Teknologi EVDO Rev.B Smartfren Cacat, Komunikasi Data Campur Komunikasi Suara

Masih informasi seputar teknologi EVDO Rev.B dari Smartfren. Kali ini saya akan menginformasikan sedikit, sedikit saja nih, tentang tidak sempurnanya teknologi EVDO Rev.B yang dimiliki Smartfren alias agak sedikit cacat. Cacatnya di sini terletak pada bercampurnnya komunikasi data dengan komunikasi suara pada EVDO Rev.B Smartfren. Maksudnya bagaimana ya? Bercampur kok kayak es campur saja? Mungkin saya perlu menjelaskan sedikit tentang EVDO nih.

EVDO Rev B Fase 2 Smartfren

Sebelumnya ada yang sudah tahu kepanjangan EVDO belum? Kalau ada yang belum tahu, EVDO kepanjangan dari EVolution Data Only kadang juga ada yang menyebutnya EVolution Data Optimized. Yaitu suatu standar untuk transmisi data secara nirkabel komunikasi generasi ketiga (3G) dan diciptakan secara khusus hanya untuk CDMA dengan menggunakan frekuensi radio.

Dari kepanjangannya EVolution Data Only berarti bisa diambil kesimpulan bahwa teknologi EVDO hanya menjalankan komunikasi data saja (internet). Smartfren sendiri juga sudah mengklaim bahwa teknologi EVDO, baik EVDO Rev.A maupun EVDO Rev.B memiliki koneksi khusus untuk komunikasi data saja tidak bercampur dengan komunikasi suara, ada jalurnya sendiri-sendiri. Dengan terpisahnya komunikasi data dengan komunikasi suara ini ‘seharusnya’ menjadikan akses internet pada jaringan EVDO menjadi super cepat. Ini yang diinginkan walaupun kenyataannya tidak begitu.

Jika EVDO hanya dikhususkan untuk komunikasi data lalu bagaimana dengan komunikasi suara? Komunikasi suara berjalan pada jaringan CDMA 1x. Sedangkan kita tahu sendiri kan, pada modem biasanya ada 3 pilihan mode, mode 1x only, mode EVDO only dan mode Hybrid. Silahkan anda baca lagi artikel saya ‘Perbedaan Mode 1x, EVDO dan Hybrid Pada Jaringan CDMA Smartfren‘.¬†Secara garis besarnya saja nih, jika anda menggunakan modem EVDO only berarti anda hanya bisa internetan saja, tidak bisa melakukan panggilan telepon maupun SMS. Untuk bisa melakukan panggilan telepon maupun SMS anda harus mengganti mode EVDO only menjadi mode 1x only atau mode Hybrid.

Saya juga sudah membuktikan sendiri bahwa jika kita menggunakan mode EVDO only maka fitur panggilan telepon dan SMS tidak bisa dilakukan dan harus memilih mode 1x atau mode Hybrid. Dari sini berarti memang sudah membuktikan bahwa teknologi EVDO memang dikhususkan untuk komunikasi data saja. Ini jika pada teknologi EVDO Rev.A Smartfren, lain halnya pada teknologi EVDO Rev.B Smartfren.

Itulah kenapa saya memberikan judul artikel ini EVDO Rev.B Smartfren Cacat, karena memang ternyata teknologi EVDO Rev.B Smartfren belum sempurna betul. Pada EVDO Rev.B Smartfren jika kita memilih mode EVDO only maka kita masih tetap bisa melakukan panggilan telepon maupun SMS. Ini berarti komunikasi data dengan komunikasi suara masih bercampur pada EVDO Rev.B. Apa mungkin ini kali ya yang membuat kecepatan internet EVDO Rev.B Smartfren masih lemot, jauh sekali dari yang dijanjikan? Bisa jadi.

Saya baru sadar setelah kemarin-kemarin saya melakukan registrasi kartu modem Smartfren EC306-2 pertama kali melalui SMS. Setelah proses registrasi kartu sukses ternyata saya sadar kalau saya sedang menggunakan mode EVDO only. Saya pikir kok mode EVDO only bisa kirim SMS ya? Harusnya kan tidak bisa? Dari sini saya baru tahu kalau teknologi EVDO Rev.B Smartfren ternyata masih cacat, beda dengan EVDO Rev.A yang memang benar bahwa komunikasi data terpisah dengan komunikasi suara.

Saya memang belum mengerti benar tentang teknologi EVDO Rev.B Smartfren ini. Apa memang Smartfren sengaja mencampur komunikasi data dengan komunikasi suara pada EVDO Rev.B atau memang sebenarnya EVDO Rev.B Smartfren masih cacat. Mungkin hal seperti ini tidak begitu penting sih, yang penting kecepatan EVDO Rev.B Smartfren harusnya sesuai dengan yang dijanjikan.

Untuk membuktikannya saya telah mengupload video amatiran ke Youtube, bahwa pada mode EVDO only saya masih bisa mengirim SMS untuk mengecek bonus internet. Maaf ya videonya masih amatir.

Tags: EVDO Rev.B Smartfren EVDO Rev.B Smartfren Belum Sempurna EVDO Rev.B Smartfren Cacat EVDO Rev.B Smartfren Lemot Kenyataan EVDO Rev.B Smartfren Komunikasi Data Campur Komunikasi Suara Komunikasi Suara Pada Mode EVDO Only SMS dan Panggilan Telepon Mode EVDO Only

Share artikel ini jika bermanfaat...

Artikel bermanfaat lainnya...

Related Post "Teknologi EVDO Rev.B Smartfren Cacat, Komunikasi Data Campur Komunikasi Suara"

Cara Mengetahui Modem Bekerja di Frekuensi 800 Mhz atau 1900 Mhz
Bagi pengguna modem CDMA pastinya anda sudah
Kecepatan Internet Smartfren EVDO Rev.B Sangat Tidak Memuaskan
Seperti janji saya pada artikel Review Modem
Tips Mengatasi Masalah Koneksi Internet Modem Sering RTO (Request Time Out)
Menjengkelkan sekali jika kita sedang asik-asiknya internetan
(Smartfren) Ternyata Memang Benar Lokasi Menentukan Prestasi
'Lokasi menentukan prestasi'. Mungkin anda pernah mendengar
  1. author

    rendrapcx4 years agoReply

    Bisa jadi sih…. kalo memang sudah mantap itu rev b. Mengapa smartphonenya selqlu berkutat di rev a. Yang rev b cuma ascend w1. Sekedar spekulasi pribadi gan hehehe

  2. author

    evolution data optimized3 years agoReply

    Wah artikelnya cacat… pengertian evdo aja salah. emang kalo lagi kirim sms atau telepon 1xRTT akan otomatis menyala dan mati… cacat kau… dilihat indikator sinyal pasti gitu

  3. author

    leo2 years agoReply

    Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul ” Teknologi EVDO Rev.B Smartfren Cacat, Komunikasi Data Campur Komunikasi Suara “.
    Saya juga mempunyai E-book yang Pengertian Komunikasi/Definisi Komunikasi judul artikel yang anda buat. E-book Komunikasi

1 2 3

Komentar di "Teknologi EVDO Rev.B Smartfren Cacat, Komunikasi Data Campur Komunikasi Suara" Baca dan pahami artikelnya baru kalau ada yang kurang jelas ditanyakan