3

Tips Rakit PC Buat Yang Punya Budget Cekak Nyicil Part Saja Dulu

Tips rakit PC/ komputer kali ini sebagai lanjutan tips rakit PC sebelumnya adalah tips rakit PC buat yang punya budget mepet/ sedikit/ cekak. Tips dari saya intinya kalau bisa sih nyicil part/ komponen PC dulu satu per satu. Jangan langsung asal beli part komputer murah yang penting masuk dalam budget anda, kalau bisa loh ya. Dengan catatan, kebutuhan anda tidak mendesak untuk segera mempunyai PC. Jika anda memang butuh PC secepatnya dan hanya ada budget tipis, ya langsung saja anda beli PC sesuai budget. Tapi jika kebutuhan anda tidak mendesak, saran saya jangan sembarang ambil part murah, takutnya menyesal belakangan karena PC yang anda dapatkan tidak sesuai dengan yang diharapakan. Karena yang seperti ini sudah pernah saya alami, menyesal belakangan. Ngebet pengen punya PC, beli PC harga murahan, hasilnya performa tidak seperti yang diharapkan.

Tips Rakit PC Cara Nyicil Part

Namun demikian, tips nyicil part PC di sini setidaknya anda sudah memperhitungkan paling tidak untuk 6 bulan ke depan atau kurang dari 6 bulan lebih baik, diharapkan anda sudah membeli semua part PC yang anda butuhkan. Jangan sampai lama lama, misal sampai setahun atau bahkan lebih, takutnya kalau kelamaan keburu muncul part terbaru terus anda menyesal dengan part part lama yang terlanjur kebeli.

Jadi kalau bisa sih rakit PC dengan metode nyicil ini jangan terlalu lama jarak nyicilnya, kalau bisa ya. Namun demikian, misalkan setelah anda hitung hitung hasilnya setahun nyicil baru kebeli semua part, tetap tidak masalah, sebab ada beberapa tips dari saya. Tipsnya adalah beli part part komputer yang penting dulu, part komputer yang cepat naik harga, anda sikat duluan sebelum harga naik lebih mahal lagi. Soalnya ada beberapa komponen komputer yang harganya bisa naik tidak tanggung tanggung naiknya. Namun ada juga beberapa komponen komputer yang tiap tahun atau bahkan beberapa bulan bisa turun harga.

Jadi, metode rakit PC dengan cara nyicil part/ komponen PC ini juga perlu memperhatikan part part penting yang harus dibeli terlebih dahulu (diprioritaskan).

Oke, lanjut bagi anda yang ingin nyicil rakit PC, beberapa komponen yang harus anda prioritaskan untuk dibeli adalah sebegai berikut.

1. RAM

RAM ini saya lihat semakin hari semakin naik harganya. Entah apa yang terjadi tapi yang saya lihat di awal 2017 harga RAM DDR4 kapasitas 8GB saja harganya tidak sampai 1 jutaan, ada yang 800 ribuan ada yang 900 ribuan. Tapi mendekati akhir 2017 ini harga RAM DDR4 kapasitas 8GB bisa menginjak 1,4 jutaan bahkan lebih. Itu juga berlaku buat RAM DDR3, harganya juga ikut naik. Dengan demikian jika anda ingin nyicil part PC, yang pertama diprioritaskan adalah beli RAM dulu. Pilih RAM dengan DDR terbaru, saat ini masih DDR4 untuk yang terbaru. Kalau bisa ya pilih DDR4 jangan DDR3 walau mungkin memang harga lebih mahal, tapi setidaknya sangat rekomended untuk beberapa tahun ke depan.

2. VGA Card

Sebenarnya untuk part lain selain RAM harganya masih stabil. Tapi beberapa bulan lalu harga VGA ini naiknya tidak tanggung tanggung. Ini disebabkan oleh banyaknya pengguna PC yang mencoba keberuntungan di dunia mining Bitcoin. Anda tahu bitcoin? Yang belum tahu silahkan cari di Google saja ya. Jadi intinya untuk bisa melakukan mining ini diperlukan hardware PC yang mumpuni termasuk VGA.  Dengan PC yang lebih bagus maka lebih mudah untuk melakukan mining. Permintaan VGA waktu itu melonjak drastis dan otomatis harga VGA naik. Namun demikian menginjak akhir 2017 dan awal 2018 ini harga VGA sudah kembali normal. Jadi part kedua yang bisa anda cicil setelah RAM adalah VGA.

3. Hardisk (HDD) dan SSD

Untuk harga hardisk sendiri sebenarnya masih tergolong stabil, namun untuk harga SSD ini saya amati mengalami kenaikan beberapa bulan kemarin. Jadi jika anda berniat ingin rakit PC menggunakan SSD, terutama bagi yang mau rakit PC Editing/ Rendering, saran saya beli dulu SSD sebelum harga naik lagi.

4. PSU (Power Supply Unit)

Sama dengan hardisk, harga PSU ini juga cenderung stabil, tidak mengalami penurunan dan kenaikan secara signifikan. PSU merupakan komponen PC yang sangat vital. Jika anda berniat membeli PSU, usahakan jangan PSU abal abal atau PSU murahan. Takutnya kalau pakai yang murahan bakal meleduk PSU nya. Iya kalau yang meleduk cuma PSU nya, kalau komponen lain ikut meleduk? Bubar acara. Jadi kalau bisa PSU ini dipakai untuk selamanya, awet. Untuk merk PSU yang sudah banyak direkomendasikan antara lain FSP Hexa+ II, Enermax, EVGA, Superflower, Seasonic, Cougar, dan masih ada lagi silahkan ditanyakan ke master master komputer.

5. Prosesor

Untuk komponen prosesor ini kalau bisa anda beli di urutan terakhir. Karena untuk prosesor ini dalam beberapa bulan pasti muncul seri baru, kadang baru satu tahun sudah muncul seri baru. Jadi jika misal muncul prosesor seri baru pasti harga prosesor seri sebelumnya akan turun secara perlahan. Ya walaupun tidak turun banyak tapi kan lumayan jika anda beli prosesor belakangan. Jadi untuk komponen prosesor ini belakangan saja belinya, siapa tahu juga anda tertarik dengan prosesor seri baru dan tidak ada kata “menyesal” beli prosesor duluan.

6. Motherboard

Untuk komponen motherboard ini belinya disesuaikan dengan prosesor apa yang anda gunakan, pasti anda sudah mengerti kan, karena tidak sembarang motherboard bisa dipasangkan dengan prosesor, beda soket ya tidak bisa dipasang. Jadi pada intinya untuk pembelian motherboard ini terakhir saja setelah beli prosesor atau bersamaan dengan beli prosesor juga bisa kalau budget cukup.

7. Casing dan kipas

Part tambahan yang bisa anda beli belakangan adalah casing PC dan kipas casing. Saya sebut part tambahan karena tanpa casing pun sebenarnya ke enam komponen di atas (prosesor, motherboard, PSU, hardisk, RAM, dan VGA) jika sudah dirakit maka anda sudah bisa menjalankan PC anda. Jadi jika ke enam komponen penting di atas sudah kebeli semua dan budget anda masih mencukupi, silahkan alokasikan buat beli casing. Kalau bisa beli sekalian yang bagus, yang keren, karena kadang ada orang yang tidak peduli isi dari PC (hardware) yang penting tampilan luar keren (casing).

Nah, jadi seperti itulah tips dari saya buat anda yang ingin merakit PC tapi dengan budget yang cekak. Lebih baik part belinya dicicil tapi puas, daripada beli komponen yang murah murah sesuai budget tapi hasil akhir ternyata performanya tidak seperti yang diharapkan. Lha harga murah mau ingin yang seperti apa?

Oke, sekian dulu tips dari saya, semoga bermanfaat.

Klik salah satu tombol share di atas/di samping, jika ingin berkomentar scroll ke paling bawah

Artikel bermanfaat lainnya...

Klik Untuk Berkomentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar Anda