6 Tips Aman Saat Anda Internetan Wajib Anda Tahu

Di era modern sekarang ini, internet bukan menjadi sesuatu hal yang mewah. Hampir semua orang butuh internet dalam kehidupan sehari harinya. Bahkan internet saat ini sudah mencapai pelosok desa (walau belum semuanya tercover). Ini terbukti ada teman saya sesama Blogger yang tinggal di desa tapi sudah ada fasilitas internet di tempatnya, sehingga mempermudah kegiatan Blogging dia. Ini semua juga tergantung provider masing masing. Memang ada beberapa provider internet yang belum memperdulikan pemerataan jaringan internet mereka. Mereka lebih cenderung untuk berlomba lomba dalam hal teknologi daripada pemerataan jaringan mereka.

Tips Aman Berinternet

Internet sendiri saat ini memiliki banyak manfaat. Media internet bisa anda akses langsung dari ponsel, tablet, ataupun komputer/ laptop. Untuk gadget kelas menengah ke bawah pun saat ini sudah dilengkapi dengan fasilitas internet walaupun tidak secepat gadget tingkat menengah ke atas. Akan tetapi untuk masalah kecepatan internet, semua kita kembalikan ke provider masing-masing. Yang jelas internet saat ini sangat mudah dinikmati dari kalangan manapun.

Dengan menggunakan internet, anda bisa ngobrol dengan teman langsung dari ponsel (chatting), anda bisa mengetahui kabar berita lokal maupun mancanegara langsung dari gadget anda, anda bisa bertransaksi perbankan secara online, bahkan anda juga bisa mencari uang dari internet. Untuk urusan transfer uang, teknologi saat ini lebih canggih, karena anda sudah tidak perlu datang langsung ke bank untuk transfer uang, atau anda tidak perlu susah susah pergi ke atm. Semua bisa anda lakukan dari rumah melalui gadget untuk bertransaksi online.

Nah, bagi anda pengguna internet aktif, yang tiap harinya tidak bisa lepas dengan yang namanya internetan, atau anda yang sering bertransaksi lewat internet, 6 tips aman berinternet berikut wajib anda ketahui. Saya yakin bahwa anda yang sudah lama berkecimpung di dunia internet akan mengabaikan tips berikut, tapi bagi anda yang baru tahu dan terjun ke dunia internet, yang lagi senang senangnya Facebook an, atau sering mengakses situs media sosial lain, beberapa tips berikut wajib anda ketahui dan praktekkan.

1. Berpikirlah sebelum anda menuliskan sesuatu

Khususnya bagi pengguna sosial media seperti Facebook atau Twitter, sebelum anda update atau posting sesuatu, wajib anda pikirkan terlebih dahulu, apakah postingan anda sudah sopan, tidak mengganggu orang lain, tidak ada unsur personal attack kepada orang lain. Intinya apa yang anda posting jangan sampai ada orang yang tersinggung. Anda pasti tidak akan mau hanya karena posting anda di sosial media yang berbau personal attack, hingga menjadikan suatu kasus yang berujung ke meja hijau.

Media sosial Facebook maupun Twitter memang bisa digunakan sebagai sarana untuk mengeluarkan unek unek dari dalam diri (curhat). Tapi bukan berarti anda bebes ngoceh semau anda sendiri, tanpa memperhatikan resikonya di belakang. Jadi tetap anda juga harus memperhatikan sopan santun. Sekali lagi “think before you share”.

2. Buat password seunik mungkin

Mungkin memang benar saat ini banyak sekali kasus hack Facebook. Bukan hanya Facebook, akun akun yang lain seperti akun email, akun perbankan, dan lainnya juga sering menjadi sasaran para hacker. Untuk itu bagi pengguna akun wajib membuat password yang seunik mungkin. Unik maksudnya di sini adalah password yang tidak mudah ditebak. Password yang anda buat jangan sampai hanya terdiri dari huruf saja atau angka saja. Anda wajib membuat password dengan memadukan antara huruf, angka, dan karakter spesial lain misal: Rum@hku1st@n@ku. Passowrd yang kuat dan tidak mudah ditebak minimal harus 8 karakter, itu minimal, lebih bagus lagi jika lebih dari 8 karakter.

Dengan membuat password yang tidak mudah ditebak akan lebih mengamankan akun anda dari para hacker. Dan juga passoword akun anda jangan sampai ada orang tahu, termasuk teman dekat. Sebaiknya password hanya anda yang tahu, walaupun itu saudara anda sendiri, tetap anda harus bisa menjaga privasi anda.

Satu lagi, jika anda memiliki beberapa akun, seperti Facebook, Twitter, email, blog, dan lainnya, jangan sampai password di semua akun anda sama. Anda harus membedakan password antar akun. Untuk hal seperti ini anda memang harus memiliki catatan sendiri untuk mengingat password dari masing masing akun anda.

3. Jangan lupa signout dari akun

Mungkin hal ini wajib anda lakukan jika anda menggunakan komputer yang bisa dikases secara publik, seperti di warnet atau di kantor. Jika anda login ke akun sosial media melalui komputer publik, maka sebelum anda meninggalkan komputer wajib signout terlebih dahulu. Ingat, jangan hanya menutup browser, karena menutup browser tidak sama dengan signout.

Untuk pengguna komputer pribadi yang hanya anda saja yang bisa menggunakan, mungkin hal ini tidak terlalu penting, asalkan anda selalu konsisten, jangan sampai anda meminjamkan laptop ke orang lain biarpun itu keluarga sendiri.

4. Mengatur hal hal yang bersifat privasi

Untuk pengguna media sosial seperti Facebook, memang ada pengaturan privasi untuk hal hal tertentu, seperti catatan, status, foto, bisa anda atur untuk bisa dilihat publik, teman sendiri ataupun bisa anda atur agar tidak bisa dilihat siapapun kecuali anda. Nah, hal demikian wajib anda tahu. Sehingga foto foto anda yang bersifat privasi tidak diketahui oleh orang lain.

5. Jangan sembarangan menginstal program

Hal ini sangat penting bagi anda yang memiliki komputer pribadi. Jangan sembarangan menginstall program, apalagi program yang berbau ilegal, nulled, crack, dan teman temannya. Program program seperti itu bisa saja disisipi virus atau keylogger yang bisa merekam aktivitas anda selama berinternet. Program jahat keylogger bisa merekam aktivitas keyboard, sehingga jika anda menuliskan password akun maka pemilik keylogger tersebut bisa mengetahui dengan mudah password anda.

Untuk menanggulangi hal yang demikian, pemasangan antivirus juga sangat penting untuk menanggulangi program program jahat yang saat ini sudah banyak tersebar di internet. Akan tetapi syaratnya juga antivirus anda harus selalu up to date agar dia bisa mengenali program jahat yang terbaru.

6. Waspada penipuan lewat internet untuk mencuri password

Untuk urusan penipuan memang saat ini sedang marak. Informasi informasi di internet yang berbau scam mungkin sudah banyak beredar. Untuk bisa mencuri password akun anda, biasanya mereka telah menyiapkan situs palsu. Contoh saja jejaring sosial seperti Facebook, bagi para scammer atau hacker, untuk membuat situs seperti Facebook bukanlah hal yang sulit. Membuat tampilan yang mirip 100% juga bisa mereka lakukan. Sehingga jika anda sampai terjebak hingga anda login menggunakan email dan password di situs scam tersebut, otomatis mereka akan tahu informasi akun anda. Untuk itu anda harus jeli sebelum anda memasukkan/ login ke suatu situs. Pastikan situs tersebut merupakan situs resmi.

Kegiatan phising seperti ini juga biasa dilakukan melalui email. Jangan sampai anda tertipu jika ada email yang menginformasikan bahwa akun anda akan dihapus, akun anda tidak aman, dan lain lain, yang mengharuskan anda login dan mengganti password. Biasanya hal seperti itu merupakan penipuan. Kalaupun itu memang benar, pastikan anda jangan sampai mengklik link yang ada di email. Bisa jadi link yang ada di email itu akan mengarahkan anda menuju ke situs phising. Pastikan jika anda ingin login, langsung saja ketik di browser alamat situs tersebut, misal Facebook, langsung saja anda ketik facebook.com di browser, login, dan ganti password anda. Beres sudah, tanpa harus mengikuti link/ tautan yang ada di email.

Nah, itulah 6 tips aman saat anda internetan untuk menjaga akun anda dari para hacker. Pastikan anda benar benar mempraktekkan tips yang saya berikan di atas untuk menghindari tindak kejahatan di dunia internet saat ini. Ingat, para pelaku kejahatan dari waktu ke waktu semakin pintar, jadi anda jangan sampai kalah pintar dengan mereka.

Artikel Bermanfaat Lainnya...

Silahkan Berkomentar

3 Responses to “6 Tips Aman Saat Anda Internetan Wajib Anda Tahu”
  1. Johnc715
  2. shanty rewind

Leave a Reply