Hati-hati Membeli Domain dan Hosting Murah

Hati-hati untuk anda yang masih pemula jika ingin membeli hosting dan domain murah. Sebab bukannya harga murah yang akan anda dapat melainkan kerugian yang anda dapatkan. Kenapa? Yang namanya murah pasti lebih banyak kekurangannya daripada kelebihan. Kali ini saya akan share sedikit seputar pengalaman saya membeli domain dan hosting murah. Sebenarnya sudah lama saya ingin share artikel ini, akan tetapi dikarenakan kesibukan cari duit di dunia online dan sibuk belajar bisnis online dengan terpaksa blog ini jarang update artikel.

Masalah seputar domain dan hosting sudah kerap kali saya alami, dan ini menjadikan sebuah pengalaman dan pembelajaran tersendiri bagi saya. Dengan berbagai percobaan, trial dan error seputar pembuatan sebuah website atau blog akhirnya sedikit demi sedikit ilmu terkumpul dengan sendirinya.

Di sini saya hanya ingin berbagi pengalaman tentang domain dan hosting murah. Pastinya saat ini banyak penyedia layanan domain dan hosting yang berlomba-lomba mencari banyak pelanggan dengan berbagai cara tersendiri. Mulai dari promosi diskon, harga murah, bonus yang diberikan, sampai iming-iming spesifikasi server yang tangguh dengan harga murah. Bagi seorang blogger pemula, iming-iming harga domain dan hosting murah pasti menjadi pilihan utama karena kemungkinan mereka akan berpikiran “masih newbie jadi sekedar coba-coba dulu, buat apa beli yang mahal-mahal kalau ada yang murah”.

Oke jika anda berpikiran begitu boleh-boleh saja, asalkan anda juga harus memperhatikan kualitas penyedia layanan domain dan hosting. Murah bukan berarti murahan, pasti ini menjadi suatu semboyan sebuah penyedia layanan web hosting yang memberikan harga murah produk mereka. Ya pastilah namanya juga promosi.

Dulu sewaktu saya baru mengenal domain dan hosting juga berpikiran gitu, mencari dan membandingkan harga yang paling murah. Yang penting dapat domain dan hosting murah, masalah kualitas belakangan. Sampai dulu sempat saya memiliki 5 akun hosting yang nganggur karena tergiur dengan harga murah, yang pada kenyataannya memiliki spek server yang lembek. Jujur dulu saya hanya memiliki satu domain dengan 6 hosting yang berbeda, kok banyak banget hostingnya sampai 5? Ya karena dulu saya sering ganti-ganti hosting dikarenakan server hosting yang tidak sesuai harapan.

Dulu sempat saya memiliki 3 akun hosting berbeda di layanan hosting Indonesia dan 3 akun hosting di layanan hosting luar. Karena mencari harga murah dengan tidak memperhatikan kualitas hosting akhirnya 3 layanan hosting Indonesia sempat saya anggurin, sayang banget ya.

Kemudian satu layanan hosting luar juga saya anggurin dikarenakan tergiur harga murah yang pada kenyataannya server tidak setangguh yang dikatakan. Satu akun hosting luar tersebut saya beli dengan harga 2 dollar per bulan. Menurut saya sih cukup murah karena katanya sih support wp robot yang jika dipikir-pikir pasti server nya tangguh bukan? Akan tetapi baru instal beberapa plugin saja sudah terjadi fatal error, update juga begitu sering fatal error. Daripada ngurus hosting yang tidak jelas yang pada akhirnya blog tidak bisa diakses lebih baik pindah hosting saja.

Oh ya, di antara 3 akun hosting Indonesia tersebut ada satu hosting murah (benar-benar murah) dengan server yang cukup tangguh. Tangguh di sini maksud saya hosting bisa diinstal wp robot maupun stt2. Waktu itu saya beli hosting dengan harga 150 ribu per tahun, gila murah kan? Setelah saya coba memang bisa diinstal wp robot, tidak terjadi error. Akan tetapi yang menjadi kendala adalah hosting sering maintenance alias down yang berakibat blog tidak bisa diakses. Kalau sering down gini kan tidak baik di mata search engine. Dengan sangat terpaksa pindah hosting lagi deh.

Dan ternyata, setelah kurang lebih 1 bulan hosting Indonesia tersebut saya tinggalkan ternyata website penyedia hosting tersebut sudah tidak bisa diakses alias sudah diparkir. Nah loh, penipuan kan. Dan setelah saya cek dan ricek ternyata situs penyedia hosting tersebut masih tergolong baru dirilis. Ini berarti penipuan berkedok hosting murah, setelah dapat beberapa pelanggan kemudian ditinggal kabur. Ini yang saya alami waktu itu.

Kemudian satu lagi, domain teknikit.com ini sekarang yang jadi masalah saya. Dulu saya beli domain teknikit.com di amdhost.net dengan harga 70 ribu per tahun, cukup murah kan jika dibandingkan penyedia layanan domain dan hosting yang lain. Karena harga murah tersebut ada 5 domain saya yang nongkrong di amdhost.net. Tapi dari 5 domain tersebut yang aktif hanya 2 domain, yang lainnya saya anggurin dikarenakan ternyata susah mengurus banyak domain, hehe.

Nah, saya kurang tahu tepatnya, mungkin sekitar akhir tahun 2011 lalu amdhost.net sudah bubar, nah loh penipuan lagi kagak nih. Bukan juga sih, karena walaupun sudah bubar akan tetapi saya masih diberi pemberitahuan lewat email tentang login ke control panel domain. Jadi saya masih bisa memiliki akses penuh ke domain control panel. Waktu itu saya tidak terlalu memikirkan soalnya domain teknikit.com tergolong baru, yang penting saya masih punya akses ke control panel siapa tahu suatu saat pindah hosting bisa mengubah NS Server.

Baru akhir-akhir ini saya kepikiran, lantas kalau amdhost.net bubar bagaimana saya akan memperpanjang domain ini dan domain saya yang lain? Ke mana saya harus melakukan pembayaran sedangkan di control panel domain tidak ada petunjuk perpanjang domain atau yang lain? Kan amdhost sudah bubar dan tidak mengurus lagi domain-domain saya?

Saya sudah memikirkan sebelumnya, alternatifnya adalah mentransfer domain teknikit.com ke registrar lain atau memforward domain teknikit.com ke domain lain sebelum domain ini berakhir. Karena susah bahkan tidak bisa menghubungi pihak amdhost akhirnya saya mengobok-obok control panel domain dan untunglah saya menemukan di sana terdapat secret kode untuk transfer domain, juga ada fasilitas transfer domain ke registrar yang sama (move domain), untunglah.

Dari penjelasan yang cukup panjang lebar di atas saya ingin memberikan tips bagi anda dalam mencari domain dan hosting dengan harga murah.

1. Jangan tergiur dengan harga murah, karena yang murah pastinya banyak kekurangan. Ada harga ada rupa.

2. Cari referensi dulu di Google seputar popularitas penyedia web hosting yang ingin anda beli.

3. Jika ada penyedia domain dan hosting yang menawarkan harga murah, maksudnya luar biasa murah, lihat dulu umur website tersebut jika masih baru jangan mudah percaya, lebih baik mahal dikit yang penting penyedia domain dan hosting sudah lama dikenal dan terpercaya.

4. Jika anda memiliki paypal ataupun kartu kredit saya sarankan anda mencoba mencari layanan hosting luar, karena sepengalaman saya, dengan spek server yang sama harga hosting luar lebih murah. Dan juga biasanya penyedia domain luar sering melakukan promosi harga domain murah sampai 1,99 dollar per domain per tahun tapi di tahun berikutnya harga domain menjadi normal.

Itu saja yang saya tahu seputar tips membeli domain dan hosting murah. Yang jelas anda harus berhati-hati dalam memilih penyedia domain dan hosting yang menawarkan harga murah. Jangan sampai anda tertipu seperti saya, setelah beli terus ditinggal lari sama pemilik website. Biasanya ini terjadi pada website penyedia layanan domain dan hosting yang masih baru, dalam arti umur website belum genap 1 tahun.

Tags: Beli Domain Dengan Harga Murah Hati-hati Membeli Domain Hosting Murah Kualitas Hosting Luar Dibandingkan Hosting Indonesia Penipuan Berkedok Hosting Murah Penyedia Layanan Web Hosting Murah Perbandingan Hosting Lokal Dengan Hosting Luar Promo Diskon Domain Murah Promo Diskon Hosting Murah Tips Membeli Domain Hosting Murah

Share artikel ini jika bermanfaat...

Artikel bermanfaat lainnya...

Related Post "Hati-hati Membeli Domain dan Hosting Murah"

Pertama Kali Mengalami Account Hosting Suspended
Malam tadi untuk pertama kalinya saya mengalami
Tips Beli Hosting di Hawkhost Dengan Harga Murah
Kali ini saya akan berbagi tips seputar
  1. author

    Febrianty4 months agoReply

    Pencerahan sekali ini bagi blogger baru seperti saya, kebetulan punya rencana mindahin blogspot.co.id ke hosting berbayar supaya lebih aman dan nyaman ke depannya. Terimakasih

  2. author

    Eric belinda3 months agoReply

    Sangat membatu bos , sedangkan keperluan hosting memang penting untuk bisa semua akses milik kita, sedangkan bila terjadi seperti di atas repot, mau tanya ada di daerah saya ciamis seorang makelar hoting dari surabaya dengan harga awal 1 juta dan taun berikunua atau perpanjang 100 ribu ini amankah ?
    dan dia makelar hosting itu sudah daptar histing yuk domain smp, puskesmas dan nperusahaan yg mau pelayanannya karena awam tentang internet khusus hosting, dan ada bonus 5 domain bos dari paket diatas? saya kurang tahu nama penyedia hosting itu, karena bila ada yg berminat beli hosting haris banyak agar murah jadi jadi jangan satu intansi perusahaan yg pesan,
    ditunggu jawabanya aman gak, ininhalaman saya simpan untuk konfirmasi

  3. author

    info terbaru3 weeks agoReply

    memang gan dunia bloginh penuh dengan intrik intrik sehingga memerlukan pengalaman yang mumpuni

1 7 8 9

Komentar di "Hati-hati Membeli Domain dan Hosting Murah" Baca dan pahami artikelnya baru kalau ada yang kurang jelas ditanyakan