Sedikit Penjelasan Tentang Karakteristik Sinyal Dari BTS CDMA

Sebenarnya saya belum mengerti betul tentang CDMA, akan tetapi saya akan selalu berusaha untuk belajar dan membagikan kepada anda tentang apa yang telah saya pelajari. Saya akan sedikit berbagi mengenai karakteristik BTS CDMA hingga kaitannya dengan sinyal ataupun speed internet yang anda dapatkan. Semua itu pasti ujung-unjungnya dihubungkan dengan posisi menentukan prestasi. Semakin baik posisi yang anda dapatkan maka semakin baik pula speed yang akan anda dapatkan.

Banyak sekali pengguna internet wireless broadband/mobile broadband yang kecewa akan kualitas internet yang didapatkan. Bukan hanya Smartfren saja. Jika anda searching di Google dengan kata kunci yang menjelekkan suatu operator pasti ada saja blog atau forum yang membahasnya.

Banyak pengguna yang bertanya, di iklannya saja dijanjikan speed up to 3,1 Mbps bahkan up to 14,7 Mbps, tapi kenapa speed yang saya dapatkan tidak mencapai segitu, boro-boro, orang dapat setengahnya saja tak ada? Janjinya speed up to 3,1 Mbps tapi yang saya dapatkan under 1 Mbps. Bagaimana nih kualitasnya, kok bobrok kayak gini?

Ingat! Anda adalah pengguna wireless broadband yang menggunakan radio/RF sebagai media pengantar, jangan disamakan dengan pengguna internet kabel. Pengguna mobile broadband/wireless broadband rentan sekali terjadi gangguan. Lokasi, cuaca, kepadatan pengguna, tebal bangunan, modem yang digunakan, semua itu menjadi sumber gangguan internet wireless broadband. Tapi di balik gangguan tersebut pengguna wireless broadband sangat cocok bagi anda yang memiliki mobilitas tinggi, sering berpindah-pindah, nomaden.

Berikut ini saya berikan screenshot bagaimana posisi anda bisa menentukan prestasi, semakin anda dekat dengan BTS semakin speed yang anda dapatkan tinggi.

Grafik biru untuk EVDO Rev.B sedangkan grafik kuning untuk EVDO Rev.A. Itu adalah gambaran kasarannya speed yang bakal anda dapatkan sesuai lokasi, di mana sinyal yang sampai ke pengguna tidak ada gangguan atau tidak terhalang oleh bangunan. Semakin jauh lokasi anda dengan BTS semakin kecil pula speed yang anda dapatkan.

Sementara itu jaringan CDMA menggunakan frekuensi di 800 Mhz dan 1900 Mhz. Perbedaan keduanya ada pada suara digital yang dihasilkan frekuensi 1900 Mhz jauh lebih jernih daripada 800 Mhz. Akan tetapi jangkauan 1900 Mhz juga lebih pendek daripada 800 Mhz. Frekuensi 800 Mhz bisa menjangkau hingga 5-6 Km sedangkan 1900 Mhz hanya mampu sampai 2 Km. Jika anda sudah mengetahui lokasi anda apakah jauh dengan BTS atau dekat dengan BTS maka anda bisa memperkirakannya sendiri.

Kemudian ada kasus, pada gambar di atas lokasi saya berada pada median rate, tapi kenapa speed yang saya dapatkan serasa di Cell edge rate? Seperti yang saya katakan di atas, speed maksimum bisa anda dapatkan asal sinyal yang sampai pengguna tidak mengalami gangguan seperti bangunan yang menjulang tinggi, gunaung, gedung dan lain-lain. Kita lihat gambar berikut.

Direct ray artinya sinyal yang sampai ke pengguna tanpa terhalang apapun. Sedangkan reflected ray artinya sinyal yang sampai ke pengguna melalui pantulan yaitu berupa gedung, gunung, atau bangunan lain. Jadi jika lokasi anda dikelilingi oleh gedung-gedung tinggi, kenapa sinyal bisa sampai ke anda? Itu karena sinyal dipantulkan oleh gedung-gedung itu sendiri, bukannya ditembus. Nah sedangkan direct ray jauh lebih bagus dari reflected ray. Jika lokasi anda berada di direct ray maka speed yang anda dapatkan akan lebih bagus daripada lokasi yang berada pada reflected ray.

Kemudian ada yang bertanya lagi, lokasi saya tidak ada bangunan yang tinggi, sinyal juga bagus, tapi kenapa speed masih lelet? Kita lihat lagi gambar berikut.

Ada kelemahan pada BTS CDMA yaitu jangkauan sinyal akan sangat dipengaruhi dengan berapa banyak penggunanya. Semakin banyak pengguna yang menggunakan internet di waktu yang sama maka semakin mengecil pula jangkauan. Jika kita kembali melihat gambar pertama di atas, bisa saja semula anda berada di posisi Peak rate, tapi seiring bertambahnya pengguna (Operator yang sama dengan anda) maka posisi anda bisa saja menjadi di Median rate. Sekali lagi ini mempengaruhi kualitas internet.

Kemudian ada yang tanya lagi, lokasi saya masih sedikit pengguna tapi kenapa kecepatan yang saya dapatkan masih lemot? Dari mana anda tahu pengguna di lokasi anda masih sedikit? Anda sudah survey? Ditanyain ke warga satu-satu atau menanyakan ke pak camat?

Oke, anggap saja anda benar, pengguna di lokasi anda masih sedikit, bahkan ada yang bilang, pengguna internet di daerah saya padahal padat tapi kenapa speed internet yang saya dapatkan masih tinggi ya? Kapasitas tiap-tiap BTS pasti berbeda-beda, ini semua yang menentukan adalah ISP masing-masing. Jika di satu lokasi dinilai perlu upgrade kapasitas BTS karena mungkin pengguna yang semakin bertambah maka akan dilakukan. Jika satu lokasi dirasa belum perlu upgrade dengan pertimbangan mungkin malah menghabiskan duit saja, ya tidak diupgrade.

Sekali lagi saya di sini masih belajar jadi mungkin tidak tahu banyak tentang ini.  Akan tetapi semoga sedikit penjelasan tentang karakteristik BTS CDMA dari saya ini bisa memberikan pengetahuan bagi anda, syukur-syukur anda bisa menerima dengan keadaan internet anda saat ini.

Image credit by Kaskus.us

Artikel bermanfaat lainnya...

21 Comments

  1. dimaz
  2. sinc
  3. sinc
  4. engkuk
  5. kris

Leave a Reply