Tukar Kartu Lama Indosat Dengan Kartu 4G Gratis Kuota 10GB

Artikel kali ini adalah pengalaman saya kemarin yang tertarik untuk menukar kartu SIM Indosat IM3 lama saya, yang sudah 10 tahun menemani, untuk ditukar ke kartu SIM 4G. Sebanarnya ada sayang nya juga sih, mengingat kartu IM3 saya ini sudah 10 tahunan menemani saya terhubung dengan keluarga dan orang orang yang jauh di sana. HP boleh saja berganti ganti selama 10 tahun ini, namun kartu SIM tetap masih menggunakan kartu lama. Yang dulu saya kenal dan punya HP juga menggunakan kartu SIM ini. Sehingga tak heran jika tampilan kartu SIM Indosat saya ini sudah sangat menyedihkan 😀 . Mungkin banyak yang bilang sudah saatnya dimuseumkan 😀 . Dan kemarin, saya bertekad dan tega untuk menukar kartu SIM lama dengan kartu baru yang sudah mendukung jaringan 4G Indosat.

Jaringan 4G Indosat di Balikpapan

Sebenarnya pemberitahuan untuk menukar kartu SIM lama Indosat ini sudah beberapa bulan yang lalu. Bahkan saya sendiri langsung ditelepon oleh pihak Indosat untuk menukarkan kartu SIM lama dengan kartu baru 4G dengan diiming imingi bonus kuota dan gratis nelpon (waktu itu). Mungkin ini dalam rangka mempromosikan jaringan baru Indosat yang sudah mendukung 4G di kota saya Balikpapan. Namun waktu itu saya belum begitu tertarik untuk menukar kartu karena ya itu tadi, masih sayang dengan kartu lama, walau tampilannya sudah tidak berupa tapi ini adalah kartu legend.

Dan kemarin akhirnya saya penasaran juga untuk menjajal ketangguhan jaringan 4G Indosat di kota saya. Kebetulan juga karena waktu itu internet sering lemot, jadinya apa salahnya untuk mencoba 4G nya Indosat. Sebenarnya bisa juga merasakan internet 4G Indosat tanpa harus ganti kartu, karena Indosat sendiri menjual kartu perdana yang sudah mendukung 4G. Tapi waktu saya tanya ke Galeri Indosat Balikpapan yang berada di Jalan MT Haryono, harga kartu perdanan 4G Indosat ternyata mahalnya minta ampun. Harganya Rp 69.000,00, wow. Tapi memang dapat bonus kuota 3GB dan bonus kuota tambahan lain jika melakukan pengisian ulang. Cuma waktu itu karena harganya yang lumayan mahal, jadi tidak tertarik sama sekali untuk beli kartu perdana 4G Indosat.

Sudah terlanjur berada di Galeri Indosat, akhirnya saya putuskan untuk tukar kartu saja. Sebelum tukar kartu lama ke kartu 4G Indosat ini juga sebelumnya saya sudah menanyakan kepada mbak nya, apakah ada bonus yang didapat kalau kita tukar kartu. Ternyata mbak nya jawab “iya” , yah langsung saja deh tanpa basa basi copot kartu dari HP dan serahkan ke mbak nya.

Oh ya, kalau anda ingin merasakan jaringan 4G Indosat, pastikan device anda juga harus mendukung 4G. Baik modem maupun ponsel pastikan sudah mendukung 4G/ LTE. Untungnya HP saya sendiri Mi 4i sudah mendukung jaringan 4G Indosat, jadi tinggal tukar kartu saja. Jika anda menggunakan modem juga, anda harus punya modem 4G terlebih dahulu. Tidak semua modem 4G bisa menjalankan 4G Indosat. Untuk jaringan 4G Indosat ini menggunakan frekuensi 1800 MHz. Ada beberapa device (modem atau HP) yang mendukung 4G tapi hanya di frekuensi 2100/ 2300 MHz saja. Jadi pastikan jika anda ingin merasakan jaringan 4G Indosat, device anda harus mendukung frekuensi 1800 MHz. Salah satu contoh modem 4G yang mendukung jaringan 4G Indosat adalah Modem Bolt Slim 2 Huawei E5577.

Cek dulu apakah daerah anda sudah menjangkau jaringan 4G Indosat, cek di sini >> http://indosatooredoo.com/coverage/Coverage/Super4GLTE?typeID=25

Oke, kembali ke penukaran kartu SIM Indosat lama (3G) ke kartu SIM baru 4G. Prosesnya cuma sebentar saja sih. Saya cuma disuruh tanda tangan dan menyerahakan kartu lama. Oh ya lagi, nanti sebelum menukar kartu, kita akan ditanyai nomor yang mau ditukar, kemudian atas nama siapa dan kita dimintai KTP. Kalau saat registrasi kartu anda dulunya menggunakan data diri anda sendiri dan tidak asal, maka proses nya akan mudah. Jadi kalau bisa, kartu SIM yang akan anda tukar setidaknya atas nama anda sendiri. Makanya kalau mau registrasi kartu perdana harus pakai data diri yang benar 😀 .

Nomor kartu masih tetap sama dengan nomor lama loh ya, cuma kartu nya saja yang ganti baru. Jangan lupa juga untuk backup kontak telepon yang ada di kartu SIM. Soalnya kemarin saya lupa untuk backup kontak yang ada di kartu SIM. Sampai rumah baru tahu kalau ada beberapa kontak SIM yang hilang. Tapi tidak semua kontak hilang, mungkin kontak yang masih ada adalah kontak yang dalam beberapa hari ini aktif dihubungi.

Setelah mencocokkan data diri benar, maka pihak Indosat bisa lanjut ke step berikutnya. Bla bla bla, tanda tangan pada selembar kertas, entah isinya apa karena saya juga tidak baca. Kartu SIM lama disita, digantikan kartu SIM baru yang sudah mendukung jaringan 4G Indosat. Pasang ke ponsel Mi 4i saya, dan seting jaringan ponsel pada 4G/ LTE. Cara setting jaringan 4G di Mi 4i yaitu masuk ke Settings >> SIM cards & mobile networks >> INDOSAT >> Prefered network type >> Prefer LTE, dan taraaaa, sinyal 4G muncul. Bagi yang sinyal 4G tidak muncul, kemungkinan daerah anda belum tercover jaringan 4G, atau bisa juga jaringan 4G masih lemah.

Langsung saya tes speed menggunakan aplikasi android speedtest, bisa didownload di Playstore, dan hasilnya adalah…

Hasil Speedtest Jaringan 4G Indosat

Beneran, seumur umur baru kali ini merasakan kecepatan internet yang whuzzzzz kayak di atas. Dalam hati, tidak rugi lah menukar kartu kenang kenangan selama 10 tahun dengan kartu baru 4G Indosat. Tapi tetap ya, perlu dicatat juga, sekenceng kencengnya kecepatan internet yang anda gunakan, tapi kalau provider masih membatasinya dengan kuota, dijamin akan boros. Speed kenceng tidak terasa kuota langsung habis, beli lagi paket kuota Indosat, boros sudah.

Hal positif dari menggunakan jaringan 4G Indosat ini sih, anda mengkin tidak akan dibuat marah lagi dengan internet yang super lemot. Streaming film, streaming video super lancar. Namun tetap diingat, jangan boros, kecuali jika memang anda punya banyak uang tak masalah 😀 .

Bonus Kuota 10GB Tukar Kartu Indosat 4G

Oh ya, ini nih yang penting, di samping anda mendapatkan layanan 4G Indosat dengan kecepatan yang super whuzzz di atas, anda juga mendapatkan bonus gratis kuota sebesar 10GB yang hanya bisa digunakan di jaringan 4G. Misal di tempat anda tidak ada sinyal 4G maka kuota bonus 10GB tidak akan terpakai. Masa aktif kuota bonus 10GB ini kata mbak nya hanya sebulan saja. Jadi jika setelah sebulan misal kuota bonus masih 5GB misal, ya akan hangus. Jika sebelumnya anda sudah daftar paket internet dan masih ada kuotanya, maka kuota tersebut tidak akan hangus, tenang saja. Kuota dan pulsa masih tetap utuh.

Oke, sekian pengalaman saya menukar kartu SIM lama Indosat dengan kartu SIM 4G Indosat. Silahkan kalau anda juga mau menukar kartu, mumpung ada bonus kuota 10GB kan lumayan. Tapi untuk bonus gratis kuota ini saya juga kurang tahu, apakah di semua Galeri Indosat dapat bonus gratis kuota 10GB saat tukar kartu, atau hanya saya saja yang beruntung 😀 .

Tags: Bonus Kuota kartu 4G Indosat Bonus Kuota Tukar Kartu SIM Indosat Frekuensi Jaringan 4G Indosat Galeri Indosat Balikpapan Harga Kartu Perdana 4G Indosat HP Yang Mendukung Jaringan 4G Indosat Jangkauan 4G Indosat Jaringan 4G Indosat Kartu 4g Indosat Kartu Perdana 4G Indosat Kartu SIM 4G Indosat Prosedur Tukar Kartu Lama Indosat Dengan Kartu 4G Syarat Tukar Kartu 4G Indosat Tukar Kartu SIM Indosat

Share artikel ini jika bermanfaat...

Artikel bermanfaat lainnya...

Related Post "Tukar Kartu Lama Indosat Dengan Kartu 4G Gratis Kuota 10GB"

Syarat dan Ketentuan Bonus Kuota 10GB di Jaringan 4G Indosat
Artikel kali ini masih seputar jaringan 4G
Kuota Lebih Besar Paket Super Internet Kuota Indosat
Setelah kemarin dibuat tidak nyaman menggunakan kartu
Perdana Mentari Super Data Kuota 3GB Cuma 7 Ribu
Satu lagi kartu keluaran dari Indosat yaitu
Promo Paket Super Internet Indosat 8GB Cuma 29.900
Kali ini Indosat kembali mengeluarkan Paket Internet
  1. author

    Muh Yusuf Natsir4 months agoReply

    Salam anak balilpapan.
    Betewe, untuk kartu perdana yg dijual diluar katanya ada yg murah ya?

  2. Mengubah Tampilan Web GUI Bolt ke Web GUI Huawei Agar Bisa SMS Telepon3 months agoReply

    […] bawaan Bolt ini tidak ada fitur tersebut. Sedangkan saya sebagai pengguna kartu GSM selain Bolt (Indosat) sangat membutuhkan fitur tersebut. Salah satunya untuk me-ngecek sisa kuota internet ataupun […]

  3. author

    Buat Gamers3 weeks agoReply

    gan, ane punya sim indosat masih 3G tapi dimenu aktivasi paket udah tersedia paket 4G, apa harus tetap dituker juga buat bisa menikmati 4G?

    terus gimana hasil 4G dari indosat? mengecewakan atau tidak? misalnya buat streaming youtube atau ngegame?

1 2 3

Komentar di "Tukar Kartu Lama Indosat Dengan Kartu 4G Gratis Kuota 10GB" Baca dan pahami artikelnya baru kalau ada yang kurang jelas ditanyakan