Install Custom Recovery TWRP Lenovo Vibe X2 Android Lollipop

Salah satu kekurangan dan permasalahan utama setelah anda upgrade ponsel Lenovo Vibe X2 ke OS Android Lollipop melalui manual update TWRP adalah hilangnya custom recovery TWRP setelah sukses install update Lollipop. Mungkin iya anda sukses install OS Lollipop di Lenovo Vibe X2, tapi setelah ini anda tidak bisa masuk ke reocovery mode. Dalam keadaan ponsel mati, terus tekan tombol power + volume up + volume down secara bersamaan, ponsel sama sekali tidak bisa masuk ke recovery mode. Nah, ini dia masalah besarnya, padahal recovery mode ini sangat penting untuk ponsel Android. Bahkan untuk update firmware saja sebenarnya harus melalui recovery mode.

Lantas bagaimana jika ponsel Lenovo Vibe X2 ini tidak bisa masuk ke recovery mode setelah upgrade ke Lollipop? Apakah ini pertanda Lenovo Vibe X2 ke depannya sudah tidak mendapatkan update firmware? Nah, kalau masalah update selanjutnya saya tidak begitu tahu. Itu terserah pada kebijakan pihak Lenovo sendiri.

Kasus tidak bisa masuk recovery mode setelah upgrade ke Android Lollipop ini saya alami untuk ponsel Lenovo Vibe X2 yang sudah root, sehingga update ke Lollipop hanya bisa dilakukan melalui TWRP. Untuk ponsel Lenovo Vibe X2 yang masih original, belum pernah root atau oprek, kurang tahu juga. Apakah setelah upgrade ke Lollipop ponsel mereka masih masuk ke recovery mode. Yang jelas untuk Lenovo Vibe X2 yang sudah root, setelah upgrade ke Lollipop seolah olah custom recovery TWRP yang sebelumnya sudah pernah diinstall menjadi hilang. Coba install recovery bawaan pun tetap gagal.

Bagi anda pengguna Lenovo Vibe X2 rooted yang setelah upgrade ke Lollipop tidak bisa masuk ke recovery mode, jangan khawatir. Karena ada custom recovery TWRP yang sudah disiapkan dan bisa diinstall pada Lenovo Vibe X2 Android Lollipop. Untuk cara install nya menggunakan SP Flash Tool. Sudah tahu cara menggunakan SP Flash Tool? Kalau belum, silahkan ikuti panduan berikut untuk install custom recovery TWRP Lenovo Vibe X2 Android Lollipop.

1. Download bahan bahan berikut ini

– Driver Auto Installer >> http://d-h.st/D0y

– SP Flash Tool >> http://androidxda.com/smart-phone-flash-tool

– TWRP 2.8.6.0 >> https://drive.google.com/file/d/0B4QQF-FH51d_S0FocE1GME4xOUU/view

2. Setelah semua bahan terdownload, install dulu Driver Auto Installer pada komputer. Caranya ekstrak dulu file driver yang telah anda download kemudian klik 2x pada file install.bat nanti akan muncul jendela CMD dan ikuti proses selanjutnya sampai driver selesai diinstall.

3. Ekstrak file TWRP_v2.8.6.0_X2-EU_5.0.zip di dalamnya ada 1 folder dan 2 file. Yang terpenting adalah file MT6595_Android_scatter.txt dan recovery.img

4. Ekstrak file SP Flash Tool, kemudian buka file flash_tool.exe, tampilannya kurang lebih seperti ini.

SP Flash Tool Lenovo Vibe X2

5. Pada SP Flash Tool klik pada menu Options >> Option >> Download >> Centang DA DL All with Checksum

Pengaturan SP Flash Tool Untuk Install TWRP

Centang DA DL All SP Flash Tool

6. Pada tampilan utama SP Flash Tool, tetap berada pada tab Download dan mode Download Only, kemudian klik pada Scatter-loading dan cari file MT6595_Android_scatter.txt yang berada di dalam file TWRP yang sudah anda download tadi.

Persiapan Install TWRP Lenovo Vibe X2 Lollipop

Scatter Loading

7. Setelah scatter terload, tampilannya akan seperti ini. Kemudian klik Download

Install TWRP Lenovo Vibe X2 Lollipop

Download Mode SP Flash Tool Lenovo Vibe X2

8. Setelah ini, matikan ponsel Lenovo Vibe X2 anda, kemudian hubungkan ponsel ke komputer menggunakan kabel data. Maka proses install TWRP Lenovo Vibe X2 Android Lollipop akan berlangsung. Tunggu hingga muncul peringatan sukses dengan adanya jendela baru tanda centang.

9. Setelah muncul tanda centang, lepaskan sambungan kabel data. Kemudian masih dalam keadaan ponsel mati, anda coba masuk ke recovery mode dengan cara menekan tombol power + tombol volume up + tombol volume down, secara bersamaan sampai muncul logo Lenovo, baru setelah muncul logo lepas ketiga tombol itu, maka anda akan masuk custom recovery TWRP. Berikut adalah tampilan TWRP pada Lenovo Vibe X2 Android Lollipop.

TWRP Lenovo Vibe X2 Android Lollipop

Dengan terpasangnya custom recovery TWRP pada Lenovo Vibe X2 Lollipop ini setidaknya kita jadi sedikit tenang. Mau backup/ restore, mau install, mau reset factory, dan lain lain, semua akan termudahkan melalui TWRP.

Klik salah satu tombol share di atas/di samping, jika ingin berkomentar scroll ke paling bawah

Artikel bermanfaat lainnya...

Klik Untuk Berkomentar

9 Komentar

  1. Kujou Karen October 6, 2017

Tinggalkan Komentar Anda