Cara Install TWRP Permanen Xiaomi Redmi Pro di ROM China Stable/ Developer Tanpa PC

Pada artikel sebelumnya saya sudah pernah membahas tentang cara install recovery TWRP pada Xiaomi Redmi Pro. Namun pada tutorial tersebut disebutkan bahwa install TWRP pada Redmi Pro itu harus sepaket dengan custom ROM, jadi kalau anda berniat ingin install TWRP di Redmi Pro maka anda juga harus menggunakan custom ROM, tidak bisa TWRP disandingkan dengan ROM official. Jadi TWRP + custom ROM = TWRP tetap terinstall, tapi kalau TWRP + official ROM = TWRP hilang. Waktu itu memang belum banyak forum yang membahas tentang tips trik Xiaomi Redmi Pro.

Install TWRP Permanen Redmi Pro ROM China Stable Developer

Namun beberapa hari ini saya penasaran dengan user Redmi Pro yang berhasil menginstall TWRP Redmi Pro pada ROM official, dalam kasus ini adalah ROM China Developer v7.1.20. Lhoh kok bisa? Padahal saya sudah coba beberapa kali install TWRP pada ROM China Dev, setelah reboot TWRP jadi hilang, kalaupun tidak hilang malah ponsel jadi bootloop. Sudah berapa kali saya install ulang ROM official Redmi Pro ini hanya untuk membuktikan bahwa TWRP bisa diinstall di ROM China Stable/ China Developer, namun tanpa hasil. Si user tersebut juga saya yakin tidak tahu kunci suksesnya untuk bisa install TWRP pada Redmi Pro di ROM official.

Ternyata setelah saya selidiki dari hasil trial error install ulang ROM Redmi Pro, kuncinya agar TWRP bisa terinstall permanen pada ROM China Stable/ China Developer Redmi Pro adalah terletak pada SuperSU. SuperSU ini ternyata bisa nge-lock TWRP agar terinstall secara permanen pada ROM China Stable/ China Developer Redmi Pro. Jadi intinya, setelah anda sukses install TWRP lanjut install ROM official, diakhiri install SuperSU, maka TWRP akan tetap terinstall setelah reboot. Jika anda install ROM official tanpa install SuperSU maka setelah ponsel reboot maka TWRP akan hilang, digantikan oleh recovery bawaan Xiaomi, yang lambang HP ada kabel data itu.

Jadi urutan install TWRP Redmi Pro pada ROM Official China Stable/ China Developer adalah sebagai berikut.

1. Install TWRP, masuk ke TWRP

2. Pertama kali install TWRP, internal memory tidak akan bisa terbaca oleh TWRP, maka solusinya anda harus memformat internal memory

3. Setelah format internal memory anda reboot lagi ke TWRP

4. Lanjut install ROM official China Stable/ China Developer (Recovery ROM)

5. Wipe dalvik/cache

6. Install SuperSU dan terakhir Reboot system

Perlu anda ketahui, setelah anda install ROM, harus Wipe dalvik/cache, kalau tidak maka ponsel Redmi Pro anda akan bootloop. Beberapa pengguna Xiaomi Redmi Pro yang mengalami bootloop setelah install ROM biasanya setelah selesai install ROM tidak di-Wipe dalvik/cache, langsung di-Reboot system, maka ini yang membuat Redmi Pro jadi bootloop.

Nah, untuk install TWRP pada Xiaomi Redmi Pro sendiri ada dua cara, bisa pakai PC/ komputer dan bisa tanpa PC. Bagi anda yang sudah punya PC/ komputer silahkan anda praktekkan tutorial install TWRP Redmi Pro pada artikel saya sebelumnya. Namun bagi anda yang tidak memiliki PC, atau mungkin tidak berhasil install TWRP Redmi Pro lewat PC, maka solusinya ya install TWRP langsung dari ponsel tanpa PC. Namun, proses install TWRP Redmi Pro tanpa PC ini agak sedikit ribet dan muter muter. Jadi saya sarankan kalau tidak ingin ribet ya installnya pakai PC saja.

Untuk cara install TWRP permanen Redmi Pro, install ROM official, root, install Google Playstore pada Redmi Pro, tanpa PC, sudah saya buatkan video secara lengkap. Silahkan tonton videonya sampai selesai karena saya sudah berusaha selengkap mungkin memberikan step by step cara install recovery TWRP pada Redmi Pro tanpa PC. Berikut adalah videonya.

Syarat:

– Redmi Pro anda sudah harus unlock bootloader

– Micro SD card

– Backup semua data dan aplikasi

Bahan bahan yang harus anda download:

– [Recovery ROM] Latest China Developer: http://en.miui.com/download-304.html

– [Recovery ROM] China Stable: http://en.miui.com/download-304.html

– Flashify
Download lewat Google Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cgollner.flashify&hl=en
Mirror link: https://www.apkmirror.com/apk/christian-gollner/flashify/

– TWRP Omega Redmi Pro: https://androidfilehost.com/?fid=24591000424957532

– SuperSU: http://www.supersu.com/download
Mirror link: https://drive.google.com/file/d/0B6u8ynybJKIiamFhazNKclphb1U/view

– Open Gapps (optional): https://opengapps.org/
Open Gapps untuk Redmi Pro pilih yang Platform Arm64, Android 6.0, dan Variant Pico or Nano

Anda bisa saja menginstall ROM Redmi Pro versi lain, mau yang versi Stable 8.0.6.0, mau yang versi Developer 7.1.20, atau versi yang lain. Tinggal download recovery ROM nya saja dan flash lewat TWRP, jangan lupa Wipe dalvik/cache dan install SuperSU.

Oke, itu adalah sedikit gambaran mengenai cara install TWRP permanen pada Redmi Pro ROM Stable China/ Developer China. Jadi anda yang juga sudah berulang kali mengalami gagal install TWRP, atau TWRP hilang setelah diinstall pada ROM China Stable/ China Developer, kuncinya ada pada SuperSU yang harus diinstall juga agar TWRP bisa nempel secara permanen. Silahkan anda praktekkan sendiri, dan semoga berhasil.

Artikel Bermanfaat Lainnya...

Silahkan Berkomentar

6 Responses to “Cara Install TWRP Permanen Xiaomi Redmi Pro di ROM China Stable/ Developer Tanpa PC”
  1. Imranbaines
  2. Rizma
  3. Dian
  4. ramdhani
  5. Erik
  6. Aden

Leave a Reply