Cara Mudah Root/ Unroot Lenovo Vibe X2 Tanpa PC

Bagi anda pengguna ponsel Lenovo Vibe X2, yang juga masih tergolong ponsel Lenovo keluaran baru, mungkin masih banyak yang belum tahu cara ngoprek Lenovo Vibe X2, termasuk cara root maupun unroot Lenovo Vibe X2. Bagi pecinta ponsel Android yang suka ngoprek, pasti rasanya hampa jika ponsel mereka tidak bisa dioprek. Salah satu basic dari oprek ponsel Android ini adalah root dan unroot.

Memang saya akui sih, mulai dari pertama pembelian Lenovo Vibe X2 sampai sekarang belum banyak yang bisa saya lakukan untuk ponsel satu ini, maksudnya belum bisa ngoprek ponsel satu ini. Karena saya cari tutorialnya lewat Google maupun forum forum belum bisa saya temukan. Sepertinya Lenovo ini agak pelit source. Bahkan stock ROM Lenovo Vibe X2 ini tidak disediakan oleh mereka. Sehingga jika ponsel ini terjadi apa apa (misal Bootloop), maka jalan satu satunya ya bawa ke Service Center Lenovo terdekat. Padahal ponsel Xiaomi saya sebelumnya saja sudah berkali kali bootloop tapi bisa terselesaikan tanpa harus dibawa ke Service Center.

Maka dari itu saya masih agak was was untuk ngoprek Lenovo Vibe X2. Untuk sementara saya masih sebatas nge-root nih ponsel, sebab tutorial root Lenovo Vibe X2 sudah saya dapatkan dari group Facebook. Tapi ke depannya pelan pelan akan saya bongkar daleman nih Lenovo Vibe X2 kok, pelan pelan ya 😀 .

Oke, berikut ini tutorial cara mudah root Lenovo Vibe X2 tanpa PC.

1. Download KingRoot.apk melalui link ini >> https://kingroot.net/download. Scroll ke bawah pilih yang KingRoot seperti gambar berikut

Download KingRoot Untuk Lenovo Vibe X2

2. Setelah didownload, install pada Lenovo Vibe X2, kemudian buka KingRoot

3. Jika ponsel Lenovo Vibe X2 anda dalam posisi belum diroot maka tampilan KingRoot setelah dibuka adalah sebagai berikut (lambang gembok)

Lenovo Vibe X2 Belum Root

4. Tap pada tanda gembok (warna hijau) untuk memulai proses root Lenovo Vibe X2. Proses root ditandai dengan berputarnya sekeliling warna hijau.

Proses Root Lenovo Vibe X2

5. Tunggu sampai proses selesai sampai tidak berputar. Kalau di saya sekitar 1-2 menit prosesnya. Jika proses root Lenovo Vibe X2 sukses maka akan muncul peringatan seperti berikut. Klik tanda biru untuk keluar dari KingRoot

Root Lenovo Vibe X2 Sukses

6. Tanda root Lenovo Vibe X2 sukses juga muncul aplikasi baru bernama Kinguser. Aplikasi ini berguna untuk mengatur root permissions.

Aplikasi Kinguser Setelah Root Lenovo Vibe X2

7. Untuk lebih memastikan lagi bahwa Lenovo Vibe X2 anda sudah root atau belum, silahkan install aplikasi CPU-Z, download saja di Play Store. Kemudian lihat pada menu System, lihat paling bawah. Jika Root Access = Yes maka ponsel anda sudah root.

Lenovo Vibe X2 Sudah Root

Setelah sukses root Lenovo Vibe X2, bagi anda yang ingin mengembalikan ponsel Lenovo anda seperti semula (unroot) maka ikuti tutorial unroot Lenovo Vibe X2 berikut, simpel kok.

1. Masuk ke aplikasi Kinguser

2. Pilih pada lambang gear (pengaturan) kemudian pilih Remove Root Permission

Cara Unroot Lenovo Vibe X2

3. Konfirmasi proses unroot dengan memilih Clear, maka proses unroot akan berlangsung

Konfirmasi Proses Unroot Lenovo Vibe X2

4. Tunggu sampai proses unroot Lenovo Vibe X2 selesai. Tanda proses unroot sukses jika aplikasi Kinguser sudah tidak ada lagi di ponsel. Lihat juga pada aplikasi CPU-Z apakah ponsel anda sudah tidak memiliki akses root.

Demikian tutorial singkat saya tentang root dan unroot ponsel Lenovo Vibe X2. Sederhana, tanpa PC pun anda bisa root ponsel.

Oh ya, jika anda masih gagal root, coba anda restart dulu ponsel Lenovo Vibe X2 anda. Setelah restart kemudian anda coba lagi root menggunakan KingRoot tadi. Dan pastikan anda sabar saat proses root berlangsung, karena mungkin proses root ini agak lama. Semoga berhasil!

Artikel bermanfaat lainnya...

6 Comments

  1. rifky
  2. X2-AP
  3. abdurrohman ashfahani

Leave a Reply