3

Cara Root/ Unroot Xiaomi Redmi Note 2 Tanpa PC + Install TWRP

Kali ini saya akan membagikan tutorial masih seputar smartphone Xiaomi Redmi Note 2 yaitu tutorial root Xiaomi Redmi Note 2 tanpa PC. Ya, tutorial berikut ini sangat simpel alias mudah banget. Untuk melakukan root Redmi Note 2 sekarang tidak perlu ribet, cukup dengan bantuan custom recovery TWRP terbaru, anda bisa root Redmi Note 2 tanpa bantuan PC/ komputer. Berarti kalau mau root Redmi Note 2 maka secara otomatis anda harus install  terlebih dahulu custom recovery TWRP ke Redmi Note 2, karena tanpa custom recovery TWRP, Redmi Note 2 anda susah untuk di-root.

Oh ya, sebenarnya untuk root Xiaomi Redmi Note 2 ini ada dua cara. Yang pertama yaitu dengan install ROM MIUI 7 Beta. MIUI 7 ini karena masih versi developer maka disediakan secara otomatis akses ke root. Untuk bisa mengaktifkan akses root Redmi Note 2 MIUI 7 caranya sebagai berikut.

1. Masuk ke Security >> Permissions >> klik lambang gear kanan atas >> aktifkan (enable) Permission Manager.

Root Redmi Note 2 MIUI 7

Cara Root Redmi Note 2 MIUI 7

2. Kemudian anda install aplikasi yang memerlukan akses root misal Titanium Backup, Flashify, Root Explorer, atau yang lain.

3. Setelah install buka aplikasi tersebut, aplikasi tidak bisa dibuka karena memerlukan akses root.

4. Untuk mengijinkan aplikasi tersebut maka masuk lagi ke Security >> Permissions >> Root Access >> centang (enable) aplikasi yang memerlukan akses root tadi.

Mengaktifkan Root Redmi Note 2 MIUI 7

5. Buka lagi aplikasi yang memerlukan akses root tadi. Tinggal klik next next allow accept terus sampai aplikasi terbuka.

Nah, itu kalau kita menggunakan MIUI 7 pada Redmi Note 2 maka sudah disediakan akses root tanpa harus install aplikasi tambahan buat root.

Update!! MIUI 7 sudah rilis versi stable per 27 Oktober 2015. Jadi untuk root MIUI 7 Stable versioan pada Redmi Note 2 gunakan tutorial di bawah ini, sama kayak root MIUI 6.

Lalu, bagaimana untuk pengguna MIUI 6 Redmi Note 2? Untuk pengguna MIUI 6 karena belum disediakan akses root seperti MIUI 7 maka anda harus menginstall aplikasi tambahan SuperSU untuk mendapatkan akses root Redmi Note 2 anda. Namun seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, anda juga harus install custom recovery TWRP terlebih dahulu.

Berikut adalah tutorial lengkap cara root Xiaomi Redmi Note 2 sekaligus install TWRP tanpa menggunakan PC/ komputer alias langsung dari ponsel.

1. Download custom recovery TWRP 2.8.7 Redmi Note 2 >> http://d-h.st/aRPX

2. Taruh file tersebut di Internal Memory ponsel, INGAT, di internal loh bukan di SD Card, kemudian rename menjadi update.zip

Cara Install TWRP Redmi Note 2

3. Masuk ke recovery mode, caranya masuk ke Tools >> Updater >> klik options (kanan atas) >> Reboot to Recovery mode. Atau bisa juga dalam keadaan ponsel mati, tekan tombol volume atas + tombol power secara bersamaan, tunggu sampai ponsel bergetar dan hidup, baru lepaskan kedua tombol.

Masuk Recovery Mode Xiaomi Redmi Note 2 MIUI 6

4. Setelah masuk ke recovery mode (Mi Recovery). Untuk pengoperasian, tombol volume atas/ volume bawah untuk menggeser pilihan ke atas atau ke bawah, sedangkan tombol power untuk masuk/ memilih. Pilih bahasa Inggris >> Install update.zip to System >> YES. Maka proses install akan berlangsung, tunggu saja sebentar saja kok prosesnya.

Cara Root Redmi Note 2

5. Jika proses komplit pilih Back >> Power Off

Install Recovery TWRP Redmi Note 2 Sukses

6. Setelah ponsel mati, kembali masuk ke recovery mode, caranya sama kayak di atas, tekan tombol volume atas + tombol power secara bersamaan sampai ponsel bergetar dan nyala, baru kemudian lepaskan kedua tombol. Setelah ini anda akan masuk ke recovery TWRP, menunya lebih lengkap daripada Mi Recovery. Di sini pengoperasiannya sudah bisa pakai touch screen.

7. Pada saat masuk pertama kali akan muncul peringatan seperti pada gambar berikut, swipe saja ke kanan untuk menyetujui, maka anda akan masuk ke menu TWRP.

Masuk TWRP Redmi Note 2

8. Pilih Reboot >> System, akan muncul perintah root device, swipe ke kanan untuk menginstall SuperSU dan root ponsel Redmi Note 2 anda. Setelah ini ponsel akan restart.

Cara Root Xiaomi Redmi Note 2

9. Setelah hidup kembali maka ponsel anda akan terinstall aplikasi SuperSU, berarti Redmi Note 2 anda sudah root. Untuk membuktikannya bisa anda install aplikasi CPU-Z atau bisa juga install aplikasi yang memerlukan akses root.

Demikianlah cara paling mudah root ponsel Xiaomi Redmi Note 2 tanpa PC. Untuk cara unroot Redmi Note 2 sendiri juga mudah, tinggal masuk ke aplikasi SuperSU >> scroll ke bawah >> Full unroot >> CONTINUE. Restart ponsel Redmi Note anda, maka setelah hidup otomatis aplikasi SuperSU akan terhapus dan ponsel Redmi Note 2 anda sudah unroot.

Cara Full Unroot Redmi Note 2

Itu adalah cara unroot untuk Xiaomi Redmi Note 2 yang menggunakan MIUI 6. Sedangkan untuk pengguna MIUI 7, anda tidak bisa unroot ponsel dikarenakan memang fasilitas root access sudah disediakan dari sananya.

Klik salah satu tombol share di atas/di samping, jika ingin berkomentar scroll ke paling bawah

Artikel bermanfaat lainnya...

Klik Untuk Berkomentar

26 Komentar

  1. Olivia May 1, 2016
  2. elwin May 2, 2016
  3. ismail ciuter June 24, 2016
  4. Afif._muayis July 26, 2016
  5. eko August 8, 2016
  6. dimasradifan August 17, 2016
  7. Jhoe October 22, 2016
  8. ahmad December 11, 2016
  9. ihsan December 17, 2016

Tinggalkan Komentar Anda