FUP Harian Smartfren Menyulap Internet Super Cepat Menjadi Sangat Lemot

Apa yang anda ketahui tentang FUP? FUP singkatan dari Fair Usage Policy yang berarti batas pemakaian wajar. Jika dijabarkan lebih jauh FUP bisa diartikan bermacam-macam makna. Tapi intinya FUP membatasi pemakain kuota internet anda. FUP yang diterapkan oleh masing-masing provider berbeda-beda, ada yang harian, mingguan atau bulanan. Dan biasanya ini tergantung dari pilihan paket internet. Dan di sini saya akan membahas masalah FUP yang diterapkan oleh provider Smartfren.

Sebagai pengguna Smartfren pastinya anda sudah mengetahui beberapa paket internet Smartfren Connex yang sudah diberikan oleh Smartfren. Dan paket internet Smartfren Connex yang sering disebut-sebut adalah Paket True Unlimited dan Paket Volume Based. Kedua pket inilah yang sering digunakan oleh para pelanggan Smartfren.

Nah, jika kita terapkan pembahasan masalah FUP Smartfren, Menurut Smartfren, FUP atau Fair Usage Policy adalah penyesuaian kecepatan akses yang dilakukan apabila pelanggan telah melewati batas volume tertentu dengan tujuan untuk menjamin kesetaraan kualitas layanan akses data bagi semua pelanggan Smartfren. Smartfren menerapkan FUP harian untuk pengguna paket Volume Based dengan kecepatan up to 3,1 Mbps dan besar FUP harian tersebut adalah 1 GB per hari. Untuk pelanggan paket True Unlimited sendiri pada website Smartfren tidak menerapkan sistem FUP karena katanya unlimited, tapi saya sendiri belum tahu juga soalnya belum pernah mencobanya.

Sekarang kita persempit lagi pembahasan kita masalah FUP harian Smartfren untuk pengguna paket Volume Based yang kecepatan up to 3,1 Mbps. Smartfren hanya memberikan kuota internet 1 GB per hari yang artinya anda hanya bisa internetan dalam sehari hanya boleh menghabiskan kuota internet 1 GB. Jadi walaupun anda berlangganan misal paket 6 GB per bulan, anda tidak bisa menghabiskan kuota 6 GB tersebut dalam sehari karena maksimal sehari hanya bisa download 1 GB. Setelah kuota habis apa masih bisa internetan? Masih bisa, akan tetapi kecepatan internet anda akan diturunkan menjadi up to 153 Kbps. Kecepatan internet up to 153 Kbps itu sangat lemot. Coba saja bayangkan dari up to 3,1 Mbps menjadi 0,153 Mbps, terpaut 15 kali lebih lambat.

Lantas bagaimana dengan bonus internet unlimited selama 1 bulan atau 2 bulan saat kita membeli modem baru Smartfren, apakah juga menggunakan FUP? Jawabannya ya pasti lah pakai FUP. Walaupun anda membeli modem baru Smartfren, trus mendapat gratis internet unlimited selama 1 bulan/2 bulan, bukan berarti anda tidak terkena FUP harian. Iya sih kata-katanya mengungkapkan ‘UNLIMITED’ tapi sebenarnya tetap ada batasan per harinya. Smartfren kan lebih pintar. Tapi jangan khawatir, kecepatan internet anda akan kembali normal up to 3,1 Mbps pada hari berikutnya.

Jika kita lihat, kenapa FUP ini hanya diterapkan pada paket Volume Based. Mungkin bisa dijawab karena mereka tidak mau rugi. Mereka memberikan kecepatan up to 3,1 Mbps bukan berarti anda bisa download bebas sebesar-besarnya, tapi ada batasannya. Dan sudah saya hitung dengan kecepatan up to 3,1 Mbps minimal dalam sehari (24 jam) anda bisa mendownload file yang berukuran 25 GB bahkan bisa lebih. Itu jika tidak ada FUP harian.

Image Credit by Kaskus

Jika anda adalah maniak download, FUP harian ini akan sangat menjengkelkan bagi anda. Oke, memang sebelum kuota anda habis internetan serasa ngebut, tapi jika kuota anda sudah habis (sudah tercapai FUP) maka kecepatan internet akan turun menjadi 153 Kbps, sangat lemot.

Yang di atas baru membahas kecepatan internet yang up to 3,1 Mbps artinya yang masih menggunakan EVDO Rev.A. Bagaimana dengan EVDO Rev.B yang katanya kecepatan internet bisa sampai 14,7 Mbps? Tetap saja Smartfren tidak mau rugi. Mereka tetap menerapkan FUP harian. Akan tetapi untuk yang Rev.B ini Smartfren memberiakan kuota harian sampai 2 GB.

Sekarang kita hitung untuk akses internet EVDO Rev.B, ini secara kasarannya saja. Anda mendapatkan kecepatan internet up to 14,7 Mbps, saya kasih saja minimalnya misal cuma dapat 10 Mbps. Berapa kecepatan download jika koneksi anda up to 10 Mbps, paling tidak anda bisa mendownload dengan kecepatan 1 MB/s. Jika kecepatan download bisa sampai 1 MB/s bisa kita hitung dalam 1 menit anda sudah mendapatkan file download 60 MB, dalam 1 jam sudah dapat 3600 MB, sudah lebih dari 2 GB nih. Loh, masa cuma 1 jam saja sudah tercapai FUP sih? Berarti setelah ini kecepatan jadi lemot lagi? Smartfren sudah mematok kecepatan akan turun menjadi 153 Kbps jika FUP sudah tercapai, tidak pandang bulu.

Oke, ini hanya pendapat saya saja sih. Saya juga belum mencoba yang EVDO Rev.B dari Smartfren. Mau mencoba takutnya pakai FUP harian tadi (di samping juga belum cukup duit sih). Maaf kalau sok tahu nih.

Tapi jika kita telusuri lebih jauh, kenapa sih pengguna internet menginginkan kecepatan internet yang kenceng, bahkan ingin yang sampai 14,7 Mbps? Sebagaian besar pengguna pasti memiliki tujuan untuk download file di internet. Mereka paling benci saat proses download file sangat lemot, hal ini bisa memakan waktu berjam-jam. Tapi saya rasa jika tujuan anda hanya untuk browsing-browsing, Facebook, anda tidak perlu kecepatan internet yang up to 14,7 Mbps, terlalu mubazir menurut saya.

Jadi FUP harian yang diterapkan oleh Smartfren menurut saya menjadi jebakan bagi para maniak download. Karena seperti gambar yang saya ambil dari Kaskus di atas ‘Smartfren, rasakan pengalaman baru berinternet cepat seperti F1 sampai tak terasa sudah nabrak, sisanya serasa dilanjut dengan jalan kaki‘. Pertamanya sih kenceng seperti F1, tapi jika kuota habis (FUP tercapai) bagaikan jalan kaki (sangat lemot).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
42 Comments
  1. antok
    January 16, 2014 | Reply
  2. July 24, 2014 | Reply
  3. SmratDancok
    August 31, 2014 | Reply

Berkomentarlah sesuai isi artikel! Please, do not spam!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *