Review Xiaomi Redmi 5 Plus, Desain dan Fitur Baru Yang Belum Pernah Ada Sebelumnya

Setelah beberapa hari menggunakan smartphone Xiaomi Redmi 5 Plus ini akhirnya saya bisa menulis sedikit review tentang Redmi 5 Plus ini. Seri Redmi 5 ini sebenarnya ada 3 varian, Redmi 5a, Redmi 5, dan Redmi 5 Plus. Beda lagi dengan seri Redmi Note 5 ya, kalau Redmi Note 5 ada lagi 2 varian yaitu Redmi Note 5 dan Redmi Note 5 Pro. Belum lagi ada seri Mi5 yang sudah jauh jauh bulan diluncurkan. Mungkin bagi pengguna baru, yang baru kenal Xiaomi, akan kesulitan membedakan seri Xiaomi yang cukup banyak ini.

Untuk Redmi 5 Plus ini memang meneruskan kesuksesan seri sebelumnya, Redmi 4x. Namun sebenarnya untuk spesifikasi lebih ke penerus Redmi 4 Prime, karena Redmi 4x sendiri spesifikasinya masih di bawah Redmi 4 Prime. Namun device Redmi 4 Prime sendiri kemarin tidak masuk secara resmi ke Indonesia, seri Redmi 4 yang masuk dan dijual resmi di Indonesia yaitu Redmi 4x. Namun jika disandingkan secara spesifikasi Redmi 5 Plus ini mirip mirip dengan Redmi 4 Prime, namun tetap secara keseluruhan masih unggul Redmi 5 Plus.

Jadi ponsel Redmi 5 Plus ini ada dua varian yang dijual di Indonesia, pertama varian RAM 3GB ROM 32GB, dan kedua varian RAM 4GB ROM 64GB. Untuk harga sendiri varian 3/32 dijual dengan harga Rp 2.199.000 sedangkan varian 4/64 dijual Rp 2.699.000. Penjualan Redmi 5 Plus masih dilakukan online lewat flash sale di situs online terbesar di Indonesia Lazada, JD.id dan Shopee. Selain secara online Redmi 5 Plus juga bisa didapatkan lewat offline di Authorized Store Xiaomi, tapi setahu saya masih sebatas di Mi Store Jakarta dan sekitarnya., kota lain sementara menyusul.

Jadi di sini yang akan saya review adalah Redmi 5 Plus RAM 3GB ROM 32GB. Paket penjualan Redmi 5 Plus ini memang lain daripada yang lain, lain daripada penjualan Xiaomi sebelumnya. Di Redmi 5 Plus ini ada bonus softcase yang disertakan di dalam paket dus nya. Ini sangat bermanfaat sekali, jadi anda tidak perlu mencari case tambahan untuk melindungi ponsel. Selain softcase, isi paket penjualan masih seperti biasa yaitu device Redmi 5 Plus itu sendiri, kepala charger dengan output 5V 2A, kabel charger micro USB, buku manual, buku petunjuk alamat service center Xiaomi di seluruh Indonesia, dan yang terpenting adalah pembuka SIM card.

Unboxing Xiaomi Redmi 5 Plus Indonesia

Smartphone dengan gebrakan baru Xiaomi ini dilengkapi dengan fitur yang belum pernah ada pada smartphone Xiaomi sebelumnya. Di samping fitur, desain dari Redmi 5 Plus ini juga beda dari desain ponsel ponsel Xiaomi sebelumnya. Salah satu fitur baru yang disematkan pada Redmi 5 Plus adalah adanya lampu LED di depan (LED selfie), fungsi LED ini tidak alain adalah dipakai saat foto selfie, agar gambar yang dihasilkan lebih jelas dan terang daripada tanpa lampu LED. LED depan ini sifatnya cuma soft LED selfie, jadi tidak menyilaukan mata, bukan flash seperti pada LED flash di belakang. Selain fitur LED selfie, desain dari Redmi 5 Plus juga mengusung desain full screen dengan rasio layar 18:9. Dengan desain full screen ini bezel terlihat lebih tipis dan enak juga dilihat, lebih mengarah ke bezel less.

Redmi 5 Plus Dengan Layar Full Screen

Berbicara masalah layar, bentang layar Redmi 5 Plus ini berukuran 5,9 inchi mendekati 6 inchi, bisa dikatakan Redmi 5 Plus ini sebuah phablet. Walau ukuran layar 5,9 inchi namun karena desain layar yang full screen ini maka Redmi 5 Plus tidak terlihat terlalu bongsor, tidak seperti pada Mi Max yang memang disebut phablet karena ukurannya yang bongsor. Redmi 5 Plus memiliki dimensi 158,5 x 75,5 x 8,1 mm dengan berat hanya 180 gram saja. Layar Redmi 5 Plus sudah Full HD dengan resolusi 1080 x 1920 dilindungi dengan Corning Gorilla Glass.

Desain mewah, elegan, kokoh terpancar dari Redmi 5 Plus ini karena mengusung desain unibody dengan cover belakang berbahan material alumunium. Di bagian belakang ini anda akan menemukan kamera dengan resolusi 12MP, lampu LED flash dual tone, dan sensor fingerprint. Desain kamera belakang Redmi 5 Plus ini agak menojol, beda daripada seri sebelumnya. Desain yang lebih menonjol ini sangat rawan terkena goresan, karena jika ponsel ditaruh otomatis bagian yang tersentuh kamera duluan. Untuk itu disarankan menggunakan case tambahan yang minimal agak tebal untuk melindungi bagian kamera belakang agar tidak bersentuhan secara langsung saat ditaruh.

Desain Redmi 5 Plus Belakang

Kamera belakang Redmi 5 Plus memang cuma 12MP saja, namun lensa yang dipakai lebih bagus daripada yang 13MP di ponsel Xiaomi sebelumnya. Lensa kamera Redmi 5 Plus berukuran 1.25 μm f/2.2 bisa merekam video berukuran 2160p dengan di 30fps. Sedangkan untuk kamera depan berukuran 5MP disertai LED selfie.

Kamera Redmi 5 Plus Agak Menonjol

Untuk tombol tombol sendiri, Redmi 5 Plus masih seperti biasa. Di sebelah kanan ada tombol untuk power dan volume, sedangkan sisi kiri ada slot SIM card. Redmi 5 Plus mendukung dual SIM card, dan slot SIM 2 bisa digunakan untuk micro SD. Jadi model slot buat micro SD masih hybrid, gantian dengan SIM 2. Di bagian atas ponsel ada lubang untuk jack audio 3.5, port inframerah untuk remot, dan ada lubang mic. Sedangkan di bagian bawah ada lubang speaker, mic, dan lubang micro USB. Yang berbeda kali ini untuk tombol navigasi Redmi 5 Plus berada di dalam layar memanfaatkan software, tidak lagi di luar layar.

Redmi 5 Plus sudah menggunakan MIUI 9 dengan OS Android Nougat. Dan kemungkinan akan mendapatkan update ke Android Oreo, mungkin pada peluncuran MIUI 10 nanti. Satu fitur baru yang ada pada MIUI 9 ini yaitu adanya fitur split screen. Split screen hanya bisa dinikmati pada device Xiaomi ber-OS minimal Android Nougat. Split screen memungkinkan anda menjalankan lebih dari satu aplikasi dalam satu layar sekaligus.

Redmi 5 Plus Tes Gaming

Redmi 5 Plus Tes Game HD

Untuk prosesor, Redmi 5 Plus menggunakan prosesor berchipset Qualcomm Snapdragon 625 octa core 2.0 GHz, dengan arsitektur 14nm. Menurut saya sih bosan ya dengan Snapdragon 625 ini, pasalnya prosesor ini sudah banyak dipakai di device Xiaomi seperti pada Xiaomi Mi A1, Mi 5x, Mi Max 2, Redmi Note 4x, dan Redmi 4 Prime. Namun memang saya akui untuk chipset Snapdragon 625 ini dikenal sangat hemat daya dan cukup powerfull. Untuk GPU sendiri Redmi 5 Plus menggunakan Adreno 506. Sudah terbukti Snapdragon 625 mampu menjalankan game game HD yang berukuran di atas 1GB dengan lancar. Apalagi dibekali kapsitas RAM 3GB bahkan 4GB, sangat lancar untuk menjalankan game HD.

Skor Antutu Benchmark Redmi 5 Plus ini bisa mencapai 76 ribuan.

Skor Antutu Benchmark Xiaomi Redmi 5 Plus

Redmi 5 Plus dibekali baterai dengan kapasitas 4000 mAh. Dengan kapasitas baterai yang cukup besar ini diklaim Redmi 5 Plus mampu bertahan hingga 17 hari di kondisi standby, mampu memutar lagu hingga 165 jam, mampu memutar video hingga 15 jam, dan mampu bermain game 9 jam secara terus menerus, secara teori.

Oke, jadi itu sedikit review dari saya tentang Xiaomi Redmi 5 Plus ini. Ponsel dengan harga 2 jutaan namun memiliki fitur dan desain yang mewah. Jika dibandingkan dengan merk sebelah dengan spesifikasi yang sama sih yang memang di mana mana ponsel Xiaomi itu lebih murah, tak terkecuali Redmi 5 Plus ini. Satu hal yang masih lemah pada smartphone Xiaomi ini adalah dari sisi kamera. Hampir semua seri Xiaomi yang pernah saya pakai kualitas kamera yang dihasilkan sangat lemah di kondisi low light. Tapi untuk keadaan yang cukup cahaya memang tidak diragukan lagi hasil kameranya. Jadi dari sini bisa saya ambil kesimpulan kelebihan dan kekurangan Redmi 5 Plus.

Kelebihan Xiaomi Redmi 5 Plus

– Harga murah jika dibandingkan merk sebelah dengan spesifikasi yang sama

– Dapat bonus softcase

– Desain modern, elegan, full screen, bezel less

– Fitur tambahan LED selfie

– Kapasitas baterai besar 4000 mAh

– Kamera lebih optimal bisa merekam video 2K

Kekurangan Xiaomi Redmi 5 Plus

– Prosesor masih itu itu saja

– Slot micro SD masih hybrid

– Desain kamera menonjol, rawan gesekan

– Kualitas kamera jelek di lowlight

– Garansi TAM belum bisa unlock bootloader

Artikel bermanfaat lainnya...

Leave a Reply