Kecewa Dengan Pelayanan Teknisi Speedy

Artikel ini hanya sekedar unek-unek saya seputar layanan Telkom Speedy yang menurut saya mengecewakan. Ini adalah masalah support mereka yang menurut saya masih tergolong lamban dalam menangani keluhan-keluhan pelanggan, terutama pada teknisi Telkom. Untuk CS (Costumer Service) Telkom saya rasa tidak begitu bermasalah sih karena saya rasa mereka juga tidak terlalu mendalami permasalahan teknis internet Speedy. Ya mungkin jika ada masalah yang sulit, pihak CS hanya bisa menjadi perantara untuk disampaikan ke Teknisi terkait yang lebih paham tentang masalah-masalah yang sering terjadi berhubungan dengan internet Speedy.

pelayanan speedy mengecewakan

Oke, jadi ceritanya begini, warnet saya kan berlangganan 2 line Speedy, masing-masing line 2 Mbps. Satu line untuk warnet dan satunya lagi untuk Wifi (Hotspot). Kan baru 1 bulan saya menggunakan Speedy, itupun bulan pertama belum bayar tagihan, biasanya kan tanggal 20 an kayak bayar listrik gitu kan, sedangkan ini belum tanggal 20. Selama kurang dari satu bulan ini tidak pernah ada gangguan, entah kenapa tanggal 12 November 2012 kemarin koneksi Speedy di warnet saya sedang mengalami masalah. Nah, waktu itu yang satu line bermasalah yang line buat Wifi (Hotspot), tidak mau konek internet sedangkan line satunya (line Warnet) berfungsi normal. Biasanya sih kalau satu line sedang gangguan line lainnya pun juga ikut gangguan. Saya cek dan ricek ternyata telepon nya pun mati, seperti kayak kabelnya terputus dari pusat gitu. Saya telepon pihak Speedy, menjelaskan masalahnya, tapi si CS malah mengira yang masalah modemnya, jadi disuruh restart modem gitu. Pikir saya kan orang teleponnya saja mati, nyata internet juga tidak berfungsi, bukan pengaruh modem kan. Tapi berhubung saya belum paham tentang Speedy jadi ya ngikut saja sama si CS.

Dan benar saja, walau modem sudah direstart 100 kali pun tidak akan ada hasilnya. Jadi si CS sudah tidak bisa apa-apa lagi dan dia akan meneruskan keluhan saya ke teknisi Speedy. Dan saya disuruh menunggu, dimintai nomor telepon saya yang bisa dihubungi. Berapa estimasi waktu yang diberikan coba? 3×24 jam, waduh lamanya. Rusak bisnis warnet kalau cuma kayak gini saja harus nunggu sampai 3 hari.

Entah lagi apes atau apa, pas malamanya tiba-tiba listrik mati. Dan setelah hidup kembali kenapa koneksi Speedy di line satunya jadi ikut error (gangguan), jadinya warnet ikut-ikutan tidak bisa internetan. Sudah saya restart modem, masih saja tidak ada hasil. Terpaksa saya nunggu saja sampai besok, warnet tutup malam itu.

Saya tunggu sampai besok, ternyata paginya belum ada perbaikan juga, koneksi dua line Speedy saya masih saja gangguan. Saya telepon lagi CS Telkom, kali ini keluhan saya pada dua line Speedy saya yang mengalami gangguan. Dan bilang si CS akan segera dilaporkan ke teknisi mereka. Dan benar, selang beberapa jam saya ditelepon oleh teknisi Speedy. Bilang teknisi tersebut memang sedang terjadi gangguan di pusat yang menyebabkan telepon tidak nyala yang otomatis berpengaruh ke koneksi Speedy juga. Bilangnya lagi saya disuruh menunggu, akan segera diperbaiki.

Saya tunggu sampai sore (warnet tutup). Dan alhamdulillah baru satu line Speedy sudah normal lagi, yang line buat Wifi. Telepon juga sudah nyala lagi, koneksi internet normal. Tapi line satunya yang buat warnet masih saja gangguan. Saya telepon lagi CS Telkom, bilang kalau yang satu line masih gangguan satunya sudah normal. Bilang si CS sih tidak ada masalah jaringan di nomor Speedy saya, tapi kenapa masih tidak bisa konek internet. Trus kata dia mau direfresh dari sana, disuruh matikan modem, tunggu sampai 15 menit baru dinyalakan lagi. Saya sih manut saja.

Setelah 15 menit saya ditelepon oleh teknisi Speedy, suruh hidupin modem dan ditanya apakah internet sudah normal. Ternyata belum normal juga. Saya meminta teknisinya untuk datang langsung ke tempat saya, biar urusan cepet kelar. Tapi teknisinya tidak mau, dengan alasan sudah sore, iya sih waktu itu sudah jam 17 an. Kemudian kami sepakat, teknisi mau datang besok sekitar jam 8 pagi. Okelah, saya tunggu sampai besok. Jadi warnet masih tutup sampai malam.

Esokan harinya, saya cek internet siapa tahu sudah normal, ternyata belum normal berarti semalam belum ada perbaikan. Berarti saya memang harus nunggu teknisinya datang ke sini. Saya tunggu jam 8…….jam 9……jam 10….. sampai jam 1 siang kok teknisinya belum datang juga. Saya telepon lagi CS Telkom, sekedar untuk konfirmasi kenapa teknisinya belum datang. Bilangnya si CS, hari ini saya akan dihubungi oleh teknisinya. Okelah lagi, saya tunggu saja. Ternyata saya tunggu sampai sore sampai malam pun teknisi Speedy tidak datang juga, boro-boro, menghubungi saja tidak ada.

Benar-benar, hari itu saya benar-benar jengkel, pengen marah. Mau nelpon CS Telkom sudah malam, lagian juga abisin pulsa. Waktu itu saya nelpon CS menggunakan HP dengan kartu Indosat M3, nyata ae tekor, 5 kali nelpon CS pulsa dah habis 70 ribu, GILA, tak ada hasil pula.

Malam itu pun saya cuma bisa misuh-misuh dalam hati. Kapok bener menggunakan ISP Speedy kalau ternyata layanannya kayak gini. Yang paling saya jengkel tuh sama teknisinya, sudah janjian jam 8 mau datang, eeeehh ditunggu sampai malam pun tidak ada menghubungi sama sekali. Ini orang niat kerja atau tidak sih. Kayak ogah-ogahan kerja. Padahal besoknya adalah hari libur Tahun Baru hijriyah, alamat bakal tutup selamanya nih warnet.

Akhirnya dengan modal nekat dan pengetahuan secukupnya, malam itu juga saya mencari cara untuk memperbaiki sendiri koneksi internet. Dengan bantuan mbah Gugel yang sudah sering kali membantu saya menyelesaikan masalah, akhirnya ketemu juga cara ampuh untuk memperbaiki koneksi internet Speedy saya, yaitu dengan mereset modem. Waktu itu agak-agak takut juga sih soalnya baru pertama kali megang modem keluaran Speedy ini. Dan juga belum tau seluk beluk tentang Speedy. Dengan modal nekat saya pun mencoba mereset modem, toh jika saya diam saja tanpa melakukan apapun koneksi internet juga tidak akan baik sendiri, apa salahnya dicoba sendiri.

Dan TARA…… Setelah modem saya reset dan melakukan setting ulang dengan memasukkan username dan password Speedy saya, Alhamdulillah koneksi internet menjadi normal kembali. Astaga…kenapa tidak dari kemarin-kemarin saja ya saya lakukan. Nungguin teknisi Speedy malah bikin sakit hati. Besoknya warnet sudah mulai beroperasi kembali.

Kesimpulan:

Bagi anda yang memiliki atau ingin berbisnis warnet, menggunakan ISP Speedy memang sebenarnya ada untungnya juga, yaitu harga yang jauh lebih murah dibandingkan provider lain. Murahnya di sini ada pada tahun pertama saja karena mereka memberikan promo diskon di tahun pertama, yakin deh murah. Dan juga untuk Game Online, Speedy ini sudah sangat memenuhi syarat karena ping juga kecil, biasanya sih di bawah 50 ms. Untuk speed saya rasa juga tergantung paket yang dipilih sih, selama ini di warnet saya tidak pernah mengalami kendala masalah speed, maksudnya tidak pernah mengalami speed drop gitu, ya saya rasa speed Up To 2 Mbps paling kecil drop di 1,7 Mbps, tidak pernah sampai drop di bawah itu. Tidak tahu sih untuk bulan-bulan berikutnya karena saya juga baru sebulan menggunakan Speedy. Mudah-mudahan aman-aman saja.

Sedangkan untuk masalah support ini yang perlu digarisbawahi. Ibaratnya “harga murah kok mau pelayanan yang bagus”. Walau Speedy sudah mengaku memberikan pelayanan yang sebaik mungkin tapi menurut saya pelayanan mereka ya apa adanya. Apalagi teknisinya. Saya kok berpikir, apakah datang ke tempat pelanggan atau istilahnya terjun ke lapangan menjadi suatu “MOMOK YANG MENAKUTKAN” bagi teknisi Speedy? Seolah-olah kok mereka takut, malas atau apalah jika disuruh datang langsung. Maksud pelanggan kan jika ada masalah bisa secepatnya diperbaiki kalau datang langsung ke tempat pelanggan. Atau sebenarnya teknisinya lagi sibuk juga? Ah gak mungkin, teknisi Speedy ada berapa ya? 2 atau 3 orang ya?

Oke, mungkin jika terjadi masalah koneksi internet prosedurnya adalah diperbaiki dari sananya, jika masih belum bisa ya teknisinya yang turun ke lapangan. Tapi seperti kasus saya ini kan sudah diperbaiki dari sana tapi masih saja belum ada hasil, dan juga si teknisi sendiri sudah bilang kalau mau datang ke sini, tapi nyatanya ngasih kabar pun tidak. Sepertinya memang kudu, harus pelanggan yang aktif ngepush ke pihak Speedy. Yang butuh siapa coba? Pelanggan kan? Hehehe…kampret.

Speedy memang bagus, murah, tapi kalau pelayanannya kayak gini kok pikiran saya ada rasa kapok gitu menggunakan Speedy. Memang saya termasuk pelanggan baru, baru satu bulan menggunakan Speedy. Maaf kalau terlalu terbuka karena ini adalah yang saya alami sendiri. Ada rasa kecewa terhadap pelayanan Speedy. Okelah, sambil berjalan menggunakan ISP Speedy saya juga sedang mencari-cari ISP lain, mudah-mudahan ketemu dengan ISP yang harganya cocok dan pelayanan yang bagus. Agak mahal sedikit tak apalah, asal pelayanan memuaskan dan bisnis warnet saya ini tidak macet gara-gara masalah koneksi internet.

Klik salah satu tombol share di atas/di samping, jika ingin berkomentar scroll ke paling bawah

Artikel bermanfaat lainnya...

Klik Untuk Berkomentar

71 Komentar

  1. Indri April 12, 2014
  2. blablabla April 24, 2014
  3. Pingback: Modem Baru Speedy TP Link TD-W8151N June 4, 2014
  4. Hendro December 4, 2014
  5. Septyandika Prasetya Indraswari December 6, 2014
  6. MUSTAQ December 10, 2014
  7. yossie January 9, 2015
  8. Triantama March 24, 2015
  9. Herry November 16, 2015

Tinggalkan Komentar Anda