Letak Lubang/Port Untuk Antena Eksternal Modem Smartfren EC1261-2

Bagi anda pengguna modem Smartfren EC1261-2, khususnya pengguna baru nih, pasti anda belum tahu banyak seluk beluk modem Smartfren EC1261-2. Mungkin ada yang bertanya-tanya, di mana sebenarnya letak lubang atau port untuk antena eksternal modem Smartfren EC1261-2. Kalau anda ingin tahu di mana letak lubang atau port antena eksternal modem Smartren EC1261-2 sebelumnya anda harus punya nyali dulu untuk bisa mengetahuinya. Karena ini ada hubungannya dengan bongkar membongkar modem.

Saya yakin sebenarnya jika anda ingin mengetahui letak lubang/port antena eksternal modem Smartfren EC1261-2 pasti anda sedang mempunyai masalah dengan sinyal yang didapatkan pada modem anda. Entah itu hanya mendapatkan sinyal CDMA 1x, hanya dapat sinyal EVDO tapi cuma 2 atau 3 bar saja, atau mungkin karena sinyal yang anda dapatkan naik turun alias tidak stabil.

Segala cara sudah anda lakukan untuk mendapatkan sinyal yang bagus, tapi kemungkinan cara itu terlalu merepotkan anda. Dan salah satu cara adalah memasang antena eksternal untuk dihubungkan pada modem Smartfren EC1261-2. Memang katanya sih kalau kita memasang antena eksternal modem, maka sinyal yang didapatkan akan drastis naik, bahkan jika sebelumnya anda hanya mendapatkan sinyal CDMA 1x dengan memasang antena eksternal maka anda akan mendapatkan sinyal EVDO full bar. Tetapi antena di sini bukan antena sembarangan. Bilangnya antena yang bagus itu adalah antena Yagi yang harganya bisa mencapai 195 ribu, cukup mahal sih untuk yang memiliki kantong pas-pasan.

Itu sedikit membahas masalah antena eksternal, dan kemungkinan kapan-kapan akan saya bahas lebih lanjut lagi tentang antena eksternal modem Smartfren EC1261-2. Kita kembali ke topik, di mana sebenarnya letak lubang/port untuk antena eksternal modem Smartfren EC1261-2. Sebagian besar modem internet baik yang CDMA maupun GSM pasti dilengkapi dengan lubang/port untuk menghubungkan ke antena eksternal. Dan lubang tersebut biasanya berada di luar modem sehingga kita bisa mudah memasang antena eksternal. Akan tetapi tidak dengan modem Smartfren EC1261-2.

Pada modem Smartfren EC1261-2, lubang untuk antena eksternal tidak diletakkan di luar modem yang memudahkan kita untuk memasang antena melainkan berada di dalam modem. Mungkin ada yang bertanya, itu pada modem Smartfren EC1261-2 terdapat suatu lubang, apakah lubang itu untuk antena eksternal? Jawabannya adalah tidak.

Saya telah mendiskusikannya di forum Kaskus bahwa lubang yang di luar modem Smartfren EC1261-2 itu bukan merupakan lubang untuk antena eksternal melainkan lebih mirip pada lubang headset. Saya juga belum tahu juga sih, colokkan headset yang sekecil itu. Juga saya belum tahu benar fungsi lubang tersebut. Apa mungkin untuk dipasang headset kemudian untuk telepon ya? Maybe.

Jadi sebenarnya letak lubang/port antena eksternal modem Smartfren EC1261-2 berada di dalam modem. Bagaimana cara mengetahuinya atau bagaimana nantinya cara untuk memasang antena eksternal pada modem Smartren EC1261-2? Yang jelas pastinya anda harus membongkar modem anda terlebih dahulu. Makanya dari awal telah saya katakan jika anda ingin mengetahui letak sebenarnya lubang/port antena eksternal modem Smartfren EC1261-2 maka anda harus siapkan nyali dulu untuk berani membongkar modem anda.

Saya sudah menjelaskan bagaimana cara membongkar modem Smartfren EC1261-2. Kalau urusan bongkar membongkar ini sebaiknya anda harus terima resikonya karena garansi modem akan hilang. Ingat, modem Smartfren EC1261-2 bergaransi 3 tahun loh, rusak secara normal sebelum 3 tahun masih bisa anda menerima ganti tapi kalau rusak karena telah anda bongkar ya pastinya tidak akan ada gantinya.

Jadi setelah anda bongkar habis modem Smartfren EC1261-2, maka di dalamnya akan ada dua lubang/port untuk antena eksternal. Ya, modem Smartfren EC1261-2 memiliki dua lubang untuk antena eksternal. Menurut forum di Kaskus juga, satu lubang untuk sinyal EVDO dan satu lubang lagi untuk sinyal CDMA. Perhatikan gambar di bawah.

Dari kedua lubang untuk antena eksternal tersebut sebenarnya masih belum pasti sih mana yang CDMA mana yang EVDO, tapi saya sudah tanyakan di Kaskus kalau lubang yang bawah untuk EVDO dan yang atas untuk CDMA. Mungkin dari teman-teman ada yang lebih ngerti bisa dibenerin.

Dan sepertinya Smartfren atau mungkin Huawei sendiri melarang kita untuk menggunakan antena eksternal pada modemnya. Kok dilarang? Terlihat sepertinya mereka mempersulit kita untuk memasang antena eksternal. Pertama mereka meletakkan lubang antena eksternal di dalam modem, jadi harus membongkar modem dulu, otomatis garansi hilang. Yang kedua nih, mereka memasang lubang antena eksternal yang tertutup oleh kartu/simcard.

Terlihat yang lubang untuk sinyal EVDO malah ditutup oleh simcard kan. Jadi jika anda berniat memasang antena eksternal salah satu caranya ya anda harus melubangi simcard, atau mungkin memotong simcard separuh agar lubang antena bisa terlihat. Kemudian jika anda ingin memasang casing modem ya sekali lagi harus melubangi casing. Tentang caranya jujur saja belum saya coba, hehe.

Nah, ini sedikit sharing saja tentang letak lubang/port antena eksternal modem Smartfren EC1261-2. Mungkin jika anda lebih ngerti tentang modem Smartfren EC1261-2 daripada saya bisa dibenerin kalau ada yang salah pada artikel ini. Untuk bagaimana cara pemasangan antena eksternal modem Smartfren EC1261-2 kapan-kapan akan saya bahas. Atau mungkin anda bisa berkreasi sendiri ‘mengakalin’ nih modem agar bisa dipasang antena eksternal.

Artikel bermanfaat lainnya...

34 Comments

  1. OEDIEN
  2. Indra Raya
  3. Indra Raya
  4. yuda

Leave a Reply