Cara Mengaktifkan/Enable Cam2API Tanpa TWRP Tanpa Root Semua Xiaomi (Google Camera Tanpa Root)

Bagi anda para pengguna HP Xiaomi dan mungkin untuk HP selain Xiaomi, mungkin anda sudah familier dengan yang namanya Google Camera, atau biasa disebut juga GCam. Yak, aplikasi Google Camera saat ini sedang populer di kalangan para pengguna smartphone Android. Salah satu fitur yang ada pada Google Camera yang menjadi daya tarik para pengguna untuk menginstall aplikasi tersebut adalah fitur Portrait Mode yang bisa menghasilkan foto bokeh walau smartphone tidak menggunakan dual kamera.

Mengaktifkan Enable CAM2API Tanpa Root Tanpa TWRP

Dulu kemampuan menghasilkan foto bokeh hanya bisa dimiliki oleh smartphone dengan dual kamera belakang, namun dengan adanya Google Camera ini anda tidak perlu memiliki smartphone dual kamera, karena single kamera pun sekarang sudah bisa menikmati hasil kamera foto bokeh. Foto bokeh memang hasil jepretan kamera dengan latar belakang yang ngeblur. Dulu efek bokeh ini hanya bisa dilakukan dari kamera DSLR. Terus berkembang lagi ke smartphone dengan dula kamera juga bisa menghasilkan foto bokeh. Lanjut berkembang lagi sekarang dengan single kamera juga bisa menghasilkan foto bokeh. Saya jadi teringat waktu pertama kali punya HP Redmi Pro, dari situ mungkin foto bokeh mulai tenar di kalangan pengguna smartphone khususnya Xiaomi, dan menjadi cikal bakal munculnya HP Xiaomi dual camera berikutnya.

Oke jadi balik lagi ke Google Camera, selain fitur Portrait mode yang banyak dicari oleh para pengguna smartphone Android, GCam juga punya beberapa fitur lain yang pastinya juga lebih wah dari sekedar efek bokeh, salah satunya adalah fitur HDR+ di mana fitur ini mampu menghasilkan gambar yang lebih jelas di kondisi low light (kurang cahaya). Jika pada aplikasi kamera bawaan digunakan untuk memotret di kondisi low light masih banyak menghasilkan noise, maka dengan adanya fitur HDR+ ini noise yang dihasilkan akan lebih diminimalisir bahkan hampir tidak ada noise sama sekali.

Selain itu pada Google Camera khususnya untuk beberapa aplikasi Google Camera Mod juga menyediakan fitur Slow Motion. Memang tidak semua smartphone yang telah diinstall Google Kamera bisa menggunakan fitur slow motion, hanya beberapa device saja yang mampu dan itupun juga tergantung sensor kamera yang digunakan. Tapi seiring berjalannya waktu, beberapa developer porting Google Camera juga sudah mengembangkan aplikasinya dengan baik, sampai akhirnya fitur slow motion ini bisa dinikmati di lebih banyak device.

Jadi dengan adanya beberapa fitur pada Google Camera khususnya untuk Google Camera Mod yang mungkin tidak tersedia di aplikasi kamera bawaan smartphone, menjadikan banyak pengguna ingin menginstall aplikasi Google Camera. Namun pada kenyataannya install Google Camera tidak semudah install doank. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan sebelum anda bisa install Google Camera. Salah satu syaratnya yaitu anda harus mengaktifkan terlebih dahulu CAM2API device. Dengan mengaktifkan Cam2API ini maka Google Camera akan berjalan normal, jika belum mengaktifkan Cam2API biasanya Google Camera akan force closed. Nah, untuk bisa mengaktifkan Cam2API ini caranya semula device anda harus sudah dalam keadaan root. Root di sini dimaksudkan agar kita bisa masuk ke sistem kemudian mengedit build.prop sistem untuk mengaktifkan Cam2API.

Pada awalnya, untuk bisa mengaktifkan/enable Cam2API ini pertama device anda harus sudah unlock bootloader, kemudian install TWRP, dilanjutkan root lewat TWRP, dan masuk ke explorer untuk edit build.prop. Namun sekarang kita bisa mengakalinya. Bagi anda yang tidak ingin install TWRP pada HP anda, apalagi harus root, tenang, karena saat ini sudah ada cara untuk mengaktifkan atau meng-enable Cam2API tanpa harus root tanpa harus install TWRP. Beberapa pengguna mungkin tidak ingin device nya diroot karena mereka menggunakan beberapa aplikasi yang intinya aplikasi tersebut tidak akan bisa berjalan jika HP posisi root. OKE, jika masalahnya begitu, anda yang tidak ingin root HP tetap masih bisa menikmati Google Camera pada HP anda tanpa harus root tanpa harus install TWRP.

Namun tetep, syarat utama agar HP bisa install Google Camera tanpa root tanpa TWRP adalah HP anda sudah unlock bootloader. Untuk cara unlock bootloader pada HP Xiaomi biasanya sama saja caranya ya, bisa anda cari lewat Google atau di Youtube sudah banyak bertebaran cara unlock bootloader HP Xiaomi. Dan juga, walau cara ini tanpa root tanpa install TWRP tetap untuk tutorial mengaktifkan Cam2API ini butuh PC atau komputer untuk mengeksekusinya.

Jadi bahan bahan yang harus anda persiapkan sebelum ke tahap enable Cam2API tanpa root tanpa TWRP adalah sebagai berikut.

– HP Android yang mau diinstall Google Camera

– PC/komputer terserah mau Windows 32bit atau 64bit

– ADB Driver bisa didownload: https://drive.google.com/file/d/0B6u8ynybJKIiaF9NUmdHV1oxUVE/view

– TWRP image: https://twrp.me/Devices/

– Kopi kalau perlu

Nah untuk TWRP sendiri digunakan bukan untuk diinstall, melainkan untuk dijadikan jembatan agar kita bisa masuk ke sistem HP. Jadi walau cara ini tanpa install TWRP tetap kita butuh TWRP untuk jembatan saja bukan untuk diinstall. Dan juga pemilihan TWRP harus tepat sesuai device anda, yang jelas TWRP yang digunakan harus sudah bisa membaca internal memory HP, bukan yang 0MB ya. Silahkan anda cari TWRP buat HP anda yang sudah tidak 0MB internal memory.

Oke lanjut ke tutorialnya, cara mengaktifkan CAM2API tanpa install TWRP tanpa root.

1. Ekstrak ADB Driver, install driver ADB pada PC, untuk pengguna Windows 10 sebaiknya disable driver signature terlebih dahulu sebelum install driver ADB, untuk pengguna Windows 7 langsung saja install

2. Salin file TWRP ke folder Minimal ADB, dan rename menjadi misal “twrp” tanpa tanda kutip

3. Pada HP aktifkan dulu USB Debugging, caranya, masuk ke Settings >> About phone >> tap beberapa kali (5-7 kali) MIUI version, ini akan mengaktifkan Developer options >> back >> Additional settings >> Developer options >> aktifkan USB Debugging

4. Sambungkan HP ke PC menggunakan kabel USB

5. Pada PC klik pada folder Minimal ADB, klik saja ya bukan double klik, pada keyboard PC tekan tahan tombol shift sambil klik kanan pada folder Minimal ADB, kemudian pilih Open Command Windows here, maka jendela CMD akan terbuka, lepaskan tombol shift

6. Ketikkan perintah berikut, diikuti tekan enter ya

adb devices

Perhatikan HP, jika ada warning Allow USB Debugging, tekan saja OK, terus balik ke CMD, ketik lagi

adb devices

adb reboot bootloader

Maka HP akan masuk ke fastboot mode, posisi fastboot mode ketik perintah

fastboot devices

Pastikan devices terdeteksi dengan menampilkan ID device, kemudian ketik lagi

fastboot boot twrp.img

Maka HP akan masuk ke TWRP, ketik lagi

adb shell

setprop persist.camera.HAL3.enabled 1

setprop persist.camera.eis.enable 1

exit

adb reboot

Setelah ini HP akan melakukan restart, dan seharusnya Cam2API sudah enable. Untuk mengecek CAM2API sudah enable apa belum download saja aplikasi Manual Camera Compatibility di Google Playstore kemudian jalankan aplikasi, jika Cam2API sudah aktif maka semua akan tanda centang warna hijau, jika masih silang warna merah berarti Cam2API belum aktif. Jika Cam2API sudah aktif, lanjutkan dengan menginstall Google Camera sesuai pilihan anda. Anda bisa mendownload Google Camera Mod di sini http://bit.ly/AllGcamMod

Nah beberapa pengguna ada yang gagal setelah melakukan tutorial ini, Cam2API masih disable. Ini dikarenakan, biasanya TWRP belum bisa baca internal memory, setahu saya sih ya. Jadi waktu ketik perintah adb shell itu sebenarnya belum bisa masuk ke build.prop. Jadi perintah selanjutnya akan diabaikan. Jika ini terjadi pada anda silahkan anda cari lagi TWRP yang cocok saja. Saya juga tidak bisa merekomendasikan TWRP mana yang cocok buat device anda, silahkan cari saja sendiri. Enjoy with Google Camera MOD.

Untuk lebih mudahnya sudah saya buatkan video cara enable Cam2API pada semua device Xiaomi, tapi hanya saya tes pada HP Redmi 5 Plus dan Redmi Note 4x Snapdragon sukses semua. Pengguna Asus Zenfone Max Pro M1 juga bisa mengikuti tutorial ini, yang penting pakai TWRP yang cocok aja ya. Silahkan tonton saja video berikut ini biar lebih jelas.

DWYOR!!

Artikel bermanfaat lainnya...

4 Comments

  1. Aryo
    • Falah Naufal
  2. Faizal
  3. Destio

Leave a Reply