Sedikit Review ESIA Max-D (ESIA Maximum Data)

PT Bakrie Telecom baru saja meluncurkan program baru mereka yang diberi nama ESIA Max-D atau kepanjangan dari ESIA Maximum Data. Esia Max-D diluncurkan untuk memanjakan para pelangganannya dan untuk menjawab pertanyaan seputar keluhan pelanggan saat berinternet seperti kecepatan yang lemot, kuota cepat habis, dan lain-lain. Mereka (Bakrie Telecom) juga melihat pemakaian layanan data sampai saat ini jauh lebih besar dibandingkan dengan pengguanaan layanan suara. Ini berarti semakin hari pengguna internet di Indonesia semakin bertambah besar (drastis) berbeda dengan pengguna SMS maupun telepon.

ESIA Max-D adalah layanan internet super cepat yang sudah mendukung jaringan CDMA EVDO Rev. A dengan kecepatan download up to 3,1 Mbps dan kecepatan upload 1,8 Mbps. Berarti saat ini suda ada 4 provider Indonesia yang sudah menerapkan EVDO yaitu Smartfren, Flexi, AHA, dan ESIA. AHA sendiri sebenarnya masih satu bendera dengan ESIA yaitu di bawah PT Bakrie Telecom.

Peluncuran ESIA Max-D ini menambah panas persaingan antar provider CDMA Indonesia, di mana mereka saling berlomba memberikan harga murah tapi dengan pelayanan kualitas terbaik. Kehadiran ESIA Max-D ini memang sangat diharapkan oleh pengguna internet Indonesia terutama bagi mereka yang menginginkan internet dengan harga murah. Bagaimana tidak murah, peluncuran ESIA Max-D ini sekaligus disertai dengan peluncuran 5 modem dengan harga sangat murah yaitu seharga Rp 99.000,-. Kelima modem seharga masing-masing 99 ribu itu adalah sebagai berikut:

  • CYRUS ( MC 300 )
  • AHAmy TV (EC 156 )
  • Air Flash ( AH007)
  • Prolink  ( PCM 100)
  • Alcatel

Peluncuran modem ESIA Max-D tersebut diklaim menjadi modem paling murah saat ini seharga 99 ribu saja. Inipun sudah disertai dengan bundling kartu di dalamnya dengan bonus internet 50 MB berlaku untuk 30 hari dan mendapatkan pulsa awal Rp 200,-. Tapi andai saja  kecepatan yang ditawarkan benar-benar up to 3,1 Mbps maka bonus 50 MB tersebut akan langsung habis dalam sehari. Jika bonus habis ya anda harus isi pulsa kemudian daftar paket yang diberikan.

Semua modem di atas lock ama kartunya, tidak bisa ganti kartu provider lain.

Untuk urusan paket internet yang ditawarkan ESIA Max-D ini diklaim tidak pilih kasih, artinya semua paket diberikan kecepatan yang sama yaitu download up to 3,1 Mbps dan upload 1,8 Mbps. Anda bisa memilih paket dari yang harga Rp 25.000,- sampai Rp 500.000,- tentunya dengan kuota yang berbeda yaitu dari 600 MB sampai 35 GB. Semua paket ESIA Max-D diterapkan hanya untuk bulanan saja, yang harian atau mingguan belum ada.

Paket bulanan ESIA Max-D:

Rp. 25.000,- >> kuota 600 MB >> speed up to 3,1 Mbps
Rp. 50.000,- >> kuota 2 GB >> speed up to 3,1 Mbps
Rp. 100.000,- >> kuota 7 GB >> speed up to 3,1 Mbps
Rp. 200.000,- >> kuota 10 GB >> speed up to 3,1 Mbps
Rp. 500.000,- >> kuota 35 GB >> speed up to 3,1 Mbps

Untuk daftar paketnya bisa anda lihat gambar berikut.

Gambar paket di atas menunjukkan perbandingan harga antara ESIA Max-D dengan provider lain. Jika saya bandingkan dengan paket internet Smartfren tidak beda jauh dengan paket Volume Based Smartfren. Bahkan paket Volume Based 12 GB Smartfren cuma seharga 150 ribu saja. Satu kelemahan dari paket yang ditawarkan ESIA Max-D adalah masih adanya batasan kuota internet, tidak ada yang unlimited. Hal ini sangat tidak cocok bagi anda penggila download dan streaming internet.

Akan tetapi bagi anda pengguna Smartfren yang saat ini merasakan semakin lelet atau sering gangguan, ESIA Max-D ini adalah solusi yang tepat jika anda ingin migrasi provider. Toh modem yang ditawarkan juga tergolong murah 99 ribu unlock lagi. Saya sendiri belum mencobanya soalnya masih setia sama Smartfren. Tapi menurut saya karena ESIA Max-D ini baru saja diluncurkan kemungkinan speed yang kita dapatkan akan maksimal. Sama halnya saat peluncuran Smartfren dulu, tapi lama kelamaan loyo juga. Mumpung masih masa promo nih.

Sekian sedikit review tentang ESIA max-D, mudah-mudahan bisa memberikan sedikit gambaran untuk anda yang ingin mencoba ESIA max-D, apakah ESIA Max-D ini cocok buat anda atau tidak. Untuk detail tentang ESIA Max-D seperti coverage area, cara daftar paket, dan lain-lain Insya Allah akan saya share di artikel selanjutnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
64 Comments
  1. February 28, 2013 | Reply
  2. セール バーバリー
    April 20, 2013 | Reply
  3. April 27, 2013 | Reply
  4. rana purnama
    May 12, 2013 | Reply
  5. rana purnama
    May 12, 2013 | Reply
  6. Hendra
    July 23, 2013 | Reply
  7. August 2, 2013 | Reply
  8. herdian
    August 16, 2013 | Reply
  9. fauzi al amin
    November 27, 2013 | Reply
  10. seowon
    December 28, 2013 | Reply

Add a comment. Please do not leave link on comment form!

Your email address will not be published. Required fields are marked *