Berapa Kecepatan Download dan Upload Modem Smartfren EC1261-2?

Masih dengan tema yang berhubungan dengan modem Smartfren EC1261-2. Kali ini saya hanya ingin sharing/berbagi dengan anda jika anda masih ragu dengan modem Smartfren EC1261-2 atau modem Smartfren yang lain atau secara umum masih ragu dengan provider Smartfren. Mungkin anda pernah bertanya, berapa sih kecepatan download modem Smartfren EC1261-2 yang sebenarnya, bukan katanya, bukan janjinya? Itu wajar sebelum anda membelinya. Memang harusnya mencari referensi dulu sebelum anda membeli suatu modem, siapa tahu setelah terlanjur membeli ternyata saat dipakai malah lemotnya minta ampun. Sebenarnya bukan salah modemnya sih, tapi salah providernya. Kalau modemnya kan bisa diganti kartu (modem unlock).

Oke, kembali ke topik, berapa sih kecepatan download sebenarnya modem Smartfren EC1261-2? Sebelumnya sudah pada tahu jaringan EVDO kan? Kalau belum pada tahu bisa baca lagi artikel saya sebelumnya. Saya telah menguji modem ini pada jaringan EVDO Rev. A. Apa itu EVDO Rev. A? Kayaknya istilah baru lagi nih. Kapan-kapan kita bahas ya. Pada jaringan EVDO, modem Smartfren memang tergolong kenceng. Kalau janji providernya sih kecepatan download di jaringan EVDO bisa sampai 3,1 Mbps dan kecepatan upload sampai 1,8 Mbps. Tapi tergantung juga sih, maksudnya tergantung daerah yang menjangkau jaringan EVDO, tergantung kekuatan sinyal, tergantung berapa banyak penggunanya. Semakin jauh anda dari BTS Smartfren semakin kecil sinyal yang didapat, semakin banyak pengguna Smartfren juga semakin berkurang kecepatan download yang dijanjikan tersebut.

Jika anda ingin membeli modem Smartfren EC1261-2 atau modem Smartfren yang lain, pastikan dulu daerah anda menjangkau jaringan EVDO apa tidak, cari informasi di sekitar. Kalau tidak menjangkau alias jauh dari BTS ya sama saja bohong. Jika daerah anda hanya menjangkau jaringan 1x sih ya tetap saja lemot nanti saat internet. Kecepatan download pada jaringan 1x itu hanya sampai 384 Kbps, hampir 20 kali lebih kecil daripada EVDO yang sampai 3,1 Mbps. Tapi lemot di sini relatif kok, mungkin bagi anda kecepatan download 50 KB/s itu lumayan cepat, tapi ada juga yang berpendapat kecepatan download 100 KB/s itu masih tergolong lelet. So, lemot atau tidak berarti tergantung orangnya.

Kembali ke laptop. Saya menguji modem Smartfren EC1261-2 pada jaringan EVDO dengan sinyal strength 80% alias excellent, karena memang lokasi saya dekat BTS Smartfren. Kalau dilihat sih ada 5 bar sinyal EVDO di sana. Lihat saja gambar berikut.

Setelah itu saya mencoba menguji kecepatan download dan upload modem Smartfren EC1261-2 melalui Speedtest.net. Di sini saya menggunakan 3 browser yang berbeda yaitu Internet Explorer 9, Google Chrome 14 dan terakhir browser favorit saya yaitu Mozilla Firefox 6.

Berikut adalah hasil Speedtest.net menggunakan browser Internet Explorer 9. Dengan ping 95 ms, kecepatan download sampai 2,04 Mbps dan kecepatan upload 0,42 Mbps

Berikutnya saya coba menggunakan browser Google Chrome 14. Di sini terlihat hasilnya malah lebih rendah daripada Internet Explorer 9. Dengan ping 107 ms, kecepatan download 1,71 Mbps dan kecepatan upload 0,43 Mbps.

Dan terakhir saya menggunakan browser favorit saya nih, Mozilla Firefox 6. Hasilnya memang lebih cepat dari kedua browser di atas. Hasilnya adalah ping cuma 92 ms, kecepatan download sampai 2,28 Mbps dan kecepatan uploadnya sampai 0,43 Mbps. Tidak salah sih saya tertarik dengan Firefox sejak dulu.

Tapi dari hasil speedtest di atas memang bisa berubah-ubah sih jika seumpama anda lakukan ulang speedtest.

Oke, setelah kita mengetahui hasil speedtest.net modem Smartfren EC1261-2, sekarang kita akan buktikan dengan kecepatan download yang sebenarnya, dengan cara mendownload suatu file. Saya mencoba mendownload Adobe Flash Player lewat situs File Hippo menggunakan Internet DOwnload Manger (IDM). Ukuran file kurang lebih 3 MB dan hanya dalam beberapa detik selesai terdownload, karena kecepatan download di sini sampai 270 KB/s.

Satu lagi saya mencoba download sebuah game Dragon Nest yang berukuran 1,9 GB. Kecepatan download berkisar antara 200-300 KB/s, tidak pernah di bawah 200 KB/s. Wah, menurut saya kecepatan segitu termasuk kenceng sih.

Nah dari beberapa penjelasan disertai gambar di atas, sekarang anda bisa tahu sebenarnya berapa kecepatan download dan upload modem Smartfren EC1261. Sekarang anda memiliki referensi jika ingin membeli modem Smartfren EC1261-2.

Catatan: Hasil di atas tidak mutlak ya. Tergantung daerah anda. Bagi yang tinggal di daerah yang jauh dari BTS Smartfren atau yang di pelosok ya kemungkinan hasilnya tidak seperti itu. Dan saya sudah menjelaskan sebelumnya, di mana tempat saya berada, hingga mencapai kecepatan download dan upload seperti gambar di atas. Tapi sebelum anda ingin menjadi pelanggan Smartfren pastikan anda membaca dulu Beberapa Poin Penting Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Anda Menjadi Pelanggan Smartfren dan Kota-kota Mana Saja Yang Menjangkau Sinyal/Jaringan Smartfren.

Update!!!!!!

Berhubung banyak sekali yang tanya dan saya harus beberapa kali menjawab pertanyaan yang sama. Ini adalah artikel September 2011 lalu dan sekarang sudah April 2012, ada kurang lebih 7 bulan yang lalu. Waktu pertama kali saya beli modem EC1261-2 memang kecepatan dapat segitu, itu adalah paket gratisan modem satu bulan. Tapi menginjak bulan setelah masa gratisan habis kecepatan yang saya dapatkan tidak sampi segitu lagi, bahkan malah lemot. Ini juga harus dilihat lagi dengan paket yang anda gunakan. Untuk konversi paket dengan speed yang didapat bisa lihat lagi di sini.

Jadi dimaklumi saja kalau saat masa promo speed dapat tinggi. Lagian pengguna Smartfren sekarang sudah membludak, ini pengaruh juga pada speed yang anda dapatkan. Bahkan akhir-akhir ini Smartfren sering gangguan, gangguan kok tiap hari. Oh ya, saya sudah tidak memakai modem EC1261-2 lagi karena sudah saya ganti dengan modem EC306-2, speed lebih kenceng daripada EC1261-2.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
124 Comments
  1. husni
    April 17, 2012 | Reply
    • Thekrim
      April 18, 2012 | Reply
  2. dwi
    April 17, 2012 | Reply
    • Thekrim
      April 18, 2012 | Reply
      • Alfinsa
        May 27, 2012 | Reply
  3. izta
    May 16, 2012 | Reply
  4. agus
    December 18, 2012 | Reply
  5. Tangguh
    June 3, 2013 | Reply
  6. Tangguh
    June 3, 2013 | Reply
    • Eano N7
      July 23, 2013 | Reply
      • za
        October 12, 2013 | Reply

Add a comment. Please do not leave link on comment form!

Your email address will not be published. Required fields are marked *