Cara Komplain dan Menghubungi Pihak CS Smartfren

Mungkin masih banyak di antara anda yang belum tahu cara menghubungi CS Smartfren. Mungkin anda ingin mengutarakan komplain, atau untuk sekedar bertanya tapi belum tahu di mana tempatnya. Memang blog ini (Blog Teknik IT) sudah membahas banyak tentang Smartfren, akan tetapi blog ini bukanlah blog official Smartfren. Blog ini adalah blog pribadi saya dan tidak ada hubungan apapun dengan Smartfren. Belum tentu Smartfren kenal atau tahu dengan blog ini.

Semua artikel yang saya share di sini sebagian besar hasil dari pengalaman saya sendiri. Jadi maaf jika saja ada suatu pertanyaan yang saya sendiri belum pernah mengalaminya jadinya tidak bisa saya jawab ataupun kalau saya jawab, jawaban tersebut belum memuaskan anda. Karena saya akui sendiri ilmu saya ini sangatlah terbatas.

Sempet ada juga pertanyaan yang sebenarnya saya tidak bisa menjawabnya. Pada artikel “Kota-kota di Indonesia yang menjangkau jaringan Smartfren” sering pengunjung lontarkan pertanyaan yang tak bermutu, padahal saya sudah menjelaskan di artikel. Jika anda membaca isi artikel sampai tuntas pasti tidak akan muncul pertanyaan semacam itu. Masih ada juga pengunjung yang bertanya, kalau di kota saya ada jaringan Smartfren gak? Di kota ini ada gak? Padahal saya sendiri dibayar Smartfren saja tidak, ya mana tahu sampai sedetail itu. Makanya di akhir artikel kan sudah saya selipkan informasi lebih lanjut bisa hubungi Smartfren.

Kemudian jika ada pertanyaan masalah jaringan yang lemot ya saya tidak bisa berbuat banyak karena hanya pihak Smartfren yang tahu. Lebih baik menghubungi pihak Smartfren langsung daripada bertanya kepada orang yang tidak tahu seperti saya. Kemudian jika ada kasus yang belum pernah saya mengalaminya ya memang saya tidak bisa menjawab juga, mungkin hanya menebak saja. Jadi sekali lagi maaf jika ada pengunjung yang bertanya pada saya tapi tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan. Kalau saya tahu pasti akan saya jawab, kalau tidak tahu ya mau bagaimana lagi.

Kalau masalah koneksi internet yang lemot memang saya sendiri nyerah, tidak ada yang bisa saya lakukan selain pasrah dan menunggu jaringan normal lagi. “Mau ya dipake, gak mau tinggalkan”. Kan sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa menggunakan ISP Smartfren cuma butuh keberuntungan saja. ya bukan Smartfren saja sih, semua ISP sama saja.

Langsung saja ke topik ya. Ada beberapa cara agar anda bisa menghubungi pihak Smartfren.

1. Menghubungi Smartfren dengan datang langsung ke Galeri Smartfren

Di artikel sebelumnya telah saya share daftar alamat Galeri Smartfren di seluruh Indonesia. Bagi yang lokasinya sudah ada Galeri Smartfren bisa mengunjungi langsung Galeri Smartfren guna memperoleh pencerahan langsung dari petugas Smartfren. Langsung face to face. Jika jawaban petugas Smartfren dirasa belum memuaskan anda, boleh kok anda langsung mendatangi Supervisor nya langsung. Bagi anda yang lokasinya belum ada Galeri Smartfren, anda masih bisa melakukan cara selanjutnya.

2. Menghubungi Smartfren lewat email atau langsung di web Smartfren

Yaitu dengan mengunjungi http://www.smartfren.com/ina/contact-us/. Di halaman ini anda bisa mengirimkan pertanyaan atau komplainan anda. Biasanya setelah anda menghubungi kontak Smartfren besoknya langsung dibalas ke email anda atau kadang anda malah ditelepon CS Smartfren langsung.

3. Menghubungi Smartfren dari Halaman Facebook atau Twitter

Smartfren juga memiliki Halaman Penggemar Facebook. Di artikel sebelumnya sudah saya singgung sedikit tentang Halaman Facebook Smartfren, di mana tiap hari Halaman Facebook Smartfren selalu ramai akan penggemarnya. Ramai komplain maksudnya. Yang belum tahu alamat Facebook Smartfren bisa menuju http://www.facebook.com/smartfren. Atau anda juga bisa mngikuti Smartfren di twitter mereka yaitu di http://twitter.com/smartfrenworld

4. Menghubungi Smartfren dari line telepon (Call Center Smartfren)

Perlu anda ketahui bahwa di Galeri Smartfren itu tidak ada nomor telepon khusus, yang ada adalah nomor telepon pusat Smartfren. Jadi jika anda berniat menghubungi pihak Galeri Smartfren di kota anda ya saya sarankan lebih baik datang langsung saja. Atau jika anda mau menghubungi Smartfren melalui line telepon (Call Center) bisa gunakan nomor telepon berikut.

888
08811223344
021-50100000

Untuk biaya panggilan ke Call Center adalah Rp 300,- per panggilan.

5. Bergabung di Forum Kaskus Smartfren

Bagi anda yang memiliki masalah seputar teknis bisa bergabung di forum kaskus Smartfren. Di sana banyak berkumpul para master broadband termasuk ada juga orang dalam Smartfren di sana. Banyak ilmu yang bisa anda dapat di forum Kaskus Smartfren. Tanya sama satu orang dengan tanya pada banyak orang kan lebih baik tanya ke banyak orang karena jika seandainya ada yang jawabannya salah pasti ada yang bisa membenarkan. Langsung saja kunjungi alamat http://www.kaskus.us/showthread.php?t=14271588 untuk berdiskusi dengan para master di sana.

6. Menyampaikan komplain dan keluhan ke Smartfren

Nah, jika anda ingin menyampaikan komplain atau keluhan seputar Smartfren tapi dengan maksud agar banyak orang yang tahu keluhan anda, dengan maksud agar orang lain tahu pengalaman buruk anda menggunakan Smartfren, anda bisa menyampaikan unek-unek di http://www1.kompas.com/suratpembaca/. Bukan cuma Smartfren saja sih, provider lain atau bahkan masalah lain misal seputar perbankan, pulsa, PLN, dan lain-lain, pokoknya sejenis keluhan maupun pujian bisa anda lampiaskan di sini.

Demikian sedikit informasi dari saya mengenai bagaimana cara untuk menghubungi pihak Smartfren. Saran saya sih jika anda ingin mendapatkan ilmu lebih banyak ya bergabung saja di beberapa forum besar seperti Kaskus, karena banyak ilmu yang bisa kita dapatkan di sana.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
229 Comments
  1. mashar
    September 8, 2014 | Reply
  2. marshall
    October 25, 2014 | Reply

Berkomentarlah sesuai isi artikel! Please, do not spam!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *