Smartfren Gangguan Nasional, Akses Internet Ke Luar Server Indonesia Tidak Bisa

Sejak 3 hari yang lalu sampai sekarang internet menggunakan Smartfren di tempat saya mengalami gangguan. Gangguan ini sepertinya bukan saya saja yang mengalaminya, tetapi hampir semua pengguna Smartfren di Indonesia mengalami hal yang sama, walau ada sebagian pengguna Smartfren yang masih lancar jaya sih. Jadi bisa dibilang Smartfren sedang mengalami gangguan nasional. Akses internet sangat lemot, sering RTO, tidak bisa buka Facebook, Twitter, bahkan kalaupun bisa membutuhkan waktu yang lama. Ditinggal mandi pun belum juga kebuka tuh situs Facebook.

Saya cari informasi di forum-forum ternyata memang benar, banyak pengguna Smartfren yang mengalami hal yang sama seperti saya. Saya berinisiatif untuk menanyakan langsung ke pihak Smartfren melalui email dan mereka pun menjawab email saya yang isinya adalah sebagai berikut.

Bapak Sigit Yang Terhormat,

Terima kasih atas kepercayaan Bapak yang telah menggunakan produk Smartfren.

Sehubungan dengan keluhan yang Bapak sampaikan terkait kendala akses data internet, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Saat ini kami sedang melakukan perbaikan untuk akses data di semua area yang berdampak ketidakstabilan layanan akses data internet. Dapat kami informasikan juga saat ini permasalahan tersebut telah di tangani oleh pihak terkait dan di usahakan secepatnya agar Bapak bisa menggunakan layanan internetnya kembali. Dapat kami informasikan setelah melakukan pengecekan untuk nomor Smartfren Bapak pada sistem kami bahwa nomor Smartfren tersebut dalam kondisi normal dan kami sarankan Bapak dapat mengakses internet kembali secara berkala. Terima kasih atas kepercayaan Bapak terhadap produk Smartfren.

Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan Terima kasih.

Hormat kami,

Eka Afriyenti

Customer Service Representative Smartfren | Customer Care

Ternyata pihak Smartfren sedang malakukan perbaikan akses data “di semua area”, berarti hampir semua daerah mengalami dampak dari perbaikan ini yang berakibat akses internet sangat lemot.

Jadi sudah 3 hari ini internet menggunakan Smartfren sangat-sangat lemot. Oh ya, berdasarkan pengalaman saya, gangguan yang terjadi hanya pada saat kita mengakses server luar Indonesia saja, misal Facebook, Twitter, atau blog-blog/web yang di hosting di luar Indonesia tidak bisa dibuka atau kalau pun bisa pasti butuh waktu “berjam-jam”. Sedangkan akses internet yang berada di server Indonesia misal Kaskus, Yahoo Indonesia, Indowebster, website Smartfren dan blog-blog/web yang dihosting di server Indonesia masih bisa untuk diakses. Sehingga jika anda biasanya internetan menggunakan DNS luar (DNS Google) jika mengalami hal seperti ini coba anda jangan menggunakan DNS dulu, soalnya gangguan hanya terjadi saat mengakses server luar.

Blog saya sendiri sebenaranya di hosting di luar Indonesia (Hawkhost), tapi Alhamdulillah masih bisa diakses walau harus membutuhkan tenaga yang lebih besar (lemot). Saking parahnya gangguan kali ini sampai tidak bisa mengakses Google maupun speedtest.net. Jadi sejak 3 hari kemarin saya cuma muter-muter di situs itu-itu mulu karena keterbatasan akses internet. 3 hari rugi nih dengan keterbatasan akses internet.

Padahal rencananya saya akan menerbitkan artikel tentang kecepatan internet menggunakan modem Pantech PX-500, setelah kemarin sudah berbagi pengalaman tentang cara instal modem Pantech PX-500 di Windows 7. Tapi dengan kondisi jaringan Smartfren yang terganggu saat ini sangat tidak memungkinkan untuk uji speed test modem Pantech PX-500. Orang masuk ke speedtest.net saja tidak bisa. Maaf bagi teman-teman yang sedang menunggu posting speed modem Pantech PX-500 jadi harus tertunda lagi :D. Nanti malam kalau internet Smartfren sudah normal Insya Allah akan saya terbitkan langsung.

Sebenarnya kemarin internet menggunakan Smartfren sempat normal, tepatnya saat sore. Tapi malamnya sekitar jam 11 seperti semula, kambuh lagi, lemot lagi, akses internet ke luar tidak bisa lagi. Jadi dari tadi malam sampai artikel ini diterbitkan, akses internet menggunakan Smartfren masih mengalami gangguan, lemot men. Mudah-mudah gangguan seperti ini tidak berlangsung lama, soalnya sudah 3 hari ini, sehingga akses internet menggunakan Smartfren tidak mubazir cuma muter-muter di situs itu-itu mulu.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
166 Comments
  1. August 25, 2013 | Reply
  2. bo'im
    August 30, 2013 | Reply
  3. ikbal
    August 31, 2013 | Reply
  4. wasta
    September 3, 2013 | Reply
  5. internet lelet
    September 18, 2013 | Reply
  6. rahman aminolah
    September 29, 2013 | Reply
  7. yaniyanti
    December 6, 2013 | Reply
  8. yaniyanti
    December 6, 2013 | Reply

Add a comment. Please do not leave link on comment form!

Your email address will not be published. Required fields are marked *