Pilih Redmi 5a, Redmi 5, Atau Redmi 5 Plus? Mana Yang Paling Bagus?

Belum lama ini Xiaomi resmi merilis produk smartphone baru mereka ke pasar Indonesia. Tiga smartphone terakhir yang dirilis resmi di Indonesia adalah Redmi 5a, Redmi 5, dan Redmi 5 Plus. Redmi 5a sendiri sebenarnya sudah dirilis di akhir 2017 yang lalu, sementara untuk Redmi 5 dan Redmi 5 Plus baru dirilis bulan Februari 2018 kemarin. Ketiga smartphone Xiaomi tersebut sampai saat ini masih dijual dengan cara flash sale di Lazada, JD.id, dan Shopee. Dan masih laris manis saja, terlihat setiap kali dilakukan flash sale baik Redmi 5a, Redmi 5, maupun Redmi 5 Plus ludes terjual dalam hitungan detik (tidak sampai semenit).

Sebegitu antusiasnya masyarakat Indonesia untuk membeli smartphone Xiaomi bukan karena tidak ada alasan. Salah satu alasan yang paling klasik kenapa banyak pengguna smartphone khususnya di Indonesia lebih memilih Xiaomi karena harganya yang lebih murah daripada kompetitornya, di kelas yang sama. Sehingga tak heran jika beberapa bulan yang lalu di media sosial muncur tagar #mendingxiaomi. Dengan harga yang lebih murah anda akan mendapatkan smartphone dengan spesifikasi yang sama bahkan lebih tinggi daripada kompetitornya.

Pilih Redmi 5A Redmi 5 Atau Redmi 5 Plus

Namun yang namanya produk buatan manusia di samping ada kelebihan pasti ada kekurangannya. Di antara ketiga smartphone besutan Xiaomi tersebut memang ada kelebihan dan kekurangan masing masing. Di sini saya akan sedikit menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangan tersebut, sehingga anda bisa memilih, smartphone mana yang sekiranya cocok buat anda, apakah mau pilih Redmi 5a, Redmi 5, atau Redmi 5 Plus.

Sebelumnya perlu anda ketahui terlebih dahulu, antara Redmi 5a dengan Redmi 5 beda. Mungkin banyak yang mengira kalau Redmi 5a dengan Redmi 5 sama saja, padahal hal itu salah. Redmi 5a memang lebih dahulu terkenal daripada Redmi 5. Bagi newbie yang baru tahu Xiaomi, pasti anda akan dibuat bingung dengan seri ponsel Xiaomi ini. Seri Redmi 5 ada beberapa varian, ditambah lagi ada beberapa varian juga dari seri Redmi Note 5. Pokoknya bagi yang baru kenal Xiaomi pasti akan dibuat bingung dengan banyaknya seri ini.

Redmi 5a

Seri Redmi 5a memang jadi seri smartphone termurah Xiaomi untuk saat ini. Redmi 5a hanya dijual seharga Rp 999.000 tidak sampai 1 juta. Sejak flash sale pertama sampai detik ini Redmi 5a masih laku keras di pasaran karena memang harganya yang sangat murah. Cuma untuk harga 999 ribu itu hanya bisa didapatkan lewat flash sale di Lazada. Sebenarnya di Mi Store di Jakarta juga menjual Redmi 5a seharga 999.000 namun stok jauh lebih sedikit daripada penjualan saat flash sale, sehingga sering habisnya kalau di Mi Store. Sedangkan di Erafone sendiri juga menjual Redmi 5a ini namun dengan harga Rp 1.299.000, terpaut 300 ribu daripada penjualan flash sale Lazada.

Oh ya, sudah tahu arti flash sale belum? Kalau diartikan mentah flash sale berarti penjualan kilat. Sesuai karena flash sale Redmi 5a secepat kilat, dalam hitungan detik langsung habis terjual semua. Habisnya di sini belum diketahui secara pasti apakah memang yang beli banyak atau memang stok yang dijual sedikit. Yang jelas saat flash sale tiga varian Redmi 5 tersebut hanya berlangsung dalam hitungan detik saja. Penjualan flash sale hanya dilakukan secara online di toko online Lazada, JD.id, dan Shopee.

Perlu anda ketahui juga, ikutan flash sale itu tidak mudah loh. Barang habis dalam hitungan detik, saingan banyak, yang ikut banyak, stok terbatas. Perlu kecepatan di sini baik kecepatan internet maupun kecepatan tangan. Banyak pengguna yang gagal ikutan flash sale gara gara kalah cepat saja dengan yang lain. Saya sendiri juga sudah mengalaminya, gagal terus saat ikutan flash sale. Kalau mau ikutan flash sale butuh kesabaran yang ekstra. Kalau anda tidak sabar tapi pengen mendapatkan Redmi 5 series tersebut, solusinya beli di offline, atau di toko online lain seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, yang dijual biasa bukan flash sale, namun dengan harga yang lebih mahal antara 200 ribu sampai 400 ribuan daripada harga flash sale.

Oke, lupakan masalah flash sale, sekarang balik lagi ke topik, antara Redmi 5a, Redmi 5, Redmi 5 Plus pilih mana? Sebelumnya saya jawab dulu, semua itu tergantung budget anda. Budget anda cuma 1 juta, pilih Redmi 5a. Kalau cuma dibuat main game, sosial media, internetan, streaming, cukup lah kalau pilih Redmi 5a. Harga juga paling murah di antara dua seri Redmi 5 lainnya.

Mau Pilih Redmi 5a?

Secara garis besar Redmi 5a memiliki spesifikasi: jaringan sudah 4G/ LTE, layar HD 5 inchi, prosesor Snapdragon 425, RAM 2GB ROM 16GB, kamera utama 13MP kamera depan 5MP, dual SIM ditambah slot micro SD dedicated, MIUI 9 Android Nougat 7.1,  port infrared untuk remot, dan baterai 3000 mAh. Satu fitur yang bisa diunggulkan dari ponsel murah ini adalah adanya slot micro SD yang terpisah dengan slot dual SIM nya. Produk smartphone Xiaomi sebelumnya selalu menawarkan slot micro SD hybrid yang hanya bisa digunakan bergantian dengan SIM 2. Tapi untuk seri paling murah ini malah Xiaomi memanjakan pengguna dengan menyediakan slot micro SD secara terpisah/ dedicated.

Jadi langsung diambil kesimpulan, bahwa kelebihan Redmi 5a ini adalah paling murah di kelasnya, slot micro SD dedicated, murah tapi juga sudah 4G. Sedangkan kekurangan dari Redmi 5a antara lain layar masih HD 720×1080, belum ada fingerprint, baterai masih 3000 mAh. Kalau baterai sebenarnya masih dalam ukuran wajar sih ya. Namun semakin ke depan produsen smartphone akan meningkatkan lagi kapasitas baterai, pasalnya untuk saat ini penggunaan smartphone lebih banyak digunakan untuk multimedia dibandingkan hanya untuk telepon dan berkirim pesan. Dan untuk keperluan multimedia tersebut diperlukan kapasitas baterai yang cukup besar karena pastinya akan boros daya.

Jadi di balik harganya yang murah juga terselip sesuatu yang kurang sekali. Mau harga murah ya terima fitur apa adanya.

Atau Pilih Redmi 5?

Sekarang kita beralih ke Redmi 5. Ponsel Redmi 5 ini merupakan ponsel yang kedudukannya di antara Redmi 5a dan Redmi 5 Plus. Spesifikasinya tidak terlalu rendah maupun tidak terlalu tinggi. Redmi 5 menjadi salah satu smartphone yang menggunakan prosesor seri terbaru Qualcomm yaitu Snapdragon 450. Sebelumnya belum ada ponsel Xiaomi yang menggunakan chipset Snapdragon 450 ini. Seri sebelumnya Redmi 4x menggunakan Snapdragon 435. Jadi bisa dikatakan di seri Redmi 5 ini merupakan upgrade dari seri Redmi 4x. Spesifikasi Redmi 5 pun lebih tinggi daripada Redmi 5a. Tak heran jika harganya pun terpaut hingga 700 ribuan.

Secara garis besar Redmi 5 memiliki spesifikasi antara lain: jaringan 4G/ LTE, layar full screen 5,7 inchi dengan resolusi HD 720×1080 18:9 aspect ratio, prosesor Snapdragon 450, RAM 2GB ROM 16GB atau RAM 3GB ROM 32GB, kamera utama 12MP LED flash, sedangkan kamera depan 5MP yang juga ada selfie LED, dual SIM dengan slot micro SD hybrid (gantian dengan slot SIM 2), port infrared untuk remot, sensor fingerprint, dan kapasitas baterai 3300 mAh. Secara spesifikasi lebih unggul daripada Redmi 5a. Kelebihan Redmi 5 antara lain layar lebih lebar 5,7 inchi dibandingkan Redmi 5a yang hanya 5 inchi. Dengan layar lebar ini lebih asyik saat menonton video ataupun main game. Kelebihan lain prosesor juga sudah upgrade ke Snapdragon 450, lebuh powerfull dan lebih irit daripada Redmi 5a, baterai lebih besar daripada Redmi 5a. Fitur baru di Redmi 5 adalah adanya lampu LED pada kamera depan yang meungkinkan hasil foto selfie lebuh jelas dan detail di kondisi low light. Di Redmi 5a belum ada lampu LED selfie. Kemudian di Redmi 5 ini juga sudah dilengkapi dengan sensor fingerprint di bagian belakang.

Kelebihan Redmi 5

Kekurangan dari Redmi 5 sendiri juga pastinya ada, yaitu di harga yang lebih mahal pastinya. Jika Redmi 5a bisa anda dapatkan dengan harga 1 juta pas, sedangkan untuk Redmi 5 anda harus menyiapkan budget 1,7 juta, terpaut 700 ribuan ya, lumayan banyak lah. Kekurangan lain adalah di resolusi layar, walau sudah full screen sampai 5,7 inchi namun resolusi layar masih HD 720×1080, dan dari segi slot micro SD yang masih dedicated bergantian dengan slot SIM 2 menjadikan satu kekurangan dari smartphone Redmi 5 ini. Padahal di seri murahnya Redmi 5a sudah menggunakan dedicated slot micro SD. Jadi kesimpulannya adalah untuk kaum penggemar HP murah mungkin Redmi 5 ini jauh dari lirikan. Namun untuk para gamer dan yang hobi multimedia, Redmi 5 sangat cocok bagi anda karena dari segi hardware lebih powerfull, layar lebar full screen lagi. Penggemar selfie juga harusnya anda lebih memilih Redmi 5 karena sudah dilengkapi dengan LED selfie dan juga fitur Smart Beauty 3.0.

Atau Sekalian Pilih Redmi 5 Plus Yang Lebih Mantep?

Berlanjut lagi kita bahas Redmi 5 Plus. Seri Redmi 5 Plus ini merupakan seri Redmi 5 dengan spesifikasi tertinggi. Ada beberapa hardware yang sudah diupgrade dari seri Redmi 5. Secara garis besar Redmi 5 Plus memiliki spesifikasi di antaranya layar full screen 5,9 inchi dengan resolusi FHD 1080×1920, prosesor Snapdragon 625, RAM 3GB ROM 32GB dan RAM 4GB ROM 64GB, kamera kurang lebih sama dengan Redmi 5, dual SIM slot hybrid dengan micro SD, port infrared, sensor fingerprint, dan kapasitas baterai yang lebih besar 4000 mAh.

Kelebihan Redmi 5 Plus

Dari segi hardware memang Redmi 5 Plus ini lebih unggul daripada Redmi 5, apalagi Redmi 5a. Menggunakan Snapdragon 625 yang sudah terkenal powerfull dan irit daya. Layar Redmi 5 Plus juga sangat lebar hampir 6 inchi dengan resolusi full HD, dan juga sudah full screen layaknya smartphone jaman now. Kualitas kamera hampir sama dengan seri Redmi 5, dilengkapi dengan lampu LED di kamera depan dan fitur Smart Beauty 3.0, yang suka selfie tentu sangat cocok jika bisa memiliki Redmi 5 Plus ini. Sudah ada sensor fingerprint juga, dan satu yang unggul yaitu di kapasitas baterai yang sampai 4000 mAh. Dengan kapasitas baterai sebesar ini diklaim Redmi 5 Plus mampu bertahan selama 17 hari dalam kondisi standby, bisa tahan 165 jam untuk memutar lagu, 15 jam untuk memutar video, dan bisa tahan main game sampai 9 jam.

Untuk harga sendiri Redmi 5 Plus memang dijual di atas 2 jutaan, flash sale Redmi 5 Plus dijual Rp 2.199.000 atau 2,2 juta. Harga sendiri terpaut 500 ribuan jika dibandingkan dengan Redmi 5, namun kepuasan anda akan terpenuhi jika menggunakan Redmi 5 Plus, apalagi untuk main game dan menonton video. Ini menjadi salah satu kekurangan ya, harga yang lebih mahal dibandingkan seri Redmi 5 lain. Tapi untuk harga bisa dikatakan murah jika kita membandingkan dengan kompetitor di kelas yang sama. Kekurangan lainnya adalah slot micro SD yang masih hybrid dengan slot SIM card.

Untuk seri Redmi 5 Plus sendiri, jika diambil perbandingan dengan smartphone Xiaomi seri sebelumnya misal seri Redmi Note 4x Snapdragon, dengan spek dan harga yang kurang lebih sama, Redmi 5 Plus banyak unggulnya, misal di layar full screen yang lebih lebar, dan kualitas dan fitur kamera yang lebih lengkap. Tapi kalau dibandingkan dengan Xiaomi Mi A1 ya jauh lebih unggul Mi A1, menurut saya.

Kekurangan secara umum untuk ketiga seri Redmi 5 di atas yaitu untuk mendapatkan di harga murah harus secara flash sale, rebutan dengan pengguna lain, dan belum tentu mendapatkannya. Dan ketiga smartphone tersebut jika dijual ulang di toko online maupun offline harga tidak semurah saat flash sale, lebih mahal 200 sampai 400 ribuan, ini untuk harga seller yang wajar ya, kadang ada seller yang ingin buru buru naik haji dengan menawarkan harga yang terpaut di atas 500 ribuan daripada harga flash sale.

Makin Bingung Mau Pilih Yang Mana?

Jadi jika anda saat ini masih bingung untuk memilih antara Redmi 5a, Redmi 5, maupun Redmi 5 Plus, yang pertama dipikirkan adalah budget yang tersedia saat ini berapa. Jika cuma 1 juta ya anda pilih saja Redmi 5a. Jika ingin smartphone yang lebih bagus lagi lebih kekinian yang menawarkan fitur full screen dan LED selfie ya pilih Redmi 5 dengan tambah budget 700 ribu. Redmi 5 juga tidak jelek jelek amat kok. Yang jelas lebih powerfull daripada Redmi 5a, dibandingkan Redmi 4x saja lebih powerfull Redmi 5. Ingin layar yang lebih lebar lagi 5,9 inchi ya pilih Redmi 5 Plus. Kalau ditanya mana yang paling bagus? Ya jawabannya adalah Redmi 5 Plus. Kalau ditanya mana paling murah? Dengan lantang saya teriakkan Redmi 5a. Sekarang anda ingin bagus atau ingin murah? Pasti jawabannya ingin bagus tapi murah, hahahahaha.

Artikel bermanfaat lainnya...

Leave a Reply