Tarif Baru Paket Internet Smartfren Connex 2013

Satu bulan lebih disibukkan dengan kegiatan offline saya, akhirnya hari ini bisa update lagi artikel di Blog Teknik IT. Kali ini saya akan bagikan informasi seputar tarif paket internet Smartfren Connex terbaru di awal-awal tahun 2013 ini. Ada beberapa perubahan yang dilakukan Smartfren dengan menambahkan Paket baru Samrtfren Connex. Paket baru Smartfren Connex ini mulai berlaku per 1 Maret 2013 kemarin. Agak ketinggalan sih karena selama sebulan kemarin saya sempat tidak update perkembangan Smartfren karena susahnya akses internet di daerah kerja saya. Boro-boro akses internet, cari sinyal saja susah di sana.Paket Smartfren Connex

 

Baru saja akhir Januari lalu saya membahas Bedah Paket Internet Smartfren Connex Premium Unlimited, ternyata Maret 2013 ini Smartfren sudah melakukan perubahan pada paket internetnya. Perubahan yang paling mencolok bisa dilihat pada Paket Unlimited. Smartfren telah mengganti nama paket Regular Unlimited dan Premium Unlimited dengan nama Paket Neo Regular dan Neo Premium. Di samping itu juga ditambahkan paket baru yaitu Paket Xtra Premium. Untuk lebih jelasnya bisa lihat tabel paket berikut.

Paket Unlimited Smartfren Connex

- Berlaku aturan pemakaian wajar, kecepatan download setelah FUP up to 153 Kbps.
- Tarif berlaku mulai 1 Maret 2013.
- Tarif sudah termasuk PPN. Waktu mengikuti zona WIB
- Setelah masa berlaku paket habis, maka pelanggan akan dikenakan tarif regular sesuai dengan tarif dasar layanan data
- Untuk semua Paket Smartfren Connex Neo Unlimited berbasis Bulanan, diberlakukan sistem Auto Renewal, Paket Internet akan diperpanjang di Hari ke 30 (tiga puluh)

Kabar baiknya dengan diluncurkannya tarif baru paket internet Smartfren ini adalah Smartfren telah menambahkan speed (kecepatan) pada tiap-tiap paket internet bahkan di paket Xtra Premium ini anda diberikan speed download up to 3,1 Mbps dan speed upload 1,8 Mbps.

Kabar buruknya adalah Smartfren semakin mengurangi kuota pemakaian wajar (FUP) dengan sistem FUP bulanan, bukan harian lagi. Untuk paket Neo Regular saja Smartfren cuma memberikan FUP 2 GB/bulan. Ini jauh lebih sedikit dibandingkan paket sebelumnya yang memberikan 250 Mb/hari = 7,5 Gb/bulan. Begitu pula dengan paket yang lain, FUP dikurangi semua.

Menurut saya semakin ke depan Smartfren semakin tidak ada bedanya dengan ISP lain yang memberikan kuota internet lebih sedikit. Oke mungkin speed lebih tinggi dibandingkan ISP lain, tapi apakah benar speed yang bakal kita dapatkan akan sesuai dengan yang dijanjikan? Untuk saya pribadi sih sebenarnya Smartfren tidak perlu menambahkan speed pada paket Unlimited ini, sebab pada kenyataanya walau Smartfren ngasih speed 1000 Mbps sekalipun tetap saja di lokasi saya sangat lemot. Jujur, saya lebih milih dikasih speed 384 Kbps tapi unlimited daripada speed 1000 Mbps tapi dikasih kuota 2 Gb.

Memang untuk Paket unlimited ini setelah FUP tercapai anda masih tetap bisa internetan, tapi speed akan turun menjadi 153 Kbps, tapi saya rasa speed 153 kbps ini terlampau lemot, bahkan banyak yang mengalami tidak sampai 153 Kbps, lihat gambar berikut.

Speed FUP Smartfren

Tahu arti gambar di atas? Ini berarti Smartfren tahu kalo speed setelah FUP (153 Kbps) itu sangat lemot, makanya mereka menyarankan untuk registrasi lagi paket internet Smartfren Connex.

Jadi untuk yang masih enjoy dengan speed FUP (153 kbps) silahkan anda menggunakan Paket Internet Unlimited ini. Tapi bagi anda yang tidak nyaman dengan speed 153 Kbps ini saya menyarankan untuk menggunakan Paket Smartfren Connex EVO karena Connex EVO ini saya hitung-hitung kuota yang diberikan lebih besar daripada kuota paket Unlimited.

Atau mau mencoba Paket internet Pascabayar dari Smartfren? Ini adalah tarif Paket Postpaid Unlimited Smartfren.

Paket Postpaid Unlimited Smartfren

Tarif sudah termasuk PPN. Waktu mengikuti zona WIB
*Untuk menikmati kecepatan download s/d 14.7 Mbps dan upload s/d 5.4 Mbps. Anda harus berada di daerah yang telah tercakup layanan EV-DO Rev.B dari Smartfren dan menggunakan perangkat yang mendukung teknologi EV-DO Rev.B dari Smartfren

Jika dilihat dari gambar di atas sih Paket Postpaid Unlimited Smartfren masih menggunakan sistem FUP harian. Yang paket Super Basic dapat FUP 500 Mb/hari = 15 Gb/bulan hanya dengan harga Rp 90.000/bulan. Kuota 15 Gb/bulan berarti setara dengan Paket Xtrem Unlimited seharga Rp 199.000/bulan.

Tapi saya juga belum tahu sih bagaimana cara beralih dari pelanggan prabayar ke pelanggan pascabayar. Kayaknya harus dicoba nih sebelum Smartfren berubah pikiran dan memberlakukan FUP bulanan juga pada Paket Pascabayarnya :D.

Oke, sekian sedikit  informasi dari saya mengenai Tarif terbaru Paket Internet Smartfren Connex di tahun 2013 ini. Tampaknya Smartfren semakin tidak bersahabat dengan para maniak download dan streaming karena telah mengurangi kuota Paket internetnya.

PENJELASAN TENTANG FUP SMARTFREN!!! >>> http://teknikit.com/2013/05/penjelasan-fup-1-dan-fup-2-paket-unlimited-smartfren.html

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
105 Comments
  1. m.mamuri
    December 14, 2013 | Reply
  2. February 5, 2014 | Reply
  3. ddwman
    April 22, 2014 | Reply
  4. September 10, 2014 | Reply

Add a comment. Please do not leave link on comment form!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *