Aplikasi Android Peta Offline Gratis Nokia HERE Maps

Di penghujung tahun 2014 ini, atau tepatnya tanggal 31 Desember 2014 ini, saya ingin membagikan informasi seputar aplikasi android gratisan. Kali ini yang akan saya bahas adalah aplikasi Maps. Bukan sekedar aplikasi Maps biasa melainkan aplikasi Maps yang bisa diakses secara offline tanpa koneksi internet. Kebanyakan aplikasi Maps (contohnya Google Maps) membutuhkan koneksi internet untuk dapat mengkasesnya, selain tentunya dukungan GPS pada ponsel. Namun, ada juga beberapa aplikasi Maps yang tidak membutuhkan koneksi internet untuk mengakses, salah satu aplikasi Maps offline terbaik yang juga gratisan adalah HERE Maps dari Nokia.

Aplikasi Maps Offline HERE Maps

HERE Maps merupakan aplikasi peta buatan Nokia yang semula diperuntukkan hanya untuk produk Nokia saja (Windows Phone), baik Nokia Asha maupun Nokia Lumia. Setelah itu HERE Maps dijejalkan pada ponsel android pertama mereka Nokia X dan dilanjutkan dengan Nokia XL. Dan pada akhirnya, saat ini, HERE Maps sudah bisa dicoba untuk aplikasi android secara umum melalui Google Playstore.

Di Google Playstore, aplikasi HERE Maps sudah dapat diunduh secara gratis, namun aplikasi ini masih berlabelkan BETA, artinya kemungkinan masih banyak bug di dalamnya, karena aplikasi HERE Maps ini masih tergolong perdana di Playstore.

Memang ada beberapa keuntungan menggunakan aplikasi HERE Maps dibandingkan menggunakan Google Maps. Salah satunya adalah HERE Maps bisa digunakan secara offline (tanpa jaringan internet). Misalnya saja anda sedang berpetualang di daerah terpencil yang tidak ada sinyal internet, jika Google Maps tidak bisa digunakan maka HERE Maps bisa menggantikannya. Namun syarat untuk bisa menggunakan peta secara offline adalah mendownload dahulu peta Indonesia. Sebenarnya ada pilihan peta di hampir semua negara (lebih dari 100 negara), namun jika penggunaan HERE Maps hanya untuk wilayah Indonesia, sebaiknya anda download peta Indonesia saja.

Jadi, secara umum fitur fitur unggulan yang ada pada aplikasi HERE Maps adalah

– Tampilan sederhana, sangat mudah digunakan untuk menyimpan peta interaktif pada ponsel Anda

– Bisa digunakan baik secara online maupun offline

– Tersedia peta offline di hampir 100 negara

– Live Traffic info untuk lebih dari 40 negara

– Terdapat peta transportasi umum (Public Transport) di lebih dari 800 kota besar di dunia

– Bisa digunakan untuk berbagi lokasi secara langsung dengan teman atau keluarga

Untuk bisa menggunakan aplikasi HERE Maps, anda terlebih dahulu harus login dahulu ke akun HERE Maps, bisa login menggunkan Facebook atau membuat akun baru. Rekomendasi saya sih anda membuat akun baru saja dengan email. Jika anda ingin membuat akun baru pilih saja Sign up the old-fashioned way. Tinggal mengisi nama, tanggal lahir, alamat email dan password saja. Jika akun baru berhasil dibuat maka anda baru bisa masuk ke HERE Maps dan melihat lokasi anda dalam peta.

Untuk bisa menggunakan peta secara offline, anda harus mengunduh dahulu peta Indonesia. Caranya, pada saat sudah masuk ke HERE Maps, tap pada menu di samping kiri atas, kemudian pilih Download Maps.

Cara Download Maps Offline HERE Maps

Selanjutnya tinggal pilih benua Asia, dan pilih Indonesia. Ukuran peta Indonesia yang harus diunduh kurang lebih 400 MB. Jadi siapkan saja kuota internet segitu, atau kalau mau gratisan bisa cari Wifi hotspot di mall mall.

Download Maps Offline Here Maps Nokia

Jika maps Indonesia sudah selesai didownload dan diinstall, coba anda jalankan aplikasi HERE Maps tanpa koneksi internet di ponsel, tapi GPS tetap hidup. Maka peta lokasi anda akan ditampilkan.

HERE Maps Offline

Satu kekurangan dari aplikasi HERE Maps ini adalah tampilan peta tidak selengkap yang ada pada Google Maps. Jadi anda yang mungkin tinggal di daerah terpencil atau bukan di kota kota besar kemungkinan penunjuk peta tidak terlalu lengkap, ada jalan jalan tertentu yang belum bisa tampil. Semoga ke depannya peta HERE Maps semakin lengkap dan diupdate untuk petanya.

Bagi anda yang ingin mencoba aplikasi HERE Maps bisa langsung cari di Google Playstore, atau bisa melalui link ini >> https://play.google.com/store/apps/details?id=com.here.app.maps

Tags: Aplikasi Peta Offline Android Aplikasi Peta Offline Terbaik Aplikasi Peta Selain Google Maps Aplikasi Peta Terbaik Aplikasi Peta Untuk Android Cara Download Peta HERE Maps Cara Menggunakan HERE Maps HERE Maps Kekurangan HERE Maps Keunggulan HERE Maps Ukuran Peta Indonesia HERE Maps

Share artikel ini jika bermanfaat...

Artikel bermanfaat lainnya...

Related Post "Aplikasi Android Peta Offline Gratis Nokia HERE Maps"

Ini Dia Ponsel Nokia Yang Pernah Booming di Masa Kejayaannya
Di saat sedang cari cari informasi tentang
Inilah Penyebab Sebenarnya Baterai HP Menggelembung
Baterai HP menggelembung, ini merupakan masalah yang
Review HP Samsung Galaxy Ace 3 Kelebihan dan Kekurangan
Ponsel Samsung Galaxy Ace 3 ini sebenarnya
Game Flappy Bird Akan Hadir Lagi Agustus 2014 Mendatang
Pasti anda sudah pada tahu dengan game
  1. author

    Riev2 years agoReply

    Maaf koreksi. Tidak benar kalau Nokia sekarang Microsoft. Here Maps adalah portfolio milik Nokia Corp. dan sama sekali tidak ada hubungannya dengan Microsoft Corp. Perlu diketahui, Microsoft tidak pernah mengakuisi Nokia company. Yang diakuisi Microsoft dari Nokia hanyalah bisnis mobile phonenya saja. Setelah bisnis mobile phone diakuisisi oleh Microsoft, portfolio bisnis Nokia Corp. yang tinggal adalah Nokia Network (http://www.nsn.com), Here Maps (http://www.here.com), dan Nokia Technology. Info: http://company.nokia.com

  2. author

    Barry2 years agoReply

    ini kayak semacam waze gitu nggak ya?

  3. author

    Tama1 year agoReply

    Kalau offline, berarti gede dong filenya?

Komentar di "Aplikasi Android Peta Offline Gratis Nokia HERE Maps" Baca dan pahami artikelnya baru kalau ada yang kurang jelas ditanyakan