Tips Memilih Paket Internet Smartfren Connex Yang Cocok Untuk Anda

Kali ini saya akan membahas tentang Tips Memilih Paket Internet Smartfren Connex. Apa itu Paket Internet Smartfren Connex? Paket Internet Smartfren Connex adalah beberapa paket internetan yang disediakan oleh Smartfren untuk para penggunanya baik yang pengguna prabayar maupun yang pascabayar. Paket Internet Smartfren Connex ini lebih murah dibandingkan jika anda menggunakan tarif internet biasa. Jadi bagi anda yang hobi internet dan yang sering download file-file besar di internet lebih baik anda mendaftarkan Paket Internet Smartfren Connex.

Paket Internet Smartfren Connex itu sendiri ada bermacam-macam. Dari situs Smartfren sendiri saya melihat ada tiga paket yang disediakan oleh pihak Smartfren.

1. True Unlimited

Yaitu paket internet yang tidak dibatasi dengan kuota, jadi benar-benar unlimited. Untuk anda yang suka download-download di internet mungkin paket ini cocok untuk anda. Akan tetapi pada paket True Unlimited ini kecepatan download lebih rendah daripada paket Volume Based. Kecepatan internet yang disediakan hanya sampai 384 Kbps.

2. Volume Based

Pada paket Volume Based, akses internet anda dibatasi oleh kuota. Akan tetapi jika anda memilih paket ini anda bisa mendapatkan kecepatan akses internet yang lebih cepat dibandingkan paket True Unlimited. Kecepatan yang disediakn bisa sampai 3,1 Mbps. Paket ini cocok untuk anda yang tidak suka internet lemot.

3. Postpaid Unlimited

Jika paket True Unlimited dan Volume Based ditujukan untuk pelanggan kartu prabayar maka paket Postpaid Unlimited ini hanya ditujukan bagi pelanggan kartu pascabayar. Ada keistimewaan tersendiri pada paket ini, karena Smartfren memberikan kecepatan akses internet sampai 14, 7 Mbps. Tentunya dengan harga yang lebih mahal.

Nah, dari ketiga paket internet yang disediakan oleh Smartfren di atas saya hanya akan memberikan tips untuk pengguna kartu Smartfren prabayar saja, karena saya sendiri seumur-umur belum pernah menggunakan kartu pascabayar. Yang akan saya jelaskan nanti adalah paket True Unlimited dan paket Volume Based.

Sebelum kita melangkah ke Tips Memilih Paket Internet Smartfren Connex, saya ingin tahu dulu sebenarnya anda itu tipe Netter (sebutan untuk pengguna internet) yang bagaimana.  Dari pengamatan saya lewat forum-forum, dan dari pengalaman teman-teman saya, pengguna internet di Indonesia ini ada 4 tipe.

1. Pengguna internet yang tidak suka lelet. Artinya mereka lebih memilih kecepatan daripada segalanya. Jadi walaupun harganya mahal tidak masalah yang penting akses internet tidak lemot. Biasanya ini adalah pengguna yang mampu sih, dalam arti modal.

2. Pengguna internet yang lebih suka unlimited. Di sini biasanya mereka menyukai akses internet yang tidak dibatasi oleh kuota. Jadi sekali dia beli paket misal sebulan ya mereka tidak mau keluar uang lagi selama satu bulan itu dan tetap bisa internetan. Pengguna internet unlimited juga biasanya lebih memilih internet murah daripada kecepatan.

3. Pengguna internet yang kurang bersyukur. Kenapa saya katakan kurang bersyukur karena pengguna internet ini lebih memilih internet gratis. Jadi mereka selalu berusaha bagaimana caranya untuk bisa internet gratis. Sebenarnya tidak masalah sih jika mereka mau mendatangi tempat-tempat Wifi gratis. Tapi yang saya sayangkan ada yang pengen internet di rumah tapi gratis. Kalau ada yang gratis kenapa harus bayar? (Maaf ya kalau ada yang tersinggung)

4. Pengguna internet yang tidak pernah bersyukur. Artinya di sini adalah pengguna internet yang maunya gratis internet juga mau internet yang cepat. Kenapa saya bisa berkata gini, karena saya pernah menemui pengguna internet di mall yang menyediakan Wifi gratis. Saat akses internetnya lemot minta ampun malah dia marah-marah sendiri. Ya tidak terlihat sih marahnya tapi dia di duduk dekat saya, jadi saya bisa tahu dia marah atau tidak. Ya mungkin dia hanya emosi sesaat sih, mungkin tidak mau dikatakan ‘tidak bersyukur’. Tapi pasti ada orang yang seperti ini. (Maaf lagi kalau ada yang tersinggung).

Nah dari keempat tipe pengguna internet di atas, untuk pengguna internet 3 dan 4 akan saya abaikan karena anda tidak perlu menggunakan kartu Smartfren atau provider yang lain, cukup datang aja ke tempat yang menyediakan Wifi gratis.

Kira-kira anda termasuk pengguna internet yang mana, pilih antara nomor 1 dan 2. Jika anda sudah tahu tipe anda sendiri kita lihat tabel paket internet yang disediakan Smartfren di bawah ini.

Jika anda adalah termasuk tipe pengguna internet yang lebih mengutamakan kecepata maka anda harus memilih paket Volume Based karena paket ini menyediakan kecepatan download sampai 3,1 Mbps dan upload sampai 1,8 Mbps. Lantas dari beberapa paket di atas anda harus memilih paket yang mana? Kita lihat lagi, apakah anda termasuk pengguna internet yang aktif atau tidak, pengguna internet yang aktif biasanya sebagian besar waktunya digunakan untuk berinternet. Di samping itu anda juga harus tahu sebelumnya, anda berinternet dengan tujuan apa. Jika anda hanya dekedar browsing-browsing/sedikit download file maka pilih kuota yang kecil-kecil saja. Saya menyarankan anda pilih yang paket 2 GB sebulan seharga 50 ribu rupiah. Harga 50 ribu sebulan saya rasa cukup murah jika dibandingkan dengan harga provider lain. 2 GB sebualn untuk download dan browsing saya rasa cukup, asal jangan download file yang besar misal download installer Windows atau download game yang ukuran filenya ratusan mega.

Lain halnya jika anda bukan pengguna internet yang aktif, artinya anda tidak tiap hari berinternet. Kalau anda termasuk tipe pengguna yang tidak aktif, saya sarankan memilih paket yang harian saja. Murah kok sehari cuma 1000 rupiah dapat 20 MB. Saya kira cukup jika anda hanya browsing-browsing saja, tidak untuk download.

Untuk pengguna internet yang nomor 2, yaitu yang lebih suka internet unlimited tanpa batasan kuota berarti anda harus memilih paket True Unlimited, lihat tabel harga di bawah.

Jika anda memilih paket True Unlimited bisa saya pastikan anda adalah pengguna internet yang aktif, artinya tiap hari anda selalu mengakses internet. Maka saya sarankan anda memilih paket bulanan yang 45 ribu rupiah. Memang kecepatannya lebih rendah sih (153 Kbps). Dan saran saya jangan anda memilih paket yang 90 ribu per bulan hanya untuk mendapatkan kecepatan internet yang lebih cepat (384 Kbps). Jika anda menginginkan akses internet yang cepat saya sarankan anda menggantinya ke paket Volume Based. Lebih baik anda memilih paket Volume Based yang 100 ribu per bulan daripada anda memilih paket True Unlimited 90 ribu per bulan.

Menurut saya terpaut 10 ribu tidak apa-apa yang penting akses internet lebih cepat. Lagian pada paket Volume Based 100 ribu anda mendapatkan kuota 6 GB. 6GB yang disediakan memangnya mau anda habiskan selama sebulan kah? Pastinya sisa banyak tuh. Ini cuma pendapat saya saja sih.

Kesimpulan:

Dari kedua paket di atas antara paket True Unlimited dengan paket Volume Based, saya lebih memilih paket Volume Based karena saya termasuk pengguna internet yang mengutamakan kecepatan. Jika internetan lemot lebih baik saya pakai waktu saya untuk mengerjakan pekerjaan yang lain daripada harus menunggu loading yang lama. Time is money. Waktu sangat berharga bagi saya.

Oh ya lupa, bagi anda pengguna baru Smartfren khususnya bagi pengguna baru modem Smartfren EC1261-2, kan anda mendapatkan 1 bulan internet gratis. Nah setelah 1 bulan itu lewat kan anda tidak bisa internetan tuh. Isi pulsa kartu anda minimal 50 ribu rupiah, maka anda akan mendapatkan gratis internetan dengan kuota 500 MB untuk 7 hari. Jadi setelah isi ulang pulsa minimal 50 ribu jangan daftar paket internet Smartfren Connex dulu, gunakan bonus anda itu selama seminggu baru setelah habis bisa daftar paket. Untuk cek bonus anda bisa menelepon di *995, caranya lihat lagi pada artikel Cara Cek Pulsa Modem Smartfren EC1261-2.

Untuk cara registrasi Paket Internet Smartfren Connex klik di sini.

Image credit by Smartfren.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
101 Comments
  1. Prayogo
    June 27, 2013 | Reply
  2. Mohamad sholikhun
    July 15, 2013 | Reply
  3. indah
    November 14, 2013 | Reply
    • Adips
      November 14, 2013 | Reply
  4. Ruly
    November 26, 2013 | Reply
  5. chikandini
    November 29, 2013 | Reply
  6. July 21, 2014 | Reply

Add a comment. Please do not leave link on comment form!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *