Cara Manual Update Firmware Lenovo Vibe X2 Yang Sudah Root

Bagi pengguna Lenovo Vibe X2 yang sudah root, mungkin akan kesusahan ketika akan mengupdate firmware terbaru. Tapi memang smartphone Android apa saja, kalau misal udah root maka tidak bisa lagi mendapatkan update OTA, kalaupun mau update juga bisa tapi bukan lewat OTA melainkan lewat update offline. Bisa update OTA lagi tapi syaratnya ponsel harus sudah unroot. Kebanyakan ponsel Android memang begitu sih, kalau sudah root tidak bisa update OTA tapi setelah unroot baru bisa lagi dapat update OTA.

Sedangkan Lenovo Vibe X2 lain daripada yang lain. Lenovo Vibe X2 rooted ini walaupun sudah di-unroot, tetap saja tidak bisa update. Untuk pemberitahuan update firmware memang masih dapat, tapi ketika didownload dan apply update maka apa yang terjadi? Yak, update fail.

Sebenarnya ada beberapa pembaruan yang terjadi pada Lenovo Vibe X2. Kalau Lenovo Vibe X2 saya sendiri pada awalnya adalah menggunakan firmware versi ROW 125, jadi walau di factory reset akan tetap kembali ke ROW 125. Sedangkan pada Vibe X2 ini tercatat ada beberapa kali pembaruan system yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja ponsel. Tercatat ada update ROW 126, update ROW 129, update ROW 130, dan yang terakhir ini ada update ROW 223. Yang update terbaru ROW 223 ini adalah update ke Lollipop. Untuk Android Lollipop Lenovo Vibe X2 caranya ada di sini >> https://teknikit.com/2015/06/cara-manual-update-lenovo-vibe-x2-ke-android-lollipop-rooted.html

Bagi anda yang ponsel Lenovo Vibe X2 nya sudah root, tenang saja, karena anda sudah bisa mengupdate versi firmware ponsel anda ke firmware yang terbaru. Caranya adalah sebagai berikut.

1. Pastikan Lenovo Vibe X2 anda sudah terinstall custom recovery TWRP, pakai TWRP yang ini >> https://teknikit.com/downloads/recovery.img

Tutorial install TWRP bisa lewat Flashify di sini >> https://teknikit.com/2015/02/cara-install-custom-recovery-twrp-pada-lenovo-vibe-x2.html

Atau lewat SP Flash Tool di sini >> https://teknikit.com/2015/06/install-custom-recovery-twrp-lenovo-vibe-x2-android-lollipop.html Ikuti tutorialnya saja, file recovery TWRP tetap pakai yang di atas.

Intinya pakai recovery TWRP yang saya kasih di atas, jangan TWRP versi lain.

2. Pastikan juga ponsel sudah terhubung internet.

3. Masuk ke menu Settings >> About phone >> System update

4. Ponsel akan mengecek apakah ada firmware terbaru yang perlu diupdate. Jika ada maka akan ditunjukkan firmware terbaru.

Cara Update Lenovo Vibe X2

5. Download firmware tersebut sampai selesai.

Download Firmware Terbaru Lenovo Vibe X2

6. Setelah selesai didownload, jangan langsung diupdate. Tekan tombol home untuk kembali ke menu utama. Kemudian masuk ke menu File Browser >> googleota

Update OTA Lenovo Vibe X2

7. Di dalam folder googleota tersebut ada file update.zip. File tersebut merupakan update yang baru saja anda download. Tugas kita selanjutnya adalah mengedit file update.zip tersebut. Kopi file update.zip tersebut di luar folder biar gampang menemukannya.

Cara Edit Firmware Update Lenovo Vibe X2

8. Di sini anda mau edit file update.zip ini terserah mau langsung lewat ponsel atau lewat komputer. Kalau mau edit langsung lewat ponsel bisa anda gunakan aplikasi misal root explorer. Kalau yang saya contohkan berikut ini editnya lewat komputer saja biar mudah. Hubungkan ponsel Lenovo Vibe X2 ke komputer kemudian salin file update.zip tadi ke komputer.

9. Ekstrak file update.zip tadi. Di dalam file update.zip ini ada beberapa folder dan file. Masuk ke folder META-INF >> com >> google >> android. Di situ ada 2 file update-binary dan updater-script. Kita akan mengedit file updater-script.

10. Buka file updater-script, silahkan mau menggunakan Notepad + atau Notepad biasa. Kalau saya cukup pakai Notepad bawaan windows saja.

11. Hapus baris file_getprop(“/system/build.prop” ………. sampai baris getprop(“ro.product.device”) + “\”.”);

12. Hapus baris show_progress(0.100000, 0);apply_patch_check ……….. sampai baris has unexpected contents.”);

13. Hapus baris ui_print(“Symlinks and permissions…”); ………… sampai baris akhir set_metadata(“/system/….

14. Pokoknya semua baris set_metadata hapus saja, ada banyak sekali baris set_metadata ini.

15. Simpan perubahan updater-script ini.

16. Sudah, cuma file updater-script saja yang diedit. Sekarang anda jadikan lagi file update.zip

Edit updater script Lenovo Vibe X2

17. Salin file update.zip yang sudah diedit tadi ke ponsel Lenovo Vibe X2 anda di luar folder saja biar gampang.

18. Setelah ini masuk ke recovery mode TWRP. Install/ flash update.zip tadi.

19. Setelah install selesai silahkan anda reboot ponsel kemudian cek versi Android Lenovo Vibe X2 anda dengan cara masuk ke menu Settings >> About phone >> Device info. Harusnya versi firmware anda sudah berubah, misal semula pada ROW 129 harusnya sudah berubah ke versi ROW 130.

Bagi anda yang belum familiar dengan edit mengedit atau malas untuk mengedit file updater-script, saya sudah sediakan beberapa file update yang sudah diedit mulai dari ROW 126, ROW 129, dan ROW 130. Silahkan download doc berikut karena link downloadnya ada di dalam doc. Setelah download tinggal anda flash saja menggunakan TWRP. >> https://teknikit.com/downloads/Manual_Update_Firmware_Lenovo_Vibe_X2.docx

Nambah Berita: file update.zip yang berada di folder googleota sebaiknya anda hapus, atau setidaknya dipindah saja untuk backup jika suatu saat diperlukan, karena setelah ini folder googleota memang harus dikosongkan.

Artikel Bermanfaat Lainnya...

Silahkan Berkomentar

20 Responses to “Cara Manual Update Firmware Lenovo Vibe X2 Yang Sudah Root”
  1. billy
  2. Arief

Leave a Reply