Cara Mengaktifkan USB Debugging Samsung Galaxy Ace 3

Fungsi utama mengaktifkan/ enable USB Debugging pada ponsel Android sebenarnya diperuntukkan bagi para pengembang atau developer. USB Debugging diaktifkan agar ponsel Android bisa dikenali oleh komputer melalui Android SDK. Jika komputer bisa mengenali perangkat Android yang terhubung, hal ini akan mempermudah bagi pengembang untuk membuat aplikasi yang kompatible dengan perangkat yang bersangkutan. Selain aplikasi, para pengembang juga bisa mengembangkan ROM Android yang lebih keren.

Nah, sedangkan fungsi mengaktifkan/ enable USB Debugging untuk kita kita yang bukan sebagai developer biasanya hanya untuk proses root ponsel Android, ataupun untuk install dan uninstall aplikasi Android melalui komputer. Untuk yang suka ngoprek ponsel Android juga USB Debungging digunakan untuk membuat custom ROM Android, sehingga tampilan ponsel Android bisa jadi sangat keren.

Setiap kali ingin melakukan pengembangan aplikasi atau custom ROM, biasanya memang fungsi USB Debugging harus diaktifkan. Nah, sebenarnya USB Debugging ini sudah ada di semua ponsel Android, cuma dalam kondisi standar mode ini masih dimatikan/ disable. Untuk mengaktifkannya diperlukan setingan tersendiri.

Untuk ponsel Samsung Galaxy Ace 3 ini yang menggunakan OS Android Jelly Bean 4.2, pengaturan USB Debugging ini sebenarnya ada pada menu Developer options, cuma menu Developer Options ini disembunyikan. Untuk memunculkannya lakukan langkah berikut.

1. Masuk ke menu Settings >> More >> About Device

Memunculkan Menu Developer Options Samsung

2. Scroll ke bawah sampai pada menu Build Number, kemudian sentuh/ tap Build Number beberapa kali, kira kira 7 kali

Enable USB Debugging Samsung Galaxy Ace 3

3. Kemudian tekan tombol kembali. Maka di atas menu About Device sekarang sudah muncul menu Developer Options

Menu Developer Options Samsung Galaxy Ace 3

4.  Masuk ke menu Developer Options dan centang USB Debugging

Aktifkan USB Debugging Samsung Galaxy Ace 3

USB Debugging sudah dikatifkan di ponsel Samsung Galaxy Ace 3, kini anda bisa menghubungkan ke komputer. Install maupun uninstall aplikasi, membuat custom ROM, root ponsel, dan lainnya.

Klik salah satu tombol share di atas/di samping, jika ingin berkomentar scroll ke paling bawah

Artikel bermanfaat lainnya...

Klik Untuk Berkomentar

Satu Komentar

  1. rudin April 18, 2016

Tinggalkan Komentar Anda