1

Cara Mudah Root/ Unroot Android One Nexian Journey One

Root ponsel Android sebenarnya bertujuan untuk memperoleh akses ke sistem. Ponsel Android yang sudah root biasanya akan lebih mudah dioprek/ dimodifikasi dalaman nya. Bagi mereka yang suka ngoprek smartphone Android tentunya langkah pertama yang harus mereka lakukan ya mendapatkan akses root ke smartphone. Root juga berguna untuk menjalankan beberapa aplikasi yang membutuhkan akses root ke sistem.

Nah, pada smartphone Android One khususnya Nexian Journey One ini, untuk root ponsel sendiri sebenarnya tidak semudah root ponsel Android yang lain, mengingat Android One ini merupakan ponsel yang menggunakan OS Android terbaru Android Lollipop 5.1. Jadi akses ke sistem masih dilindungi.

Salah satu contohnya adalah bahwa pada ponsel Android One ini masih locked bootloader. Dengan terkuncinya bootloader otomatis anda tidak bisa mengutak atik ponsel ini. Jadi sebelum anda bisa mengakses lebih dalam jeroan ponsel Android One ini, anda terlebih dahulu harus membuka bootloader. Pada artikel saya sebelumnya sudah saya bahas tentang cara unlock bootloader Android One untuk Nexian Journey One ini >> https://teknikit.com/2015/03/cara-unlock-relock-bootloader-android-one-nexian-journey-one.html

Nah, untuk tutorial kali ini, kita akan membahas tentang cara root Android One untuk ponsel Nexian Journey One. Untuk me-root Android One satu ini tidak bisa tanpa PC/ komputer/ laptop. Jadi jika ada yang bilang bisa root Android One Nexian Journey One tanpa PC itu sebenarnya omdo (omong doank). Untuk bisa root sendiri harus terlebih dahulu unlock bootloader, sedangkan unlock bootloader itu membutuhkan PC. Jadi, pengguna smartphone Android One yang sudah berhasil unlock bootloader tapi tidak bisa root ponsel mereka dengan alasan tidak ada PC itu sungguh terlalu.

Lagian, saya sudah mempraktekkan cara root Android One tanpa PC dengan menggunakan aplikasi Kingroot, ternyata gagal, padahal bootloader juga sudah unlock. Jadi salah satu cara root Android One Nexian Journey One ini yang menggunakan PC/ komputer.

Berikut adalah peralatan yang harus anda persiapkan sebelum root Android One Nexian Journey One.

1. Smartphone Android One (Nexian Journey One, Evercross One X, Mito Impact A10)

2. PC/ komputer/ laptop dengan OS Windows (Win Vista, Win 7, Win 8)

3. Android One Toolkit >> http://forum.xda-developers.com/crossdevice-dev/android-one-general/toolbox-android-one-toolkit-one-click-t3030165

4. Net Framework 4.5 >> http://www.microsoft.com/en-us/download/confirmation.aspx?id=42642

Dan berikut adalah tutorial cara root Android One khususnya Nexian Journey One.

1. Unlock bootloader, caranya >> https://teknikit.com/2015/03/cara-unlock-relock-bootloader-android-one-nexian-journey-one.html

2. Setelah unlock bootloader, ponsel akan otomatis melakukan factory reset.

3. Aktifkan kembali USB debugging, caranya ada di artikel Unlock Bootloader di atas.

4. Sambungkan ponsel Android One anda ke komputer menggunakan kabel USB

5. Masuk ke folder instalasi Android One Toolkit (biasanya berada di C >> Program Files >> AndroidOne Toolkit). Di sini ada file update.zip, copy file update.zip ke memory eksternal Nexian Journey One, di luar folder saja biar gampang.

Root Nexian Journey One

6. Buka Android One Toolkit, klik pada List Devices terlebih dahulu untuk memastikan ponsel anda terdeteksi. Jika belum terdeteksi, silahkan klik pada Install Drivers. Namun, jika sudah terdeteksi langsung saja klik ROOT, maka proses root akan berlangsung.

Cara Root Android One

Cara Root Nexian Journey One

7. Selama proses root, ponsel anda akan ke mode fastboot kemudian ke mode recovery PhilZ Touch (support touchscreen). Sekarang beralih ke ponsel yang sedang pada mode recovery, langsung lewat touch screen pilih/tap Install Zip >> Choose zip from sdcard >> update.zip

Proses Root Android One

8. Pilih Yes – Install update.zip, maka proses root Nexian Journey One akan berlangsung, tunggu sampai proses komplit.

Install ZIP From SD Card Nexian Journey One

9. Setelah komplit, tap sembarang tempat, kemudian pilih +++Go Back+++ >> Reboot System Now

Proses Root Nexian Journey One Sukses

10. Setelah restart, ponsel Android One anda kini sudah root. Tandanya adalah, pada ponsel akan muncul satu aplikasi bernama SuperSU. Untuk membuktikannya silahkan install aplikasi, misal CPU-Z, download di Playstore. Buka aplikasi CPU-Z dan pilih pada menu System, jika pada Root access = Yes berarti Android One Nexian Journey One anda sukses di-root.

Cara Mengetahui Nexian Journey One Sudah Root

Nah, setelah proses root Android One Nexian Journey One selesai. Apakah bisa ponsel Nexian Journey One ini di-unroot kembali seperti keadaan semula? Jawabannya adalah bisa. Anda bisa mengunroot Nexian Journey One dengan mudah. Caranya adalah sebagai berikut.

1. Masuk ke aplikasi SuperSU

2. Pilih pada tab Settings

3. Scroll ke bawah sampai ketemu pilihan Full unroot, klik pada Full unroot >> Continue, tunggu sampai proses selesai

Cara Unroot Android One Nexian Journey One

4. Setelah proses unroot Nexian Journey One selesai, restart ponsel anda. Maka aplikasi SuperSU akan hilang, ini berarti ponsel Nexian Journey One anda sudah unroot. Cek lagi menggunakan aplikasi CPU-Z.

Klik salah satu tombol share di atas/di samping, jika ingin berkomentar scroll ke paling bawah

Artikel bermanfaat lainnya...

Klik Untuk Berkomentar

10 Komentar

  1. idris March 23, 2015
  2. martin c April 16, 2015
    • arrhy July 10, 2015
    • gogo August 19, 2015
  3. frendy July 4, 2015
  4. topik September 27, 2015
  5. NINAS November 1, 2015
  6. need December 6, 2016
    • Blog Teknik IT December 7, 2016
  7. krido December 19, 2016

Tinggalkan Komentar Anda