Redmi Note 7 Resmi Dirilis di Indonesia, Harganya Bikin Brand Lain Down

Per hari ini 21 Maret 2019, Redmi Note 7 resmi diluncurkan di Indonesia. Smartphone pertama dari Redmi setelah Xiaomi melepas brand Redmi untuk berdiri sendiri ini menawarkan fitur yang cukup mewah, salah satu fitur mewah yang diusung Redmi Note 7 adalah fitur kamera beresolusi 48MP. Selain kamera banyak sekali fitur menarik lainnya yang diusung Redmi Note 7 ini.

Sebelumnya memang saya sudah pernah mereview Redmi Note 7 ini sebelum versi resmi dirilis di Indonesia. Redmi Note 7 yang pernah saya review adalah Redmi Note 7 versi China. Dan ternyata untuk spesifikasi hardware antara versi China dan versi resmi Indonesia ini adalah sama. Di lain pihak, ada juga Redmi Note 7 yang dirilis di India yang memiliki spesifikasi yang berbeda dengan versi China.

Spesifikasi Redmi Note 7 Indonesia

Mungkin ada yang belum tau ya kalau Redmi Note 7 sudah diluncurkan terlebih dahulu di India beberapa waktu lalu. Redmi Note 7 versi India berbeda di jeroan kamera saja dengan Redmi Note 7 di Indonesia. Versi India kamera utama Redmi Note 7 cuma dibekali dengan sensor berkekuatan 12MP + 2MP namun menggunakan sensor Sony IMX486. Sedangkan yang dirilis di Indonesia ini sama dengan versi China yaitu berkekuatan 48MP + 5MP menggunakan sensor Samsung ISOCELL S5KGM1. Kedua sensor tersebut memang sama bagusnya, mendukung fitur long exposure sampai 32 detik.

Fitur lain dari kamera utama Redmi Note 7 adalah dibekalinya LED flash dual tone di belakang yang letaknya vertikal dengan dual kameranya. Untuk kamera selfie sendiri Redmi Note 7 dibekali sensor berkekuatan 13MP dengan sensor Samsung S5K5E8. Kamera Redmi Note 7 sudah mendukung fitur AI scene yang akan mengenali objek tertentu sehingga menghasilkan gambar yang lebih detail.

Fitur menarik lain dari Redmi Note 7 adalah dapur pacunya yang sudah dibekali prosesor berchipset Qualcomm Snapdragon 660 AIE dengan pasangan GPU Adreno 512. SD660 ini memiliki 8 core, 4 core berkecepatan 1,8 GHz dan 4 core lagi berkecepatan 2,2 GHz. Saat dipakai untuk bermain game PUBGM anda bisa menyeting grafik HD dengan framerate High.

Fitur lain yang diusung Redmi Note 7 adalah dari segi body yang terlihat sangat premium. Redmi Note 7 sudah dilindungi Corning Gorilla Glass 5 di bagian depan dan belakang. Yak, mantap, selain layar yang dilindungi Corning Gorilla Glass 5, body belakang Redmi Note 7 juga berbahan kaca Corning Gorilla Glass 5. Diharapkan body Redmi Note 7 ini akan tahan terhdap goresan, tapi gak tahan banting loh ya.

Dari semua fitur premium yang disematkan di Redmi Note 7 ini, tak lupa pihak Xiaomi juga membekali kapasitas baterai yang cukup besar yaitu 4000 mAh, yang diharapkan cukup memenuhi kebutuhan para gamer dan extreme user sehingga gak perlu sering mengisi baterai. Tapi tetap saja semua tergantung penggunaan, dan menurut saya kapasitas baterai 4000 mAh sudah sangat cukup untuk ukuran sebuah smartphone di tahun 2019 ini.

Yak itu adalah basa basi spesifikasi dan fitur yang ditawarkan Redmi Note 7. Lantas berapa harga yang dipatok Xiaomi untuk sebuah smartphone Redmi Note 7 ini?

Sebelumnya, Redmi Note 7 akan dijual di Indonesia dalam 2 varian RAM/ROM. Redmi Note 7 RAM 3GB ROM 32GB dan Redmi Note 7 RAM 4GB ROM 64GB. Sedangkan warna yang disediakan ada 3 varian, Neptune Blue, Nebula Red, dan Space Black, atau gampangnya warna biru, merah, dan hitam. Untuk warna biru dan merah didesain dengan warna bergradasi sedangkan warna hitam gak ada gradasinya.

Harga Redmi Note 7 yang ditawarkan Xiaomi ini cukup mengejutkan semua orang, banyak yang menebak bahwa Redmi Note 7 akan dijual di harga 2 jutaan di varian paling rendah, bahkan ada yang menebak di atas 3 jutaan. Namun kenyataannya lain. Pada perilisan Redmi Note 7 ini Xiaomi mematok harga Redmi Note 7 varian 3/32 atau varian paling rendah cuma Rp 1.999.000, bahkan gak nyampe 2 juta, WWWOOOOOWW, saya cuma bisa bilang WOOOOWWWW. Di luar ekspektasi. Sedangkan varian 4/64 akan dijual di harga Rp 2.599.000.

Harga Resmi Redmi Note 7

Entah saya beranggapan itu harga panik atau gimana, masalahnya Redmi Note 7 yang dirilis di Indonesia ini terlalu lama, keburu brand lain unjuk gigi di Indonesia. Sebut saja ada Realme 3 yang sudah unjuk gigi duluan dan dijual hanya Rp 1.799.000 di Flash Sale Lazada. Spesifikasi Realme 3 sendiri sudah cukup mumpuni dengan prosesor Mediatek Helio P60 yang mungkin bisa menandingi Snapdragon 660 dan fitur kamera yang membuat Realme 3 menjadi alternatif pilihan smartphone di bawah 2 jutaan.

Nah menurut saya sih Xiaomi juga melihat harga smartphone pesaing terlebih dahulu. Di saat para pesaing sudah pasang harga, Xiaomi baru masuk ke pasar dengan memberikan kejutan harga yang lebih murah. Hal ini ya secara otomatis akan menjatuhkan brand pesaing. Masalahnya, setelah peluncuran Realme 3 kemarin banyak penunggu setia Redmi Note 7 yang beralih ke Realme 3, pasalnya Redmi Note 7 sudah sangat lama ditunggu tunggu tapi tak kunjung tiba. Dan setelah mengetahui bahwa harga resmi Redmi Note 7 gak nyampe 2 juta ini, kemungkinan banyak yang lebih memilih Redmi Note 7 daripada brand sebelah.

Dan menurut saya, dengan harga Redmi Note 7 yang gak nyampe 2 juta ini, bukan hanya akan menjatuhkan brand lain, tapi saudara sendiri juga akan jatuh. Kakak kakak Redmi Note 7 yang saat ini dijual dengan harga di atas harga Redmi Note 7 pasti kurang banyak peminat, pasti itu. Sebut saja ada Mi A2, Redmi Note 6 Pro, Mi A2 lite, yak, bahkan sebuah smartphone Mi A2 lite yang spesifikasinya jauh di bawah Redmi Note 7 pun harganya masih di atas 2 jutaan saat ini. MIKIRRR. Oke, mungkin beberapa hari ke depan Xiaomi akan menstabilkan harga smartphone mereka dengan menurunkan harga smartphone lawas mereka, mungkin.

Tapi tenang saja, seperti pengalaman pengalaman sebelumnya, untuk mendapatkan Redmi Note 7 garansi resmi ini akan sulit di awal awal, apalagi saat flash sale nanti, jangan berharap anda akan langsung bisa membeli/ mendapatkan Redmi Note 7, tak semudah itu Ferguso. Kalian akan bersaing dengan jutaan orang yang juga sudah menunggu kedatangan Redmi Note 7 resmi di Indonesia. Ditambah lagi anda juga akan bersaing dengan para tengkulak flash sale. Dan kalaupun sudah dijual offline di Mi Store, tetap saja akan mengantri dan rebutan, perkiraan saya sih, tapi ya mudah mudahan tak sesulit dulu waktu Redmi Note 5 dirilis.

Inilah persaingan smartphone di tahun 2019, di mana brand smartphone saling bersaing harga demi mendapatkan antusias masyarakat. Yang termurah, yang terbaik, akan mendapatkan tempat di hati pengguna smartphone. Masyarakat sudah mulai tau bagaimana cara memilih smartphone yang sesuai dengan mereka, dan kebanyakan lebih memilih spek bagus harga murah.

Penjualan Redmi Note 7 Indonesia

Oh ya, penjualan perdana Redmi Note 7 akan dimulai pada 27 Maret 2019 nanti, dan Redmi Note 7 akan tersedia di Lazada, Authorized Mi Store, dan Mi.com. Bagi yang tinggal di kota yang sudah ada Mi Store, bisa datang saat 27 Maret nanti untuk mendapatkan Redmi Note 7. Midah mudahan penjualan offline Redmi Note 7 lebih mudah.

Artikel bermanfaat lainnya...

Leave a Reply