install anda backup dulu data data penting.

Artikel Bermanfaat Lainnya...

Silahkan Berkomentar

149 Responses to “Cara Install/ Update ROM MIUI 7 Pada Xiaomi Redmi Note 2”
  1. rifan
  2. wanda
  3. Rozi
    • Sigit sugiarto
  4. Andy
  5. M Wahyu CP
  6. Fahri
  7. heri jaya

Leave a Reply