Ikutan Flash Sale Redmi 5, Alternatif Obat Buat Yang Sakit Hati Karena Redmi 5A

Xiaomi resmi merilis dua device baru mereka ke Indonesia pada 14 Februari 2018 kemarin, yaitu Redmi 5 dan Redmi 5 Plus. Banyak fitur baru yang dihadirkan pada dua produk ini, termasuk desain yang sangat berbeda daripada smartphone Xiaomi sebelumnya. Baik Redmi 5 maupun Redmi 5 Plus sudah mengusung desain layar full screen dengan aspek rasio 18:9, layar lebih lebar daripada ponsel sebelumnya. Full screen di sini memperlihatkan bezel smartphone yang lebih tipis, tapi belum sampai bezel less layaknya Mi Mix. Bentang layar Redmi 5 sendiri berukuran 5,7 inchi, sedangkan Redmi 5 Plus berukuran 5,9 inchi, masing masing device dikonfirmasi sudah menggunakan pelindung layar corning gorilla glass. Walau layar cukup lebar namun masih nyaman untuk digenggam layaknya smartphone seri Redmi Note sebelumnya.

Sedikit garis besar spesifikasi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus ini bisa dilihat pada gambar berikut.

Spesifikasi Redmi 5

Spesifikasi Redmi 5 Plus

Salah satu fitur baru pada Redmi 5 dan Redmi 5 Plus yang belum ada pada smartphone Xiaomi sebelumnya antara lain adanya LED flash pada kamera depan. Dengan begitu hasil kamera depan akan terlihat lebih terang dan jelas jika dibandingkan tanpa lampu flash. Sebenarnya fitur ini sudah diusung pada Redmi Note 5a Prime, dan diteruskan pada Redmi 5 dan Redmi 5 Plus. Kemudian fitur lain yang menjadi pembeda dengan smartphone Xiaomi lain seperti yang sudah saya jelaskan di atas adalah full screen dengan aspek rasio 18:9. Untuk masalah kamera, baik pada Redmi 5 maupun Redmi 5 Plus ini kamera utama dibekali dengan sensor 12MP dengan lensa f/2.2 1.25 μm.

Prosesor yang dipakai pada Redmi 5 merupakan peningkatan dari seri sebelumnya Redmi 4 maupun Redmi 4x. Untuk Redmi 5 ini menggunakan prosesor berchipset Qualcomm Snapdragon 450 octa core 1,8 GHz dengan GPU Adreno 506. Sedangkan untuk Redmi 5 Plus menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 625 octa core 2 GHz dengan GPU Adreno 506. Snapdragon 625 ini merupakan prosesor yang sudah banyak dipakai di device Xiaomi sebelumnya termasuk yang terakhir dipakai pada Xiaomi Mi A1, karena memang dikenal lebih powerfull namun tidak boros daya.

Baik Redmi 5 maupun Redmi 5 Plus sudah menggunakan Android Nougat, yang kemungkinan akan mendapatkan update ke Android Oreo, dengan tampilan MIUI 9. Satu fitur yang sangat disayangkan adalah slot buat MicroSD masih hybrid alias gantian dengan slot SIM 2, padahal pada Redmi 5a slot MicroSD sudah dedicated bisa dual SIM sekaligus pasang microSD, kenapa di seri atas ini malah diubah lagi jadi hybrid ya? Tau deh.

Kedua device sudah dibekali sensor fingerprint di bagian belakang, layaknya pada smrtphone Xiaomi lainnya. Di sisi baterai, Redmi 5 dibekali kapasitas baterai 3300 mAh, lebih kecil daripada Redmi 5 Plus yang sudah dibekali baterai dengan kapasitas 4000 mAh.

Itulah sedikit penjelasan mengenai spesifikasi dari Redmi 5 dan Redmi 5 Plus yang baru dikenalkan di Indonesia beberapa hari yang lalu. Lantas apa hubungannya dengan Redmi 5a?

Seperti yang sudah pernah saya tulis sebelumnya bahwa, salah satu smartphone terbaru Xiaomi yang sampai sekarang masih booming adalah Xiaomi Redmi 5a, kenapa? Redmi 5a ini menjadi smartphone yang pertama dijual Xiaomi dengan harga murah, paling murah di antara smartphone Xiaomi lainnya. Terakhir kali smartphone Xiaomi yang paling murah adalah Redmi 4a. Dengan munculnya Redmi 5a ini menjadikan Redmi 4a tergusur predikatnya sebagai ponsel Xiaomi termurah.

Xiaomi Redmi 4a pada saat flash sale pertama kali dijual di harga Rp 1.499.000, termurah saat itu. Sedangkan pada flash sale Redmi 5a kemarin dijual dengan harga Rp 999.000, tidak sampai 1 juta, jauh lebih murah daripada Redmi 4a. Untuk spesifikasi antara Redmi 4a dan Redmi 5a ini hampir sama dan bahkan mungkin sama. Dengan harga yang terpaut 500 ribuan tersebut, siapa yang tidak tertarik untuk membeli Redmi 5a? Oleh karena itu dengan harga yang kurang dari sejuta tersebut Redmi 5a menjadi smartphone Xiaomi yang masih laris manis saat ini. Sayangnya penjualan Redmi 5a saat ini masih sebatas flash sale atau dijual secara online, mungkin ada beberapa sudah tersedia di toko official store Xiaomi, tapi itu paling cuma ada di Ibukota.

Flash sale Redmi 5a sampai saat ini masih dilakukan di website Lazada. Tiap flash sale berlangsung hanya beberapa detik saja Redmi 5a sudah habis terjual alias SOLD OUT. Banyak pengguna yang kecewa, khususnya bagi mereka yang tidak mendapatkan Redmi 5a karena kalah cepat dengan yang lain. Sudah meluangkan waktu untuk mantengin flash sale bahkan sebelum start flash sale sudah mantengin Lazada, eh hasilnya ZONK. Bahkan katanya ada loh yang nyuri waktu ketika masih kerja hanya karena mau ikutan flash sale Redmi 5a.

Oke, bagi yang sering di-PHP-in Lazada atau Redmi 5a, mungkin anda bisa sedikit tenang karena bakal ada smartphone baru yang nanti akan dilakukan flash sale, ya tadi itu Redmi 5 dan Redmi 5 Plus. Saya bisa memprediksi flash sale Redmi 5 dan Redmi 5 Plus nanti tidak sesulit flash sale Redmi 5 Plus. Salah satunya yaitu flash sale Redmi 5 dan Redmi 5 Plus akan dilakukan di tiga toko online terbesar di Indonesia yaitu Lazada, JD.id, dan Shopee. Sedangkan flash sale Redmi 5a hanya dilakukan di Lazada, kadang saking banyaknya pengguna yang ikutan flash sale sampai website Lazada error alias down, ini yang bikin stress pengguna dan yang membuat Redmi 5a lepas dari keranjang, diganggu oleh error website Lazada. Dengan dibaginya flash sale ke tiga toko online tersebut diharapkan akan meminimalisir terjadinya down website.

Kemudian alasan saya yakin flash sale Redmi 5 dan Redmi 5 Plus tidak sesulit flash sale Redmi 5a adalah karena harga kedua device tersebut di atas harga Redmi 5a. Kalau Redmi 5a hanya dijual 1 juta pas (999.000), Redmi 5 akan dijual di harga 1,7 juta pas (lebih tepatnya 1.699.000), sedangkan untuk Redmi 5 Plus akan dijual 2,2 pas (lebih tepatnya 2.199.000). Redmi 5a bisa laris manis dan terjual habis dalam hitungan detik karena harganya yang murah, maka menurut saya Redmi 5 dan Redmi 5 Plus tidak akan secepat itu, apalagi sudah dibagi ke tiga toko online.

Sebenarnya penjualan Redmi 5 dan Redmi 5 Plus nanti akan dibagi dalam dua varian, lihat saja harga di bawah ini.

Harga Redmi 5

Harga Redmi 5 Plus

Redmi 5 akan dijual dalam 2 varian, RAM 2GB ROM 16GB dijual dengan harga Rp 1.699.000 dan RAM 3GB ROM 32GB dijual di harga Rp 1.899.000. Sedangkan untuk Redmi 5 Plus RAM 3GB ROM 32GB dijual dengan harga Rp 2.199.000 sedangkan untuk RAM 4GB ROM 64GB dijual dengan harga Rp 2.699.000.

Oke, memang harga Redmi 5 dan Redmi 5 Plus jauh di atas Redmi 5a. Namun bisa dipastikan baik Redmi 5 dan Redmi 5 Plus tetap akan laris manis saat flash sale nanti pasalnya banyak fitur baru yang dihadirkan pada device tersebut, termasuk upgrade hardware di prosesor, desain lebih ciamik dengan full screen, siapa yang tidak tertarik coba? Ini juga bisa mengobati sakit hati anda yang tidak pernah dapat flash sale Redmi 5a. Ada kan yang sudah ikutan flash sale Redmi 5a dari flash sale pertama hingga akhir tapi belum pernah dapat? Pasti ada lah. Eh bukan saya loh, saya cuma ikutan 3x saja dan tidak pernah dapat, hahahaha.

Oh ya, flash sale Redmi 5 dan Redmi 5 Plus akan dimulai pada 22 Februari 2018 nanti pukul 11.00 WIB. Silahkan anda tandai kalender anda bagi yang ingin ikutan flash sale. Yang mau ikutan flash sale Redmi 5 atau Redmi 5 Plus daftarkan email anda dulu DI SINI.

Artikel bermanfaat lainnya...

Leave a Reply