Swap/ Ubah Memory Eksternal Menjadi Internal Xiaomi Redmi Note

Tutorial selanjutnya bagi pengguna baru Xiaomi Redmi Note adalah swap memory atau mengubah memory eksternal menjadi memory internal Xiaomi Redmi Note. Swap memory ini sangat penting, khususnya bagi anda yang suka install aplikasi atau game dengan ukuran besar sampai 1GB lebih. Biasanya game game HD ini ukuran file nya bisa mencapai 1GB lebih. Jika hanya mengandalkan memory internal bawaan Xiaomi Redmi Note yang hanya tersisa sekitar 5,9GB free maka bisa dipastikan tidak akan cukup untuk menginstall banyak game HD.

Dengan cara mengubah memory eksternal Micro SD menjadi memory internal pastinya akan sangat membantu para gamer. Micro SD yang sangat cocok bagi anda yang ingin swap memory paling tidak berukuran minimal 16GB biar lebih lega, atau lebih bagus lagi ukuran 32GB biar tambah lega. Untuk pemilihan Micro SD ini saya sarankan yang class 10. Karena banyak sekali yang jual Micro SD murahan, tapi di bawah class 10, jangan sampai beli yang murahan. Karena Micro SD ini nantinya akan kita gunakan sebagai memory internal, jadi butuh yang kualitasnya bagus yang class 10, atau yang transfer rate minimal 30MB/s. Jadi nanti ponsel Xiaomi Redmi Note anda tidak lemot setelah swap memory.

Sekali lagi, syarat utama untuk swap memory Xiaomi Redmi Note adalah ponsel sudah root. Dan syarat kedua adalah Redmi Note anda sudah pasang custom recovery TWRP. Jika anda adalah pengguna baru Xiaomi Redmi Note anda bisa terlebih dahulu mengikuti tutorial saya sebelumnya agar setelah sampai pada tutorial swap memory ini tidak terjadi kesalahan atau bootloop ponsel. Berikut ini tutorial saya sebelumnya yang bisa anda ikuti sebagai pengguna baru Redmi Note.

Install ROM Terbaru Xiaomi Redmi Note Lebih Ringan Smooth

Cara Mudah Root Unroot Xiaomi Redmi Note 3G WCDMA

Cara Pasang Recovery TWRP Terbaru Pada Xiaomi Redmi Note

Bagi anda yang tidak ikut praktek tutorial saya di atas, sebaiknya anda backup dulu ponsel anda untuk jaga jaga siapa tahu terjadi bootloop pada Redmi Note anda.

Swap memory berikut sudah saya praktekkan untuk Redmi Note 3G WCDMA ROM Mod MIUI v37 dan berjalan dengan sangat lancar. Untuk versi ROM lain belum saya praktekkan, jadi sekali lagi Do With Your Own Risk (DWYOR).

1. Download WSM Tool + Module Xiaomi Redmi Note>> https://teknikit.com/downloads/MOD_WSM_RedmiNote_20140721_signed.zip

2. Simpan file download di sd card di luar folder

Download WSM Tool Xiaomi Redmi Note

3. Masuk ke recovery mode, dengan cara pilih Tools >> Updater >> tap softkey kiri untuk masuk options >> Reboot to Recovery

Masuk ke Recovery Mode Install WSM Redmi Note

4. Setelah masuk ke recovery TWRP, pilih Install >> tap pada Storage untuk memilih sd card >> pilih file MOD_WSM_RedmiNote_20140721_signed.zip

Cara Install WSM Redmi Note

5. Swip ke kanan untuk mengkonfirmasi install dan tunggu sampai proses selesai. Jika proses sukses pilih pada Wipe cache/dalvik >> Swipe to wipe >> Back >> Reboot system, maka Redmi Note anda akan melakukan restart.

Install WSM Tool Pada Redmi Note

Sukses Install WSM Tool Redmi Note

6. Setelah ponsel anda hidup lagi pastikan WSM Tools sudah terinstall bersama modulnya Mi-Tools dan XExtStorage.

WSM Tools Xiaomi Redmi Note

7. Masuk ke WSM Tools, pilih Install >> OK >> jika muncul peringatan Important Warning, tap pada tanda centang kemudian klik Next Next Next, dst, sampai muncul peringatan Reboot, silahkan pilih OK untuk melakukan restart Redmi Note.

Install Modul Framework WSM Tools Redmi Note

Konfirmasi Install Modul WSM Tools Redmi Note

8. Setelah ponsel hidup lagi, masuk lagi ke WSM Tools >> aktifkan semua module, Mi-Tools, MiTheme, dan XExtStorage. Kemudian restart lagi ponsel anda.

Swap Memory Xiaomi Redmi Note

9. Setelah ponsel hidup coba anda cek storage info, Settings >> Storage, jika sukses maka informasi Phone Storage anda akan sesuai dengan kapasitas memory eksternal (Micro SD) anda.

Memory Eksternal Jadi Internal Xiaomi Redmi Note

Demikian tutorial swap/ ubah memory eksternal menjadi memory internal Xiaomi Redmi Note. Semakin besar ukuran Micro SD anda maka semakin lega pula internal memory dan anda bisa banyak menginstall aplikasi atau game HD. Dari pengalaman teman sih Xiaomi Redmi Note ini bisa dipasang Micro SD ukuran 64GB, namun saya belum mencobanya sendiri, hanya sebatas 32GB saya rasa sudah cukup. Selamat mencoba dan DWYOR!

Klik salah satu tombol share di atas/di samping, jika ingin berkomentar scroll ke paling bawah

Artikel bermanfaat lainnya...

Klik Untuk Berkomentar

56 Komentar

  1. jian August 19, 2015
  2. Lina October 4, 2015
    • huy February 22, 2017
  3. Fakhri October 5, 2015
  4. nank wijaya October 21, 2015
  5. erva November 8, 2015
  6. Wahdi November 13, 2015
  7. Agam November 14, 2015
  8. chanz January 6, 2016
  9. muhidin May 28, 2016
  10. sopan ependi August 14, 2017

Tinggalkan Komentar Anda