(Smartfren) Ternyata Memang Benar Lokasi Menentukan Prestasi

Lokasi menentukan prestasi‘. Mungkin anda pernah mendengar slogan seperti ini? Iya, ini slogan yang sudah umum digunakan termasuk di dunia bisnis, perdagangan, dan bahkan di dunia internet provider. Dan slogan ini memang pantas diberikan oleh provider internet Smartfren. Bukan cuma Smartfren saja sih tapi semua provider CDMA. Lokasi anda menentukan kualitas internet anda. Jadi anda jangan sampai kaget kalau anda dengan teman anda yang 1 kota bisa beda kecepatan internet. Saya akan menjelaskannya sedikit di sini.

Artikel ini saya tulis dalam rangka untuk membenarkan artikel-artikel saya sebelumnya, yang saya merasa belum terlalu jelas untuk dimengerti. Dan saya baru sadar kalau selama ini pemahaman saya akan Smartfren ada yang salah. Saya juga tidak tahu sebenarnya saya yang salah atau Smartfren yang salah. Saya lebih menyadari kalau saya memang salah daripada saya menuduh pihak lain.

Sebenarnya pemahaman akan provider internet Indonesia ini memang ribet. Di satu sisi satu provider internet memiliki kelebihan tapi di sisi lain masih juga banyak kekurangan. Di daerah satu, provider internet ini bagus tapi di daerah lain provider internet ini sangat jelek. Apa sih bedanya, sama-sama satu provider? Apakah karena beda lokasi (dalam arti tidak satu rumah)? Saya anggap satu lokasi adalah satu rumah, berarti tetangga sebelah anda sudah beda lokasi dengan anda, ini adalah kasarannya. Terlalu lebai sih, tapi ini demi slogan ‘Lokasi menentukan prestasi’ tadi.

Ada satu pertanyaan dari pengunjung blog ini yang menanyakan kenapa saya dan teman saya yang satu daerah, satu modem, satu provider tapi kecepatan internet berbeda? Pertanyaan seperti ini masih belum bisa mewakili jawaban yang sempurna. Masih banyak faktor yang bisa mempengaruhi kecepatan internet anda dan teman. Salah satunya adalah lokasi. Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, bisa saja anda dan tetangga sebelah rumah anda bisa berbeda kecepatan internet padahal sama-sama pakai provider yang sama, satu kota, satu RT lagi.

Saya sudah membuktikannya sendiri. Di kota saya Semarang, saya sudah mencoba internetan menggunakan provider Smartfren dan saya mencoba di beberapa titik (tempat) di Semarang. Saya mencoba di tempat yang dekat dengan BTS Smartfren dan juga di tempat yang jauh dari BTS Smartfren tapi sama-sama mendapatkan sinyal EVDO full bar. Lokasi yang jauh dari BTS Smartfren adalah lokasi saya saat ini, rumah saya dan lokasi yang dekat dengan BTS Smartfren ada di rumah kakak saya di daerah Gajah.

Oke sebelumnya bagi anda yang sudah membaca artikel saya kemarin yang berjudul Uji Coba Memasang Antena Eksternal Yagi Pada Modem Smartfren EC1261-2 pasti anda sudah tahu berapa kecepatan internet yang saya dapatkan saat menggunakan antena eksternal pada modem Smartfren EC1261-2. Di rumah saya saat ini sebenarnya saya hanya bisa mendapatkan sinyal EVDO 4 bar (signal strength 60%) tapi dengan antena eksternal saya bisa mendapatkan sinyal full 5 bar (signal strength 99%) dan kecepatan download yang saya dapatkan waktu itu adalah 1,36 Mbps. Untuk lebih jelasnya ini adalah screenshot hasil speedtest sewaktu saya menggunakan antena eksternal.

Waktu itu saya senang bisa mendapatkan sinyal EVDO full 5 bar 99%, tapi pagi tadi saya dibuat sadar bahwa sinyal yang didapat hanya berpengaruh sedikit terhadap kecepatan internet, lokasi lah yang menentukan kecepatan internet. Pagi tadi saya mengunjungi rumah kakak saya yang kebetulan memang rumahnya dekat dengan BTS Smartfren. Sangat dekat mungkin hanya berjarak tidak ada 1 Km dari BTS Smartfren. Begitu saya mencoba tes internet di sana apa yang terjadi. Hasil speedtest menunjukkan angka yang selama ini belum pernah saya dapatkan, kecepatan download bisa sampai 2,7 Mbps. Mungkin selama ini hasil seperti ini baru kali ini saya dapatkan. Lihat screenshot berikut.

Padahal sinyal yang saya dapatkan baru 80%, memang sama-sama dapat 5 bar.

Dari hasil ini bisa diambil kesimpulan bahwa jumlah sinyal ternyata tidak menjanjikan untuk bisa mendapatkan kualitas internet yang bagus, lokasi lah yang lebih menentukan. Dengan memasang antena eksternal memang sinyal EVDO yang didapatkan menjadi full, bisa dikatakan jika anda saat ini hanya mendapatkan sinyal EVDO 1 bar saja maka dengan menggunakan antena eksternal anda bisa mendapatkan sinyal full EVDO, tapi masih dengan syarat, antena yang terpasang tidak terhalang oleh gedung-gedung yang lebih tinggi. Makanya penempatan antena eksternal yang semakin tinggi itu semakin baik untuk mendapatkan sinyal EVDO full bar. Tapi walaupun anda mendapatkan sinyal EVDO full bar tidak menjamin kualitas internet yang anda dapatkan bagus, dalam arti kecepatan internet yang anda dapatkan sebenarnya belum maksimal.

Oke memang, dalam uji coba pemasangan antena eksternal waktu itu kecepatan internet naik dari 0,8 Mbps menjadi 1,3 Mbps. Tapi seperti yang saya jelaskan di akhir video bahwa kecepatan yang didapat belum maksimal seperti yang seharusnya didapatkan (3,1 Mbps) tapi setidaknya dengan memasang antena eksternal kecepatan internet akan naik dan bertambah besar.

Sekali lagi ‘Lokasi menentukan prestasi‘. Semakin lokasi anda dekat dengan BTS Smartfren semakin bagus kualitas internet yang anda dapatkan. Dan bukan berarti jika lokasi anda berada di pusat kota seharusnya anda mendapatkan kecepatan internet yang bagus, di sini kita bicara lokasi yang dekat dengan BTS Smartfren. Apakah anda sudah tahu di mana lokasi BTS Smartfren di kota anda? Jika sudah tahu sebaiknya anda coba internetan di dekat lokasi tersebut dan buktikan perbedaannya, karena saya sudah membuktikan sendiri. Saya buktikan akses internet masih dalam satu kota, dalam satu kawasan pusat kota, tapi hanya beda lokasi antara yang dekat dengan BTS Smartfren dengan yang jauh dari BTS, sama-sama mendapatkan sinyal full EVDO 5 bar tapi hasilnya lihat lagi screenshot di atas.

Ada pertanyaan lagi, saya sudah mendapatkan sinyal EVDO masa saya harus internetan di lokasi yang dekat dengan BTS Smartfren sementara lokasi saya jauh dari BTS Smartfren, bahkan sebenarnya saya tidak tahu di mana lokasi BTS Smertfren di kota saya? Seharusnya kan pihak Smartfren yang harus lebih meningkatkan kualitas internet bagaimana supaya lokasi yang jauh dari BTS bisa mendapatkan kecepatan internet yang sama dengan lokasi yang dekat dengan BTS. Nah, kalau ini kita kembalikan lagi kepada pihak Smartfren, yang jelas slogan ‘Lokasi menentukan prestasi‘ masih berlaku untuk semua provider Indonesia termasuk Smartfren.

Tags: BTS Smartfren Semarang Internet Smartfren Dekat BTS Internet Smartfren Satu Kota Lokasi Menentukan Prestasi Lokasi Yang Bagus Untuk Internetan Smartfren Smartren Lokasi Menentukan Prestasi

Share artikel ini jika bermanfaat...

Artikel bermanfaat lainnya...

Related Post "(Smartfren) Ternyata Memang Benar Lokasi Menentukan Prestasi"

Cara Mengetahui Modem Bekerja di Frekuensi 800 Mhz atau 1900 Mhz
Bagi pengguna modem CDMA pastinya anda sudah
Kecepatan Internet Smartfren EVDO Rev.B Sangat Tidak Memuaskan
Seperti janji saya pada artikel Review Modem
Tips Mengatasi Masalah Koneksi Internet Modem Sering RTO (Request Time Out)
Menjengkelkan sekali jika kita sedang asik-asiknya internetan
  1. Harga Kartu Perdana Tri AON 1 GB, 2GB, 5GB, 8GB1 year agoReply

    […] memiliki beberapa keuntungan, mungkin speed yang anda dapatkan tidak selalu cepat. Untuk masalah speed internet sih memang semua tergantung lokasi masing masing. Jika anda beruntung, menggunakan kartu Tri AON ini bisa dapat speed internet yang maksimal. Tapi […]

  2. Internet Indosat Lemot Speed Dibatasi 1Mbps Gangguan atau Pemeliharaan Jaringan?3 months agoReply

    […] segini, atau khusus paket ini dikasih speed segini, sepertinya begitu. Sekarang semboyan “Lokasi menentukan prestasi” sudah tidak berlaku lagi. Lokasi yang sama di titik yang sama pun speed internet bisa beda? […]

1 2 3 4

Komentar di "(Smartfren) Ternyata Memang Benar Lokasi Menentukan Prestasi" Baca dan pahami artikelnya baru kalau ada yang kurang jelas ditanyakan