Dapat Juga Modem GSM Murah Huawei E303CS6-1

Setelah kemarin melakukan perburuan modem GSM murah yang bisa 3G/ HSDPA akhirnya saya memantapkan diri untuk melirik satu modem yaitu modem Huawei E303CS6-1. Untuk saat ini memang saya masih mempercayakan modem buatan Huawei seperti modem saya sebelumnya Smartfren EC306-2. Karena dari info yang saya dengar merk Huawei ini katanya lebih tangguh, menggunakan chipset Qualcomm yang katanya lebih tahan panas. Tapi untuk masalah panas atau tidaknya memang tergantung lokasi. Semakin sinyal yang didapatkan modem sedikit maka semakin cepat panas itu modem.

Kalau modem Huawei E303CS6-1 ini belum tahu juga performanya, masih dalam proses uji coba karena baru saja beli. Kemarin saya dapatkan modem ini di toko di kota saya. Waktu itu katanya modem ini ada diskon. Saya dapat harga Rp 189.000, kalau harga normalnya atau harga sekarang sekitar Rp 205.000. Tanpa ba bi bu langsung deh saya beli, sepertinya ini modem keluaran baru. Kemarin saya rencana mau beli sekalian kartu perdana Three AON yang kuota 5GB, tapi sayang di tokonya kehabisan stok, terpaksa harus dikirim dari Jakarta. Saya pikir sama-sama nunggu sekalian saja modemnya dikirim dari Jakarta. Pake JNE 2 hari sudah sampai rumah pakai Paket Reguler.

Huawei E303CS6-1

Kardusnya biasa saja sih, kecil, kayak kardus all modem Huawei :D, pantas saja orang harga modemnya saja murah. Modemnya warna ungu, sepertinya warna hitam tapi kenyataannya warna ungu. Kalau dibuka tutup modemnya di dalamnya ada slot SIM Card dan slot Micro SD, tidak ada slot untuk antena eksternal.

Modem GSM Huawei E303CS6-1

Secara umum modem Huawei E303CS6-1 ini sudah mendukung kecepatan download sampai 7,2 Mbps dan kecepatan upload sampai 5,7 Mbps. Bekerja di jaringan 3G HSUPA/HSDPA/WCDMA 2100MHz dan 2G GSM/GPRS/EDGE:900/1800/1900/850MHz. Kata penjualnya modem ini bisa berjalan di komputer yang menggunakan sistem operasi Windows, mulai dari Windows XP SP2/SP3, Windows Vista SP1/SP2 dan Windows 7. Untuk Windows 8 belum tahu juga, tapi katanya kalau software yang sudah suport Windows 7 biasanya juga suport Windows 8. Kemudian suport juga untuk Linux dan Mac OS X.

Proses instalasi modem Huawei E303CS6-1 ini juga sangat mudah karena cuma plug n play, jadi begitu dicolok ke komputer atau laptop maka bisa langsung diinstal, tinggal mengikuti langkah instalasi saja. Dashboard modem Huawei E303CS6-1 dilengkapi dengan fitur SMS, panggilan telepon, Wifi hotspot dan masih banyak fitur lainnya. Berikut adalah tampilan Dashboard/ UI modem Huawei E303CS6-1.

Dashboard UI Huawei E303CS6-1

Modem ini juga bisa dijadikan hotspot, tinggal melakukan pengaturan di dashboard modem di atas ada lambang Wifi. Tapi sepertinya fitur hotspot ini masih tahap beta, belum saya coba juga sih. Jangan lupa sebelum bisa internetan menggunakan modem ini terlebih dahulu anda harus melakukan pengaturan internet sesuai dengan kartu yang anda gunakan. Caranya ya seperti pada modem-modem pada umumnya sangat mudah kok. Di situ ada menu Settings.

Oke, sekian review singkat dari modem GSM murah Huawei E303CS6-1 yang baru saja saya dapatkan. Untuk masalah performa dan kinerja mungkin akan saya bahas di artikel selanjutnya. Masalah speed mungkin tergantung dengan provider yang digunakan. Setidaknya saat ini saya sudah memiliki backup internet, jadi tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu jaringan Smartfren sedang gangguan, tinggal ganti modem bisa konek internet lagi.

Klik salah satu tombol share di atas/di samping, jika ingin berkomentar scroll ke paling bawah

Artikel bermanfaat lainnya...

Klik Untuk Berkomentar

5 Komentar

  1. Epilogue ID November 7, 2013
  2. fikrismea November 11, 2013
  3. Gunadi July 27, 2014
  4. Vino November 26, 2014
  5. Shinta March 19, 2016

Tinggalkan Komentar Anda