Cara Unlock/ Relock Bootloader Android One Nexian Journey One

Sebelum kita melangkah lebih jauh untuk tutorial unlock bootloader pada Android One khususnya Nexian Journey One, mungkin terlebih dahulu anda harus mengetahui apa itu bootloader dan fungsinya. Secara gampangannya, bootloader pada ponsel Android ini semacam kode instruksi yang dijalankan pada saat kita menyalakan device. Tanpa bootloader tentunya anda tidak bisa memasuki sistem operasi device. Jika anda menyalakan ponsel Android dan tidak bisa masuk ke sistem operasinya alias stuck di logo Android, ini yang dinamakan bootloop, atau terjadi kesalahan pada bootloader.

Beberapa produsen smartphone Android ada yang sudah memberikan akses bootloader (unlocked bootloader) dan ada pula yang tidak memberikan akses bootloader (locked bootloader). Beberapa produsen yang mengunci bootloader ini dengan maksud agar pengguna tidak bisa root, ganti ROM, masuk ke sistem tidak bisa mengutak atik sistem, tidak bisa ngoprek ponsel, dan pada intinya agar garansi produk mereka tetap terjaga.

Sedangkan pada smartphone Android One yang menggunakan OS Android Lollipop ini, akses ke bootloader masih terkunci. Bagi anda yang suka ngoprek ponsel Android khususnya Android One ini, maka anda sebelumnya harus membuka kunci bootloader (unlock bootloader) terlebih dahulu. Dengan unlock bootloader ini ke depannya anda bisa root maupun ganti custom ROM untuk ponsel Android One anda.

Untuk tutorial unlock bootloader Android One ini, ada beberapa bahan yang harus dipersiapkan, di antaranya.

1. Ponsel Android One (Nexian Journey One, Evercross One X, Mito Impact A10)

2. PC/ komputer/ laptop, dengan OS Windows (Win Vista, Win 7, Win 8) baik 32bit maupun 64bit

3. Net Framework 4.5 >> http://www.microsoft.com/en-us/download/confirmation.aspx?id=42642

4. Android One Toolkit >> https://forum.xda-developers.com/crossdevice-dev/android-one-general/toolbox-android-one-toolkit-one-click-t3030165

Berikut ini adalah tutorial unlock bootloader Android One, dalam kasus ini saya contohkan pada Nexian Journey One. Tapi sebelumnya perlu anda ketahui bahwa, unlock bootloader ini sama saja melakukan factory reset. Jadi semua data di memory telepon akan hilang, termasuk aplikasi, foto, file file lain. Jadi pastikan tidak ada data penting di memory telepon, kalaupun ada mungkin anda bisa backup dahulu.

1. Download dan install Net Framework 4.5 dari link di atas. Jika komputer anda sebelumnya sudah terinstall Net Framework 4.5, lewati saja.

2. Download Android One Toolkit, di situ ada 2 link download, link file dan link update. Install dulu Andorid One Toolkit 1.2 (Android One toolkit Setup 1.2) kemudian install update nya (Android One Toolkit Update 1.2.1)

3. Buka ponsel Android One anda dan aktifkan Developer options. Caranya, masuk ke Settings >> About phone. Scroll ke bawah, tap beberapa kali pada Build Number sampai muncul peringatan You are now a developer!

Mengaktifkan Developer Options Android One

4. Sekarang kembali ke Settings, di menu bawah akan ada tambahan menu Developer options, masuk ke Developer options kemudian aktifkan USB debugging

Mengaktifkan USB Debugging Android One

5. Oke, USB Debugging Nexian Journey One sudah aktif, sekarang sambungkan ponsel Android One anda ke komputer menggunakan kabel USB, tunggu komputer sampai selesai install driver ponsel.

6. Jalankan Android One Toolkit (lewat shortcut desktop). Klik pada Install Driver.

Install Driver Android One Toolkit Install Driver Android One Sukses

7. Klik pada List Devices dan pastikan device anda terdeteksi oleh Android One Toolkit

List Devices Android One Toolkit

8. Setelah device terdeteksi kemudian klik pada Unlock

Unlock Bootloader Android One Nexian Journey One

9. Proses unlock bootloader akan berlangsung. Lihat pada ponsel anda, ponsel Android One anda akan masuk ke mode fastboot dan akan ada pilihan konfirmasi untuk unlock bootloader. Tekan volume up untuk mengkonfirmasi unlock bootloader.

Konfirmasi Unlock Bootloader Android One Nexian Journey One

10. Setelah ini ponsel anda akan melakukan restart, reset ulang (factory reset). Tunggu sampai ponsel hidup. Proses booting mungkin agak sedikit lama daripada restart biasa, jadi tunggu saja sampai ponsel hidup.

Unlock Bootloader Android One Nexian Journey One Sukses

11. Setelah hidup maka ponsel akan kembali ke pengaturan awal dan sudah selesai unlock bootloader nya. Setelah ini anda bisa root, install custom ROM, maupun modifikasi ponsel Android One anda.

Lalu untuk relock kembali bootloader Android One Nexian Journey One ini bagaimana? Gampang, di menu Android One Toolkit itu kan ada Unlock dan Relock, anda tinggal pilih saja Relock dan ikuti petunjuk selanjutnya, SELESAI.

Silahkan dipraktekkan tutorial unlock bootloader Android One ini khususnya untuk smartphone Nexian Journey One. Dan ingat, Do With Your Own Risk!

Artikel Bermanfaat Lainnya...

Silahkan Berkomentar

No Responses to “Cara Unlock/ Relock Bootloader Android One Nexian Journey One”

Leave a Reply