Tutorial Lengkap Flashing/ Install Ulang Xiaomi Redmi 1S Hardbrick

Bagi anda yang suka oprek gadget Android, suka root, cusrom, modif, dan lainnya, pastinya tidak pernah jauh dari yang namanya bootloop, softbrick, hardbrick, ngehang, no OS installed, dan lainnya. Masalah yang sering terjadi bagi pemula yang sedang mengoprek ponsel Android biasanya adalah bootloop, atau ponsel tidak mau masuk sistem setelah restart/ reboot, cuma terhenti pada logo dalam waktu yang lama. Kalau permasalahan anda cuma bootloop sebenarnya ini sangat mudah, tinggal anda install ulang ROM bawaan ponsel, wipe cache, wipe dalvik cache, reboot, biasanya masalah anda sudah selesai. Tanpa butuh PC anda sudah bisa mengatasi masalah bootloop.

Tapi ada satu kesalahan yang menyebabkan ponsel Android tidak bisa masuk ke sistem, dan dengan cara install ulang room pun masalah itu tidak teratasi. Biasanya ini yang disebut dengan hardbrick, kerusakan yang lebih parah daripada bootloop. Paling parah jika ponsel anda kena hardbrick adalah selamanya ponsel anda tidak bisa digunakan, kecuali anda bawa ke service center resminya.

Nah, pada ponsel Xiaomi Redmi 1S pun, permasalahan seperti di atas bisa saja terjadi bagi anda para pemula yang sedang mencoba coba mengoprek ponsel Xiaomi Redmi 1S. Saya sendiri pun masih tergolong pemula dalam hal mengoprek Android, sehingga masalah bootloop maupun hardbrick sering kali terjadi. Dan melakukan falshing atau install ulang pun tidak bisa dihindari.

Jika ponsel Xiaomi Redmi 1S anda mengalami bootloop ataupun hardbrick pada saat root, ganti rom kit kat, install recovery, dan lainnya, di mana ponsel anda tidak mau masuk ke sistem setelah reboot, hanya berhenti di logo Mi saja, maka solusi pertama dan solusi yang mudah dilakukan adalah install ulang ROM bawaan Xiaomi Redmi 1S.

1. Sebelumnya anda install TWRP dulu bagi yang belum, bisa kok install TWRP dalam posisi ponsel sedang bootloop. Caranya ada di sini >> http://teknikit.com/2014/11/cara-pasang-install-recovery-twrp-di-xiaomi-redmi-1s.html

2. Download dulu ROM bawaan Global (500MB) >> http://bigota.d.miui.com/JHCMIBH45.0/miui_H2AGlobal_JHCMIBH45.0_8ae836eff3_4.3.zip

Atau bisa ke >> http://en.miui.com/download-226.html kemudian pilih ROM yang Redmi 1S-WCDMA/CDMA China untuk ukuran file ROM yang lebih kecil (300MB) tapi tidak ada pengaturan bahasa Indonesia pada ponsel nantinya. File download simpan saja di SD Card di luar folder biar gampang.

3. Masuk ke recovery mode dengan cara, dalam keadaan mati tekan tombol volume up + tombol power secara bersamaan, sampai ponsel nyala.

4. Setelah masuk ke recovery mode, pilih Wipe >> langsung saja geser ke kanan pada Swipe to Factory reset. Setelah selesai kembali lagi ke Home.

Install Ulang ROM Xiaomi Redmi 1S

5. Pilih Install >> klik pada Storage untuk memilih file ROM yang anda download di SD Card >> geser ke kanan pada Swap to confirm Flash. Tunggu sampai proses selesai. Setelah proses flash sukses pilih Wipe cache/ dalvik. Reboot ke sistem.

Mengatasi Bootloop Xiaomi Redmi 1S

Sampai di sini anda sudah berhasil install ulang ROM bawaan Xiaomi Redmi 1S.

Tapi jika permasalahan anda masih berlanjut dan ponsel tetap tidak mau masuk ke sistem, terhenti hanya di logo Mi saja, maka solusi terakhir adalah flashing ponsel anda atau install ulang sistem. Untuk melakukan flashing ponsel Xiaomi Redmi 1S ini, anda memerlukan PC/ komputer. Nah, pengalaman saya kemarin berhasil flashing atau install ulang Xiaomi Redmi 1S. Flashing ini saya lakukan dikarenakan kesalahan saya hingga ponsel menjadi ngehank, lebih parah dari sekedar bootloop atau banyak yang menyebutnya ponsel hardbrick.

Jadi waktu itu ketika saya mau ganti ROM Android Kit Kat untuk Xiaomi Redmi 1S ini, terjadi kesalahan waktu proses Wipe. Biasanya proses Wipe yang dilakukan adalah Wipe dalvik cache, Wipe data, dan Wipe cache. Waktu itu coba coba saya ikutkan Wipe system. Ternyata setelah proses Wipe ponsel tidak bisa diinstall ROM baru alias Failed, di situ muncul peringatan “No OS Installed”. Sudah beberapa ROM coba saya install tetapi hasilnya nol besar. Masih tetap muncul peringatan No OS Installed yang berakibat tidak bisa pasang ROM apapun. Ternyata ini yang dinamakan hardbrick. Kalau sudah hardbrick kayak gitu, berdoa saja agar anda bisa memperbaikinya tanpa harus pergi ke service center :D.

Tapi untuk ponsel Xiaomi Redmi 1S yang mengalami hardbrick ini, ada tutorial flashing ulang ponsel yang bisa anda lakukan sendiri. Tutorial lengkapnya adalah sebagai berikut.

1. Download peralatan flashing berikut

– Download MiFlash >> http://bigota.d.miui.com/tools/MiPhone2.11.6.exe

– Download Fastboot ROM >> http://bigota.d.miui.com/JHCCNBH45.0/armani_images_JHCCNBH45.0_4.3_cn_e7e373f319.tgz

2. Install MiFlash pada komputer anda. Bagi pengguna Windows 7 atau Windows 8, jika muncul peringatan seperti gambar berikut, pilih saja Install this driver software anyway.

Install MiFlash

3. Ekstrak file armani_images_JHCCNBH45.0_4.3.tgz yang telah anda download tadi. Isi file itu adalah seperti pada gambar berikut.

Fastboot ROM Xiaomi Redmi 1S

4. Dalam keadaan ponsel mati, masuk ke mode Fastboot, dengan cara tekan tombol volume bawah + tombol power secara bersamaan, tunggu sampai ponsel nyala. Tandanya ponsel Xiaomi Redmi 1S sudah masuk ke mode fastboot adalah tampilannya seperti gambar. Setelah itu hubungkan ponsel ke PC/ komputer.

Masuk Mode Fastboot Redmi 1S

5. Jalankan MiFlash yang sudah anda install dengan cara klik kanan >> Run as administrator

Jalankan MiFlash Untuk Flashing Xiaomi Redmi 1S

6. Setelah MiFlash terbuka, klik pada Browse untuk mencari folder armani_images_JHCCNBH45.0_4.3 yang sudah anda ekstrak tadi. Pilih pada folder images kemudian klik OK.

Cara Menjalankan MiFlash Redmi 1S

Flashing Xiaomi Redmi 1S Menggunakan MiFlash

7. Klik Refresh untuk mendeteksi ponsel yang terhubung. Maka akan muncul kode pada kolom Device.

Cara Flashing Xiaomi Redmi 1S

8. Setelah ponsel terdeteksi lanjutkan dengan mengklik Flash, maka ponsel flashing Xiaomi Redmi 1S akan berjalan, tunggu sampai proses selesai, biasanya agak lama.

Proses Flashing Xiaomi Redmi 1S

Proses Flashing Xiaomi Redmi 1S Sukses

9. Jika proses flashing selesai dan sukses maka ponsel Xiaomi Redmi 1S anda akan otomatis melakukan restart. Tunggu sampai ponsel menyala lagi. Dan selamat! Ponsel Xiaomi Redmi 1S anda sudah berhasil diselamatkan dari hardbrick ataupun bootloop.

Tags: Cara Flashing Xiaomi Redmi 1S Cara Install Ulang ROM Redmi 1S Cara Mengatasi Bootloop Xiaomi Redmi 1S Cara Menggunakan TWRP Redmi 1S Hardbrick Pada Xiaomi Redmi 1S Mengatasi Hardbrick Xiaomi Redmi 1S Mengatasi Masalah No OS Installed Xiaomi Redmi 1S No OS Installed Ponsel Android Xiaomi Redmi 1S Bootloop

Share artikel ini jika bermanfaat...

Artikel bermanfaat lainnya...

Related Post "Tutorial Lengkap Flashing/ Install Ulang Xiaomi Redmi 1S Hardbrick"

Review Xiaomi Redmi Pro Dua Kamera Belakang Kelebihan dan Kekurangan
Xiaomi untuk pertama kalinya merilis sebuah smartphone
  1. author

    aisalfiyat3 weeks agoReply

    mantap ni yg punya blog

  2. author

    sandy6 days agoReply

    udah di flash sukses tp tetep mentog d logo ,,gmn itu om?

1 2 3 4

Komentar di "Tutorial Lengkap Flashing/ Install Ulang Xiaomi Redmi 1S Hardbrick" Baca dan pahami artikelnya baru kalau ada yang kurang jelas ditanyakan