Review Lenovo Vibe X2 Kelebihan dan Kekurangan

Smartphone Lenovo Vibe X2 mungkin menjadi smartphone terakhir di tahun 2014 ini yang dikeluarkan oleh pihak Lenovo, mengingat setelah peluncuran Lenovo Vibe X2 pada Oktober 2014 yang lalu, sampai sekarang tidak ada lagi ponsel baru yang dirilis oleh Lenovo. Tapi bukan berarti Lenovo selamanya tidak akan merilis smartphone lagi, pastinya ada kejutan lain yang akan dikeluarkan oleh Lenovo di tahun 2015 nanti. Yang jelas untuk saat ini ponsel keluaran Lenovo yang terbaru adalah Lenovo Vibe X2.

Smartphone Lenovo Vibe X2 ini merupakan generasi penerus dari Smartphone Lenovo Vibe X, yang pastinya sudah mengalami banyak perubahan dari spesifikasi hingga harga. Dan dari yang saya ketahui, Lenovo Vibe X2 ini memiliki spesifikasi yang luar biasa, menggunakan teknologi terbaru seperti pada prosesor dan GPU yang dipakai. Sekilas jika anda sudah mengetahui spesifikasi dari Lenovo Vibe X2 ini pastinya anda akan tertarik untuk membelinya, saya pun juga demikian waktu itu. Dan pada akhirnya saya mendapatkan Smartphone Lenovo Vibe X2 ini melalui pembelian online di Elevenia dengan garansi resmi Trikomsel.

Sekarang kita mulai bahas review Lenovo Vibe X2 ini. Dalam paket pembelian Lenovo Vibe X2 ini anda akan mendapatkan 1 buah handset Lenovo Vibe X2, Charger, Kabel data (USB), earphone, buku panduan, pembuka kartu SIM, kartu garansi, dan ada bonus tambahan yang diberikan yaitu pelindung casing belakang transparan dan screen guard clear untuk melindungi layar ponsel. Lumayan lah bonusnya bisa melindungi Lenovo Vibe X2 ini, setidaknya kita tidak perlu mencari aksesoris pelindungnya dulu.

Paket Pembelian Lenovo Vibe X2

Pertama pegang ponsel Lenovo Vibe X2 ini rasanya ringan banget, bahkan lebih ringan dari Xiaomi Redmi 1S, karena berat Lenovo Vibe X2 ini ternyata cuma 120 gram saja.

Lenovo Vibe X2 mendukung dual ON SIM Card, dan semua SIM bisa digunakan untuk jaringan 3G. Perlu anda ketahui juga bahwa Lenovo Vibe X2 ini sudah mendukung jaringan 4G/ LTE yang bekerja di frekuensi 1800, 2100, dan 2600 (MHz). Pada Lenovo Vibe X2 disediakan 2 slot untuk SIM Card, slot pertama untuk Micro SIM Card sedangkan slot kedua untuk Nano SIM Card.  Untuk memasang SIM Card tidak perlu membuka casing karena bisa dibuka dari luar menggunakan sebuah alat yang sudah disediakan yaitu pembuka SIM Card (SIM Card Tray Eject Pin). Letak SIM Card berada di samping kiri ponsel. Untuk membukanya anda tinggal tekan lubang menggunakan SIM Card Tray, maka SIM Card akan terbuka. Untuk memasukkan kembali tinggal tekan pakai tangan saja.

SIM Card Pin Key Lenovo Vibe X2

Cara Membuka Slot SIM Card Lenovo Vibe X2

Masukkan SIM Card Lenovo Vibe X2

Pertama kali menghidupkan ponsel Lenovo Vibe X2 ini agak lama, jadi tunggu saja yang sabar. Setelah hidup akan ada beberapa pengaturan yang mungkin anda sudah tahu apa saja yang harus dipilih.

Tampilan Utama Lenovo Vibe X2

Tampilan Lenovo Vibe X2 ini menggunakan VIBE 2.0 UI, dengan Sistem Operasi Android Kitkat 4.4.2. Di bawahnya terdapat 3 tombol navigasi (soft key) yaitu tombol options, home, dan back dengan back light yang akan memudahkan anda menggunakan ponsel saat berada di ruangan gelap. Layarnya memiliki penampang 5 inchi, tapi jika anda install CPU Z maka akan terbaca lebar layar hanya 4,59 inchi. Lenovo Vibe X2 juga dilengkapi LED notifications yang akan memberitahukan anda jika ada pesan atau notifikasi lain yang belum terbaca.

Kemudian fitur lain yang saya suka adalah fitur tap to wake (double tap to wake), yaitu fitur yang akan membangunkan ponsel dari posisi lock hanya dengan mengetuk/ tap dua kali pada layar ponsel. Jadi anda tidak perlu menekan tombol power untuk membangunkan ponsel. Selain itu juga ada aplikasi One Key Lock yang jika disentuh akan mengunci ponsel Lenovo Vibe X2. Jadi, untuk mengunci ataupun membuka Lenovo Vibe X2 ini tidak perlu menggunakan tombol power, ini berarti akan lebih menambah panjang umur tombol power.

Untuk masalah hardware, yang membuat saya tertarik mencoba Lenovo Vibe X2 ini karena smartphone ini menggunakan prosesor dengan chipset mediatek terbaru yaitu MT6595m 2GHz True 8 Core. Walau clock speed yang diinformasikan adalah 2GHz namun pada kenyataan CPU nya dibagi menjadi Quad-core 2 GHz Cortex-A17 dan Quad-core 1,7 GHz Cortex-A7. Sedangkan GPU nya sudah menggunakan PowerVR G600. Skor Antutu Benchmark yang didapatkan dari Lenovo Vibe X2 ini cukup tinggi sampai 46.000, bahkan jika anda sudah update firmware maka skor Antutu Benchmark akan naik lagi menjadi 48.000.

Skor Antutu Benchmark Lenovo Vibe X2

Di dalam Lenovo Vibe X2 sudah diinstall beberapa aplikasi dan game. Untuk aplikasi wajib pastinya Google Apps sudah ada, tambahannya adalah aplikasi office Kingsoft Office, UC Browser, Navigate (aplikasi maps), SCOOP, Guvera, Facebook, Twitter, dan Skype. Sedangkan untuk game yang sudah terinstall adalah Asphalt 8, Green Farm 3, Real Football 2014, dan Spiderman. Untuk game game tersebut sudah saya mainkan pada Lenovo Vibe X2 dan berjalan sangat sangat lancar tanpa lag.

Dari segi multimedia, pada Lenovo Vibe X2 ini telah disematkan dua kamera. Kamera utama (belakang) sebesar 13MP auto focus dilengkapi juga dengan flash light, sedangkan kamera depan berkekuatan 5MP. Untuk hasil kualitas kamera dari Lenovo Vibe X2 ini tidak terlalu memuaskan. Masih standar sama seperti pada kamera Xiaomi Redmi Note. Untuk musik playernya hanya ada Google Play Music, player musik lain tidak disertakan pada Lenovo Vibe X2 ini. Jadi mungkin anda perlu mendownload musik player dari Play Store seperti Poweramp, Walkman, atau yang lain. Sedangkan untuk earphone yang disediakan pun tidak bisa anda andalkan karena kualitasnya yang sangat standar, suaranya masih kalah dengan earphone bawaan smartphone Samsung.

Untuk memory, Lenovo Vibe X2 ini dibekali RAM sebesar 2GB dan internal memory 32GB. Untuk slot external memory memang tidak disediakan, namun internal memory sebesar 32GB saya rasa sudah lebih dari cukup untuk menginstall beberapa game/ aplikasi ataupun menyimpan file media yang lain. Dari memory sebesar 32GB yang disediakan yang bisa digunakan atau tersisa adalah sekitar 25,7GB. Sedangkan untuk RAM saat pertama kali menghidupkan ponsel adalah tersisa sekitar 800MB. Jika anda sudah menjalankan banyak aplikasi sekitar 400MB RAM yang tersisa.

Dari spesifikasi yang sangat gahar tersebut hanya satu yang sangat disesalkan, adalah kapasitas baterai yang digunakan. Lenovo Vibe X2 ini hanya dibekali baterai Li-Polymer berkapasitas 2300mAh. Itu juga non removable baterai atau tidak bisa diganti sembarangan kecuali harus ke service centernya. Saya kira untuk spesifikasi di atas harusnya Lenovo Vibe X2 ini menggunakan baterai berkapasitas di atas 3000mAh. Ini yang membuat ponsel ini jadi harus sering dicharge, apalagi jika anda sering main game HD. Jika hanya digunakan untuk browsing mungkin tidak terlalu sering ngecharge.

Kesimpulan:

Dari beberapa informasi mengenai Lenovo Vibe X2 di atas, bisa saya ambil kesimpulan akan kelebihan dan kekurangan Lenovo Vibe X2.

1. Kelebihan Lenovo Vibe X2

– Sudah support jaringan 4G LTE

– Menggunakan Prosesor True Octa Core 2GHz berchipset Mediatek MT6595M dan GPU PowerVR G600

– Sistem Operasi sudah Android KitKat 4.4

– Internal memory yang sangat lega 32GB

– Layar Lebar 5 inchi

– Ada bonus back case dan screen guard

– Untuk harga Lenovo Vibe X2 Rp 3.999.000 (4 jutaan) saya rasa cukup murah dengan spek seperti di atas

2. Kekurangan Lenovo Vibe X2

– Kapasitas Baterai yang kecil 2300mAh

– Kualitas kamera yang jelek walau sudah 13MP

– Tidak ada slot external memory (micro SD) namun begitu sudah terobati dengan kapasitas memory internal 32GB

Saran, sebaiknya anda lakukan update pada Lenovo Vibe X2 ini karena ada beberapa update yang harus anda lakukan. Caranya dengan masuk ke Settings >> About Phone >> System Update. Update langsung dari ponsel saja menggunakan internet ponsel atau Wifi. Ponsel akan melakukan restart saat apply update. Setelah ponsel hidup, masuk lagi ke system update, karena update nya tidak cuma satu, tapi ada beberapa. Begitu seterusnya sampai benar benar tidak ada update lagi.

Tags: Aplikasi Lenovo Vibe X2 Harga Lenovo Vibe X2 Kekurangan Lenovo Vibe X2 Kelebihan Lenovo Vibe X2 Kualitas Kamera Lenovo Vibe X2 Ponsel Terbaru Lenovo 2014 Review Lenovo Vibe X2 Skor Antutu Bencmark Lenovo Vibe X2 Smartphone Terbaru Lenovo Vibe X2 Spesifikasi Lenovo Vibe X2

Share artikel ini jika bermanfaat...

Artikel bermanfaat lainnya...

Related Post "Review Lenovo Vibe X2 Kelebihan dan Kekurangan"

Review Lenovo Tab 2 A8-50 Tablet 4G LTE di Bawah 2 Juta
Berhubung tablet saya sebelumnya Acer Iconia A1-811
Cara Flashing Ulang Lenovo Vibe X2 Menggunakan SP Flashtool
Semua ponsel Android yang mengalami bootloop atau
Download Official ROM Lenovo Vibe X2-AP
Setelah menunggu beberapa bulan terakhir, akhirnya official
Cara Mengatasi Bootloop Lenovo Vibe X2 Setelah Update
Beberapa pengguna Lenovo Vibe X2 khususnya pengguna
  1. author

    Irma12 months agoReply

    Dimana kita bisa lihat atau gunakan cara double tap to wake dan one key to wake mas?punya saya kok g bs ya.bs dibantu..makasih banget

  2. author

    candra11 months agoReply

    setting > features, disitu ada gan

1 2 3

Komentar di "Review Lenovo Vibe X2 Kelebihan dan Kekurangan" Baca dan pahami artikelnya baru kalau ada yang kurang jelas ditanyakan