Menggunakan ISP Smartfren Cuma Butuh Keberuntungan Saja

Pada artikel kali ini saya cuma ingin menekankan bahwasanya menggunakan ISP Smartfren hanya membutuhkan keberuntungan saja. Tidak usah berpatokan anda mendapatkan sinyal yang bagus, tidak usah berpatokan anda sudah membeli paket yang paling mahal, kalau keberuntungan tidak memihak pada anda ya hasilnya mengecewakan. Bahkan yang katanya Smartfren sudah EVDO Rev. B sekalipun nyatanya banyak yang hanya bisa menikmati kecepatan di bawah EVDO Rev. A walau dia sudah membeli paket internet Rev. B.

Ada yang bilang bahwa pengguna Smartfren membutuhkan dua keberuntungan. Keberuntungan pertama yaitu pengguna Smartfren harus cukup beruntung berada di lokasi akses internet yang mendukung, artinya Posisi, Populasi, Pointing menentukan Prestasi (P4). Dari keempat syarat tersebut harus terpenuhi semua agar kualitas internet anda baik. Tapi biasanya syarat tersebut terkendala dengan masalah Populasi. Biasanya jika pengguna Smartfren sering mengalami lemot internet dikarenakan pengguna Smartfren (populasi) sudah semakin padat. Jadi walaupun anda mendapatkan sinyal yang bagus (full) atau membeli paket yang paling mahal atau bahkan berada di deket BTS, jika pengguna Smartfren telah padat ya lemot tidak bisa dihindari.

Kemudian keberuntungan kedua yaitu bahwa jika pengguna Smartfren misal telah memenuhi keempat syarat di atas diharapkan tidak adanya ikut campur pihak Smartfren yang membatasi akses internet. Pengguna Smartfren harus cukup beruntung mendapatkan layanan sistem yang berfungsi dengan baik dan benar, dengan tidak adanya gangguan jaringan. Tapi kenyataannya sekarang ini Smartfren lebih sering mengalami gangguan daripada lancarnya. Hampir tiap hari ada gangguan. Untuk hal ini memang kita serahkan saja pada pihak Smartfren.

Berikut ini contoh keberuntungan yang bisa anda dapatkan selama menggunakan ISP Smartfren.

1. Ada yang bilang bahwa paket Volume Based itu tidak pakai FUP harian, loh apa sih yang tidak bisa dilakukan Smartfren, kalau Smartfren ingin ngasih FUP ya mau bagaimana lagi. Di artikel saya yang terdahulu ada yang bilang kalau paket Volume Based itu tidak pakai FUP, oon kalau ada yang bilang pakai FUP. Saya sendiri yang mengalami, beli paket 100 ribu Volume Based 6 GB ternyata dibatasi FUP harian, setelah download lebih dari 1 GB kecepatan internet menjadi lemot. Bahkan di hari-hari selanjutnya speed makin lama makin turun saja. Sejak saat itu saya tidak lagi memakai paket Volume Based. Kalau ini bukan keberuntungan kali.

2. Paket gratisan modem yang gratis dua bulan itu katanya speed pada bulan pertama up to 3,1 Mbps kemudian pada bulan kedua akan diturunkan menjadi up to 384 Kbps. Kalau anda memang CUKUP BERUNTUNG maka anda akan mendapatkan speed up to 3,1 Mbps di bulan kedua alias tidak terjadi penurunan speed pada bulan kedua. Ini paket gratisan loh, bayangkan jika anda dapat gratis dua bulan up to 3,1 Mbps pasti anda merasa cukup beruntung.

3. Ada yang bilang paket gratis bundling modem itu tidak ada FUP harian, alias unlimited. Apakah orang yang bilang itu oon? Masa paket gratisan tidak ada FUP ya Smartfren rugi donk.  Apa sih yang tidak bisa dilakukan Smartfren. Jika anda memang CUKUP BERUNTUNG maka anda tidak akan dibayang-bayangi dengan FUP harian pada paket gratisan modem anda. Bahkan saya pernah download lebih dari 5 GB seharian meggunakan paket gratisan modem pada bulan kedua, itu juga tidak mengalami penurunan speed.

4. Speed Rev.A tuh maksimal 3,1 Mbps tapi jika anda memang CUKUP BERUNTUNG maka anda bisa mendapatkan speed lebih dari 3,1 Mbps. Pengalaman pada Februari-Maret 2012 kemarin dengan menggunakan kartu gratisan dua bulan modem EC1260-2 kalau pagi saya sering mendapatkan speed Rev. A jebol sampai up to 4 Mbps, itu cuma pagi saja (antara Subuh sampai jam 10 pagi), selebihnya normal. Tapi sekarang pakai kartu yang lain tidak bisa jebol lagi.

5. Ada yang bilang kalau kita menggunakan mode EVDO only maka tidak bisa untuk SMS dan telepon, hanya bisa internetan. Tapi nyatanya saya pernah memposting bahwa komunikasi data Smartfren bercampur dengan komunikasi suara.

Dan sebenarnya masih banyak syarat keberuntungan yang lain yang wajib dipenuhi. Tidak ada yang mustahil menggunakan ISP Smartfren. Jadi intinya di sini jangan berpatokan pada pedoman anda dapat sinyal full tapi internet masih lemot, anda beli paket paling mahal tapi internet juga masih lemot. Selama jaringan Smartfren masih belum sempurna dan sering maintenance maka keberuntungan tidak akan berpihak kepada anda. Dan jangan lupa juga bahwa dengan sistem Smartren yang belum sempurna ini ada juga pihak yang diuntungkan tapi lebih banyak pihak yang dirugikan.

Jadi seberapa besar KEBERUNTUNGAN anda menggunakan ISP Smartfren? Atau malah rugi terus?

Artikel bermanfaat lainnya...

40 Comments

  1. Fuad El . Irfani
  2. rezacell

Leave a Reply