Sebulan Penuh Sibuk Mempersiapkan Warnet di Jogja

Selama sebulan ini saya disibukkan oleh sebuah aktifitas offline yaitu mempersiapkan sebuah warnet yang lokasinya berada di luar kota, yaitu kota Jogja, yang notabene butuh perjalanan sekitar 3 jam dari kota saya Semarang. Dengan disibukkannya aktifitas offline tersebut otomatis kegiatan saya di dunia online jadi tertunda dulu, termasuk update posting di Blog Teknik IT. Tidak terasa juga sudah sebulan lebih saya tidak update posting di blog ini. Untungnya kemarin masih sempat ingat kalau domain teknikit.com bakal expire bulan September 2011. Jadi kemarin sudah nyempetin perpanjang domain ini. Tidak terasa juga umur Blog Teknik IT ini sudah setahun lebih. Mudah-mudahan ke depannya Blog Teknik IT akan selalu exist walau sudah tidak terurus :D.

Oh ya, sebenarnya bukan hanya blog ini saja yang ditinggal pengurusnya, tapi juga blog-blog saya yang lain termasuk blog-blog yang dibuat untuk bisnis online, jadi tidak sempat mengurusnya juga. Untungnya lagi saya masih punya beberapa blog (Auto blog) jadi mereka-mereke ini masih bisa aktif walau tanpa saya urus.

Selama sebulan lebih mempersiapkan warnet agar bisa launching dengan lancar, saya sebenarnya juga masih sempat bisa online akan tetapi karena kesibukan saya tersebut mengakibatkan tidak adanya ide untuk membuat posting, jadi cuma browsing-browsing saja. Liat informasi-informasi berita terupdate.

Oh ya, sebelumnya warnet ini adalah warnet bekas (2nd) yang sudah lama mati alias stop operasi dikarenakan pemiliknya tidak lagi mengurus, karena harus bekerja di luar kota, kurang lebih ada 3 bulan lebih warnet ini tidak beroperasi. Warnet ini dijual melalui forum Kaskus. Nah, teman saya yang sedang berada di Kalimantan tertarik dengan Warnet ini. Karena dia masih berada di Kalimantan, saya yang saat ini masih di Semarang diberikan tugas untuk mengurus semua transaksi jual beli warnet ini. Bukan hanya sebatas transaksi saja, tapi saya juga ditugaskan sampai warnet menjadi hidup dan beroperasi lagi. Jadi setelah transaksi selesai saya langsung bekerja keras mempersiapkan warnet agar bisa beroperasi lagi.

Kalau sekedar mempersiapkan warnet, waktu satu bulan lebih memang tergolong lama sih, kenapa? Soalnya di sini saya kerja sendirian, mulai dari persiapan PC (ada 11 PC, 10 PC client 1 PC server). Saya instal ulang Windows semua soalnya semua PC sudah terinfeksi virus, bahkan sampai ada PC yang tidak bisa diinstal Antivirus, mungkin saking ganasnya tuh virus. Makanya sekalian saya instal ulang semua PC. Hal ini juga saya maksudkan agar semua PC terlihat fresh. Lagian teman saya juga berniat menjadikan warnet ini sebagai Game Online (Game Net) yang saat ini lagi populer, padahal spek dari PC yang ada bukan merupakan spek PC game, jadi harus ada beberapa hardware yang harus diupgrade, yaitu harus menambahkan VGA dan upgrade RAM menjadi 2 GB.

Kemudian untuk masalah jaringan warnet, juga sudah terpasang sebelumnya, kan warnet second bukan baru jadi masalah instalasi kabel jaringan ngikut yang lama walau ada beberapa kabel yang harus dirapikan karena instalasi semula terliat asal-asalan dan acak-acakan. Jujur, saya berpikir yang instal kabel jaringan ini adalah orang yang tidak memiliki jiwa seni karena asal pasang saja. Tidak hanya mengganggu pandangan saja tapi juga mengganggu pengunjung yang ingin bermain internet, karena instalasi kabel yang serabutan. Karena saya juga seorang mantan mekanik alat-alat berat jadi ya sudah tau banyak lah tentang kabel mengabel, istilahnya wiring harness.

Kemudian satu lagi, saya juga mencari referensi di Google untuk membangun warnet ini, jadi jika ada kendala saya cari solusinya lewat mbah Google. Bahkan saat beli hardware PC pun saya cari di Google. Karena saya termasuk orang baru di Jogja makanya saya tidak tau lokasi jalan-jalan di Jogja. Cari lagi peta Jogja di Google. Sedikit banyak mbah Google sangat membantu saya :D.

Tidak selesai sampai mengurus PC saja. Setelah semua PC siap, lanjut ke tugas berikutnya yaitu merenovasi kecil-kecilan tempat warnet. Ya sekedar pengcatan ulang agar suasanya indoor dan outdoor warnet terkesan baru dan enak dipandang.

Ada beberapa foto warnet yang sudah saya ambil ketika pertama kali saya mengunjungi warnet ini. Sudah saya upload juga foto-foto tersebut di Facebook saya. http://www.facebook.com/media/set/?set=a.483454768332003.120394.100000024531402&type=1&l=2c03c6c05c
foto langgenknet

down-arrow

foto corenet
Sampai saat ini warnet ini sudah berjalan lebih dari 2 minggu dan Alhamdulillah sudah cukup menghasilkan. Mudah-mudahan ke depannya bisa lebih ramai lagi, Amin.

Dari dulu memang say ingin merasakan kerja sebagai operator warnet. Dulu saya berpikir, kalau kerja di warnet enak ya, bisa internet gratis tiap hari, bisa ngurus blog tiap hari. Tapi setelah keinginan saya terwujud ternyata tidak sesimpel anggapan saya. Ternyata malah fokus di dunia offline menjadikan kegiatan online saya terhambat, biarpun saya sudah bekerja di warnet sekalipun. Ini kemungkinan karena saya masih belum beradaptasi dengan “perusahaan baru”, belum mendapat sela waktu yang tepat untuk update blog.

Di samping saat ini saya sudah kehabisan ide untuk update posting blog, juga di awal-awal berjalannya warnet ini saya tetap harus fokus mengurus warnet, karena ini adalah pengalaman pertama saya bekerja di warnet. Dan masalah pasti akan selalu muncul.

Setelah posting ini Insya Allah ke depannnya saya akan rutin update blog, karena saya sudah mendapatkan sela waktu yang tepat untuk mengurus blog, hehe.. Doakan saja.. Yang jelas tetap harus fokus ke pekerjaan offline dulu.

Tags: Beli Warnet Bekas Second Beli Warnet dan Sewa Tempat Cara Mengurus Warnet Membangun Warnet Menjadi Seorang Operator Warnet Persiapan Membangun Sebuah Warnet Warnet CoreNet Jogja Warnet Jogja

Share artikel ini jika bermanfaat...

Artikel bermanfaat lainnya...

No related post!
  1. author

    gani4 years agoReply

    Saya Dukung Agan Mengembangkan Blog-nya, Blog ini sangat Bermanfaat dan Menambah wawasan saya

    semoga admin Blog ini Selalu di beri Kelancaran Rezeki. Sehingga menunjang dalam Penulisan Artike-artikel yang lain

    Terimakasih

  2. Kecewa Dengan Pelayanan Teknisi Speedy4 years agoReply

    […] masalah-masalah yang sering terjadi berhubungan dengan internet Speedy.Oke, jadi ceritanya begini, warnet saya kan berlangganan 2 line Speedy, masing-masing line 2 Mbps. Satu line untuk warnet dan satunya lagi […]

  3. Download Windows 8 Enterprise (Trial 90 Hari) Link MediaFire4 years agoReply

    […] kali yak, padahal sudah Agustus kemarin versi final Windows 8 sudah secara resmi dirilis. Maklum terlalu sibuk di dunia offline. Blog saja sempat tidak terurus beberapa bulan.Saya sudah mencoba instal Windows 8 Enterprise ini […]

  4. author

    Raden A.A. Wirawan4 years agoReply

    aku sebenarnya kepingin buka warnet di rumah mas, lumayan lah ada garasi mobil yang menganggur. tapi terkendala dengan ketidakadaan jaringan kabel telpon sehingga koneksi terasa amat langka. mungkin ada sedikit gambaran atau solusi agar keinginan ini dapat terealisasi? suwun mas…

    • author

      Blog Teknik IT4 years agoReply

      Kalo menurut saya sih pake wireless ISP aja mas, tapi harus punya modal lebih. Misal daerah mas sulit dijangkau bisa diatasi dengan menggunakan tower. Warnet2 sekarang yang menggunakan wireless kebanyakan sudah memiliki tower sendiri sehingga koneksi yang didapatkan bisa stabil.

      Untuk pembangunan tower butuh dana sekitar 6-10 juta sendiri, nah loh. Sukur2 si ISP tersebut mau meminjamkan tower atau bisa kredit, soalnya saya pernah menanyakan pada satu ISP, tower harus beli sendiri, mereka tidak meminjamkan.

  5. Setting Modem ADSL2+ SMC7901BRA2 Untuk Speedy4 years agoReply

    […] untuk Speedy, setelah sebelumnya saya buat artikel tentang Cara Seting Modem TP-Link TD-W8151N. Di warnet saya ada satu modem tapi sepertinya bukan modem bawaan Speedy, maklum warnet bekas jadi belum tahu […]

  6. Pengalaman Berhenti Berlangganan Speedy Ternyata Gampang4 years agoReply

    […] saya berhenti berlangganan Speedy ini bukan karena ada masalah dengan Speedy melainkan di warnet sudah ada 3 line Speedy, sementara satu line nganggur tidak terpakai karena speed 2 line sudah […]

  7. author

    erick4 years agoReply

    kira kira butuh modal berapa bangun warnet dengan 10 pc mas..? saya juga lagi nyari2 peluang nih, he2…jika berkenan berbagi..

    • author

      Blog Teknik IT4 years agoReply

      Persiapkan aja kurang lebih 50 juta mas, untuk warnet new baru gress 😀

Komentar di "Sebulan Penuh Sibuk Mempersiapkan Warnet di Jogja" Baca dan pahami artikelnya baru kalau ada yang kurang jelas ditanyakan