1

Cara Memasang Anti Gores Ponsel Rapi Tanpa Gelembung

Anti gores atau sering disebut juga screen protector/ screen guard sangat berguna sekali untuk ponsel atau smartphone untuk melindungi layar ponsel dari goresan baik dari benda tajam atau benda yang lunak sekalipun. Iya, benda yang tidak tajam pun bisa membikin goresan di layar ponsel jika anda tidak hati hati. Misal saja ketika anda memasukkan ponsel di dalam celana jeans, jika ponsel anda tanpa anti gores maka kemungkinan kain berbahan jeans akan menggores permukaan layar ponsel. Untuk itu, peran anti gores di sini sangatlah penting, apalagi jika harga ponsel anda cukup mahal, sayang kan ponsel mahal masih baru tapi layarnya sudah penuh goresan.

Sebenarnya untuk beberapa ponsel atau smartphone keluaran terbaru ada yang sudah menggunakan pelindung layar yang tanpa anti gorespun masih bisa melindungi layar ponsel, sebut saja ada Corning Gorilla Glass dan Dragon Trail. Kedua pelindung tersebut yang saat ini sudah sangat populer dan banyak digunakan oleh kebanyakan smartphone High End. Beberapa smartphone seperti keluaran Xiaomi maupun Lenovo sebagian besar sudah menggunakan pelindung layar Corning Gorilla Glass sehingga tanpa anti gores pun sebenarnya anda masih bisa tenang kalau kalau ponsel anda tergores sesuatu.

Tapi yang namanya barang berharga (smartphone), lebih baik mencegah daripada mengobati. Meskipun ponsel anda sudah menggunakan Corning Gorilla Glass sekalipun, alangkah lebih baik jika anda juga memasang anti gores/ screen guard pada ponsel.

Jika anda membeli anti gores dengan cara datang langsung ke counter HP, lebih baik anda minta penjual untuk sekalian memasangnya, daripada anda pasang sendiri tapi hasilnya malah jelek, lebih baik anda serahkan ke yang lebih berpengalaman saja. Tapi jika anda sudah terbiasa memasang anti gores sendiri ya boleh boleh saja anda pasang di rumah tanpa meminta bantuan dari si penjual.

Itu jika kasusnya anda membeli anti gores langsung dari counter HP, bisa meminta si penjual untuk memasangkan. Namun jika anda beli anti gores tersebut secara online? Mau tidak mau kan anda harus memasangnya sendiri. Nah, kebanyakan orang yang belum pernah memasang anti gores ponsel pasti mengalami kesulitan saat mencoba memasang sendiri. Masalah utama memasang anti gores sendiri biasanya muncul gelembung pada anti gores sehingga sangat tidak enak dipandang. Gelembung udara pada anti gores biasanya muncul karena ada kotoran yang menempel di antara layar ponsel dengan anti gores. Untuk menghindarinya pastikan sebelum memasang anti gores, layar HP harus sudah dalam keadaan bersih.

Nah berikut ini akan saya paparkan tips cara memasang anti gores dengan hasil rapi tanpa gelembung sedikit pun.

1. Siapkan dulu bahan bahan untuk memasang anti gores HP yaitu ponsel yang akan dipasang anti gores, anti gores itu sendiri, isolasi transparan, lap atau kain bersih berbahan halus, dan minyak kayu putih.

Alat Untuk Memasang Anti Gores HP

2. Dalam contoh ini saya menggunakan isolasi besar, harusnya isolasinya yang kecil saja, tapi waktu itu saya cuma punya isolasi besar, jadi no problem lah. Nah, untuk kain untuk mengelap gunakan yang bersih dan dari bahan yang halus. Biasanya kain lap ini sudah disediakan di dalam anti gores. Trus minyak kayu putih di sini berguna untuk menghilangkan minyak yang menempel di layar HP. Minyak kayu putih ini cuma bahan tambahan saja, tanpa minyak kayu putih pun tak apa, yang penting layar bersih bebas debu bebas minyak.

3. Basahi kain dengan minyak kayu putih sedikit saja, kemudian usapkan pada layar ponsel, sampai bener bener bersih tidak ada debu sedikitpun. Kalau bisa, memasang anti gores di dalam kamar yang tidak berdebu.

4. Lap lagi menggunakan kain yang tidak basah untuk mengeringkan layar ponsel. Periksa lagi dan pastikan tidak ada debu, air atau minyak yang menempel pada layar ponsel.

5. Ambil anti gores. Anti gores ini kan biasanya dilapisi oleh 2 lapisan plastik pelindung. Lepaskan pelindung pertama yang bertuliskan “Please peel of this mask before application”. Pokoknya intinya yang bertuliskan “Before application”.

Pelindung Anti Gores Ponsel

6. Setelah lepas lapisannya langsung tempelkan ke layar ponsel. Usahakan nempelkannya yang pas dan presisi antara sudut atas bawah, sudut samping kanan kiri biar terlihat rapi.

7. Saat anda berusaha memasang anti gores supaya rapi, pastikan lagi tidak ada debu yang menempel.

8. Setelah rata kanan kiri atas bawah, tempelkan dengan rata anti gores ke layar.

9. Biasanya jika sudah menempel rata, pasti ada saja gelembung udara di dalamnya. Untuk menghilangkan gelembung gelembung tersebut sapu permukaan anti gores/ layar menggunkan alat yang yang rata misal saja kartu ATM. Atau bisa juga dengan jari, tekan tekan (pijit) gelembung udara dan arahkan ke samping hingga gelembung tersebut terdorong mengarah keluar. Jika sudah rata atau rapi, lepaskan pelindung plastik anti gores yang kedua yang bertuliskan “Please peel of this mask after application completed”.

Memasang Screen Guard Sendiri Pada Smartphone

10. Setelah lapisan kedua dilepas, biasanya masih ada saja debu yang menempel di dalam sehingga akan menimbulkan gelembung, dan gelembung yang diakibatkan debu ini tidak bisa didorong keluar. Nah begini caranya.

11. Untuk membersihkan/ mengangkat debu yang masuk dalam anti gores caranya dengan menggunakan isolasi bening tadi.

12. Siapkan dua potongan isolasi sedikit. Yang potongan pertama untuk mengangkat anti gores (melepas sebagian anti gores) sedangkan potongan kedua untuk mengangkat debu di layar.

13. Lepas (sedikit saja) anti gores hingga debu tadi keliatan menggunakan isolasi, caranya tempelkan isolasi di sudut anti gores kemudian angkat isolasi, maka anti gores pun akan ikut terangkat/ mengelupas.

14. Lepas sampai debu yang akan dibersihkan keliatan, kemudian menggunakan potongan isolasi yang kedua tempelkan isolasi ke debu tersebut sehingga debu akan menempel di isolasi. Tempelkan isolasi “pembuang debu” baik pada layar maupun pada anti gores, takutnya debu tersebut menempelnya bukan pada layarnya melainkan pada anti goresnya.

15. Setelah dirasa debu sudah hilang rekatkan kembali anti gores. Jika timbul gelembung ratakan kembali dengan mengarahkan gelembung ke sisi luar.

16. Begitu seterusnya perlakuan untuk membersihkan debu yang menempel di antara layar dan anti gores. Lakukan terus sampai debu benar benar hilang dan tidak ada gelembung lagi di layar ponsel.

Pemasangan Screen Guard Sukses

Demikian sedikit tips dari saya tentang cara memasang sendiri anti gores (screen protector) pada ponsel atau smartphone. Memang untuk memasang anti gores sendiri ini dibutuhkan ketelitian dan kesabaran. Jika anda berhasil memasang sendiri anti gores ini maka untuk selanjutnya jika anda membeli ponsel baru maka anda tidak perlu meminta bantuan ke penjual anti gores untuk memasangnya. Bahkan untuk sekarang ini saya lebih percaya pasang sendiri anti gores daripada minta dipasangkan anti gores oleh si penjual.

Klik salah satu tombol share di atas/di samping, jika ingin berkomentar scroll ke paling bawah

Artikel bermanfaat lainnya...

Klik Untuk Berkomentar

4 Komentar

  1. Julio Hangtuah March 27, 2015
  2. Rumah Murah June 10, 2015
  3. mrhands June 18, 2015
  4. Ivan Rizky October 15, 2015

Tinggalkan Komentar Anda