Review Tablet Acer Iconia A1-811 Kelebihan dan Kekurangan

Setelah bingung dengan dua pilihan, antara membeli smartphone atau tablet, akhirnya saya putuskan untuk membeli tablet saja dengan beberapa dan banyak pertimbangan. Pilihan saya tertuju pada Tablet Acer Iconia A1-811. Kenapa saya memilih Tab Acer Iconia A1-811 ini? Sebenarnya banyak pilihan tablet yang bisa dipilih, termasuk ada Samsung, tablet Lenovo, dan juga tablet China yang lain yang saat ini sedang booming karena menawarkan harga murah dengan fitur yang tangguh juga. Saya memilih Tab Acer Iconia A1-811 ini dikarenakan juga harga yang cukup murah dengan spek yang tinggi. Selain itu, Tab Acer Iconia A1-811 ini juga merupakan tablet Android seri terbaru yang diluncurkan pihak Acer. Dan saya memantapkan diri untuk berburu Tab Acer Iconia A1-811.

Sesuai petunjuk yang saya dapatkan, saya berburu Tab Acer Iconia A1-811 ini di toko resmi Acer yaitu di Erafone. Dan memang ketika saya menanyakan tentang tab Acer di toko lain pun tidak ada yang menjual. Kebetulan waktu berburu Tablet Acer di Erafone ini, katanya sedang ada promo untuk produk Tab Acer Iconia A1-811. Memang waktu saya mencari info harga tablet Acer ini lewat internet, rata-rataΒ  menawarkan harga di atas 2 juta, ada yang 2,2 juta bahkan ada yang 2,6 juta. Dan di toko ini saya mendapatkan harga tab ini 2 juta pas. Waw, pas deh, dapat harga promo. Langsung saja deh deal dengan si salesnya toko.

Oke, untuk spesifikasi Tablet Acer Iconia A1-811 bisa anda lihat gambar di bawah, sekalian saya jelaskan sedikit review tentang Tab Acer Iconia A1-811 ini.

Oke deh, langsung saja lihat dalemannya, apa sih yang ada di dalam box Tablet Acer Iconia A1-811 ini. Ternyata isinya cuma simpel, 1 unit Tab Acer Iconia A1-811, charger, kabel USB yang juga digunakan untuk ngecharge tablet, buku manual, dan kartu garansi. Loh kok headsetnya tidak ada? Wah ternyata dalam paket Tab Acer Iconia A1-811 ini memang tidak ada headsetnya. Di kardusnya tertulis ada gratis aplikasi Trend Micro Mobile Security, tapi ketika salesnya ditanya malah tidak tahu juga.

Pembelian Tablet Acer Iconia A1-811 ini juga tidak termasuk screen guard ataupun sleeve case, jadi anda harus membelinya terpisah, beli di luar. Dan memang untuk ukuran tablet 8 inchi ini agak susah nyari screen guard nya, mau tidak mau ya pakai yang ukuran 10 inchi kemudian dipotong, dan itulah yang dilakukan ketika saya membeli screen guard tab Acer ini. Dan juga untuk sleeve casenya kalau mau cari yang khusus tablet Acer ya belum ada, mau tidak mau pakai yang universal saja, pokoknya yang ukurannya 8 inchi dan pas untuk Tab Acer Iconia A1-811. Kalau yang sleeve case ini agak banyak orang yang jual untuk ukuran 8 inchi, dan bentuknya juga macam-macam.

Oh ya, untuk masalah konektivitas, selain Wifi, Tablet Acer Iconia A1-811 ini sudah mendukung sim card. Kan memang di spesifikasinya sudah mendukung 2G dan 3G. Tapi sim card yang dimaksud ini bukan sim card biasa, tapi mini/ micro sim card. Bisa sih menggunakan sim card biasa tapi harus dipotong. Dan motongnya ini tidak sembarangan, ada alat khusus buat motong sim card. Bisa juga sih dipotong biasa, tapi tetap ada cara dan tekniknya, kalau sampai salah potong ukuran bisa-bisa sim card anda tidak terbaca di tablet. Untuk tutorial membuat Micro SIM Card silahkan KLIK DI SINI.

Tapi walau bisa dimasukkan sim card, tablet ini tidak bisa digunakan untuk panggilan telepon, untuk SMS masih bisa. Jadi bisa anda bayangkan bagaimana caranya ngecek pulsa kan πŸ˜€ .

Untuk urusan memory, Tab Acer Iconia A1-811 sudah dibekali memory internal sebesar 16GB. Tapi ketika sudah digunakan dan dicek kapasitasnya, yang tersisa cuma 12GB saja yang kosong, yang lain sudah terpakai untuk sistem dan aplikasi. Ya lumayan lah walau cuma tersisa 12GB. Tapi tidak perlu khawatir, karena tab ini juga dilengkapi slot micro SD yang bisa diisi sampe 32GB. Untuk ukuran RAM, Tab Acer Iconia A1-811 ini sudah dibekali RAM 1GB DDR3. Tapi ketika tab ini posisi hidup dengan beberapa aplikasi yang memang secara default sudah berjalan, kapasitas RAM yang tersisa cuma sekitar 500MB saja. Hal ini wajar loh, pastinya memang kapasitas RAM akan terpakai saat tab dihidukan. Tapi tetap yang kebaca pada sistem masih 1024MB RAM kok.

Untuk masalah aplikasi, Tab Acer Iconia A1-811 ini masih ada beberapa aplikasi yang tidak bisa didownload lewat Google Play Store, sebut saja BBM untuk Android dan Whatsapp. Di Google Play Store diperingatkan bahwa perangkat ini tidak mendukung. Tapi sebenarnya Tab Acer Iconia A1-811 ini sudah bisa diinstal aplikasi tersebut. Caranya ya download saja file apk aplikasi tersebut di luar, bukan lewat Google Play Store. Banyak kok web yang nyediain file apk mentahan, tapi tetap harus hati-hati loh kalau download di luar. Dan setelah saya coba mendownload di luar, ternyata aplikasi BBM untuk Android maupun Whatsapp bisa diinstal di tab ini. Jadi jika ada beberapa aplikasi yang sekiranya tidak mendukung, bisa coba dengan mendownloadnya di luar.

Untuk kamera, walaupun tablet ini sudah dibekali kamera belakang 5MP tanpa flash dan kamera depan VGA, akan tetapi hasil foto untuk kelas kamera 5MP ini saya rasa kurang begitu bagus. Untuk setelan kamera sendiri juga sangat terbatas, cuma ada white balance, scene mode dan exposure. Untuk hasil foto juga bisa disimpan di dalam memory internal saja. So, jangan kebanyakan menyimpan foto untuk menghemat memory internal.

Untuk masalah performa Tab Acer Iconia A1-811 ini juga masih saya uji coba. Tapi saya kira dengan spek yang cukup mumpumi, prosesor Quad Core, RAM 1GB, memory internal 16GB, OS Android 4.2 jelly Bean, saya rasa kinerja tablet Acer Iconia A1-811 ini bisa dibilang mantap lah. Tingkat responsive layar sentuh juga cukup bagus. Beberapa game HD juga sudah saya coba mainkan di tab ini dan bisa berjalan dengan mulus dan lancar. Tapi jangan kebanyakan instal game HD, bisa-bisa memory internal habis kepakai cuma untuk game saja.

Oke, sekian saja dulu review dari saya mengenai Tablet Acer Iconia A1-811 ini. Dari uraian saya di atas, anda bisa menyimpulkan sendiri apa kelebihan dan kekurangan Tablet Acer Iconia A1-811 ini. Dengan harga yang cukup murah, 2 jutaan dan spesifikasi yang mumpuni, pastinya tablet ini bisa menjadi rekomendasi untuk anda manakala saat ini anda sedang mencari tablet yang murah dengan kualitas wah. Oh ya, setelah membeli tablet ini jangan lupa untuk mengupgrade sistemnya agar kinerja Tablet Acer Iconia A1-811 bisa lebih optimal.

Update!

Download aplikasi BBM >> https://teknikit.com/downloads/BBM.apk

Download aplikasi WhatsApp >> https://teknikit.com/downloads/WhatsApp.apk atau di http://www.whatsapp.com/android/current/WhatsApp.apk

Artikel Bermanfaat Lainnya...

Silahkan Berkomentar

75 Responses to “Review Tablet Acer Iconia A1-811 Kelebihan dan Kekurangan”
  1. thoni
  2. edy
  3. Thoni
  4. johan
  5. rohmat fauzi
  6. rohmat fauzi
  7. aphin
      • aphin
          • aphin
  8. bangzoel
  9. andy sitanggang
  10. rohmat fauzi

Leave a Reply