Review dan Penampakan Modem Pantech PX-500 Bundling Smartfren Terbaru

Akhirnya dapat juga nih modem yang selama ini sudah saya buru, modem Pantech PX-500 bundling Smartfren edisi terbaru. Kenapa saya katakan edisi terbaru? Karena sebenarnya modem Pantech PX-500 ini sudah lama keluar, tetapi waktu itu produk Pantech PX-500 masih keluaran Mobile 8 (Mobi) sebelum Mobile 8 bergabung dengan Smart. Dulu sebutannya Mobi Pantech PX-500, sekarang menjadi Smartfren Pantech PX-500. Logo/stiker dari modem Pantech PX-500 ini pun sudah diganti yang semula berstiker Mobi sekarang diganti dengan stiker Smartfren. Lalu dengan dikeluarkannya edisi terbaru dari Pantech PX-500 ini apakah ada keistimewaannya?

Sebelum saya membahas keistimewaaan dalam arti fitur dan spesifikasi Pantech PX-500 bundling Smartfren, akan saya perlihatkan dulu screenshot/penampakan dari modem Smartfren Pantech PX-500 ini.

Dus atau box Smartfren Pantech PX-500 masih sama seperti saat pertama kali dikeluarkan (sewaktu masih produk Mobile 8). Yang edisi terbaru ini cuma ditambahkan cover luar bertuliskan Smartfren. Juga ada stiker yang dulunya bertuliskan Mobi sekarang juga sudah diganti menjadi Smartfren.

Yang membedakan lagi di sini terletak pada harganya. Pada box tertulis harga modem Pantech PX-500 ini seharga 199 ribu, cukup murah kan, sama seperti harga modem Smartfren AC682/CE682. Padahal dulu waktu pertama kali keluar harganya hampir 500 ribu. Tapi kemarin saat saya membeli modem ini dikasih harga 230 ribu, lebih mahal ya. Mungkin karena modem ini limited edition kali ya. Saya langsung OKE saja, daripada kehabisan. Soalnya banyak juga yang menjual nih modem di atas 250 ribu.

Dari gambar di atas bisa kita lihat keterangan modem Smartfren Pantech PX-500. Walaupun harga modem sama dengan modem Smartfren AC682/CE682 tapi modem Pantech PX-500 memiliki beberapa kelebihan di antaranya bonus internet selama 30 hari up to 3,1 Mbps, sedangkan modem Smartfren AC682/CE682 hanya dapat kecepatan up to 384 Kbps. Dari kecepatan bonus internet up to 3,1 Mbps berarti bisa dipastikan modem Pantech PX-500 ini sudah support EVDO Rev.A, tapi belum support EVDO Rev.B loh.

Pantech PX-500 sudah mendukung dual band (800/190 Mhz). Kemudian (katanya sih) modem Pantech PX-500 lebih tahan panas dibandingkan modem Smartfren AC682/CE682. Ini mungkin wajar kali ya melihat ukuran modem Pantech PX-500 yang relatif jauh lebih besar. Berikut ini screenshot perbandingan modem Pantech PX-500 dengan modem Smartfren EC306-2.

Tuh modem atau HP ya? Besar amat??? Hehe…

Kemudian modem Pantech PX-500 ini sudah dilengkapi dengan antena. Di samping itu juga terdapat slot untuk antena eksternal, jadi jika anda berniat memasang antena eksternal pada modem Pantech PX-500 maka anda tidak perlu susah-susah ngebor nih modem, beda dengan modem Smartfren AC682 atau EC1261-2.

Setelah berbicara sedikit kelebihan modem Pantech PX-500, sekarang saatnya membuka dus modem Pantech PX-500, apa saja sih isinya…

Di dalam paket dus/box modem Pantech PX-500 bundling Smartfren ini terdiri dari:

– 1 unit modem Smartfren Pantech PX-500
CD driver Pantech PX-500 yang sudah mendukung Windows XP, Windows Vista, Windows 7 dan Mac OSX
– Mini USB, entah kenapa saya mendapatkan 2 mini USB, satu panjang satu pendek, atau memang sebenarnya dapat 2 kali ya
– Buku panduan Mobi Mobile Broadband, termasuk di dalamnya ada petunjuk instalasi, seting internet, cara isi pulsa, dan lain-lain
– Buku panduan cara registrasi
– Syarat dan ketentuan
– Penyesuaian Buku Panduan USB Modem EVDO Rev.A Pantech PX-500, ini bisa juga disebut amandemen pertama Buku panduan Mobi Mobile Broadband, hehe..

Modem Pantech PX-500 bergaransi 1 tahun, tapi saya tidak menemukan kartu garansi di dalamnya, mungkin garansinya pakai kuitansi pembelian.

Oh ya. Ada satu kekurangan dari Modem Pantech PX-500 bundling Smartfren ini, yaitu modem ini tidak support RUIM (kartu), jadi nih modem tipe inject, tidak pakai kartu. Saya juga belum paham betul tentang sistem inject ini. Tapi setahu saya inject berarti modem sudah dimasuki nomor Smartfren di dalamnya, anda tidak bisa sembarangan mengganti nomor/reinject, harus ke Galeri Smartfren. Tapi bagi yang sudah mahir bisa saja melakukan inject meng-inject nih modem. Tapi walaupun begitu sistem inject diklaim lebih stabil dalam penerimaan sinyal dan kecepatan internet.

Modem Pantech PX-500 termasuk modem unlock. Karena katanya Pantech PX-500 bisa diinject nomor provider lain selain Smartfren seperti Esia, Flexi, Starone. Tapi katanya agak ribet juga, saya belum paham betul. Nantilah kalau sudah dapat ilmunya.

Oke, ini sedikit review dari saya tentang modem Pantech PX-500 bundling Smartfren edisi terbaru. Kalau ada salah-salah mohon dimaafkan. Untuk performa dari modem Pantech PX-500 akan saya share di artikel selanjutnya. Yang tertarik sama modem Pantech PX-500 bisa hubungi admin Blog Teknik IT atau chat via YM di bawah.

Klik salah satu tombol share di atas/di samping, jika ingin berkomentar scroll ke paling bawah

Artikel bermanfaat lainnya...

Klik Untuk Berkomentar

59 Komentar

  1. Abimalka February 19, 2013
  2. Salwa July 19, 2014
  3. sandi February 2, 2015
  4. Ilmu gratis August 7, 2015

Tinggalkan Komentar Anda